16 Jurusan UGM yang Mudah Dimasuki

16 Jurusan UGM yang Mudah Dimasuki – Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) dikenal sebagai salah satu kampus favorit di Indonesia. Kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini senantiasa meningkat pendaftarnya dari tahun ke tahun. Bahkan, mahasiswa internasional pun menjadikan UGM sebagai lokasi studi.

Jurusan-Jurusan yang Mudah Dimasuki di UGM

ugm.ac.id

Persaingan untuk bisa menjadi mahasiswa UGM tidaklah mudah. Proses seleksi yang ketat ditambah dengan jumlah peminat jurusan yang selalu membludak membuat para calon mahasiswa baru harus pandai membaca peluang. Passing grade jurusan di UGM bisa menjadi gambaran tingkat keketatan persaingan untuk masuk di suatu jurusan. Untuk bisa diterima di jurusan favorit di UGM, seperti Jurusan Kedokteran, dirimu perlu belajar keras, bahkan mengambil tambahan pelajaran di luar jam pelajaran sekolah.

UGM menjadi kampus yang memiliki daya tarik tersendiri. Akan menjadi sebuah kebanggaan bagi lulusan sekolah menengah apabila bisa lulus seleksi dan menjadi mahasiswa kampus UGM. Jika dirimu menjadikan UGM sebagai tujuan utama untuk kuliah setelah lulus Sekolah Menengah, terdapat alternatif jurusan sepi peminat di UGM yang mudah dimasuki.

Namun, perlu dirimu ketahui bahwa sekalipun jurusan tersebut dianggap mudah, persaingannya pun tetaplah ketat. dirimu tidak hanya bersaing dengan pendaftar dari daerahmu saja, tetapi juga dengan pendaftar dari seluruh Indonesia. Bahkan, calon mahasiswa yang mengambil gap year pun sangat mungkin mengikuti seleksi masuk UGM. Berikut ini adalah daftar jurusan-jurusan yang mudah dimasuki di UGM sebagai referensimu.

1.Jurusan Arkeologi

arkeologi.ugm.ac.id

Jurusan Arkeologi UGM ditawarkan untuk dirimu yang ingin mengambil studi di jenjang S1 ataupun S2. Jurusan ini dibuka pada tahun 1962/1963 dengan nama awal Jurusan Ilmu Purbakala. Jurusan Arkeologi memang tidak memiliki banyak peminat. Pada tahun 1966, jurusan ini sempat ditutup hingga akhirnya dibuka kembali setahun kemudian. Meskipun jurusan ini mudah dimasuki, para dosennya sangat berkualitas. Bahkan, sudah ada kerja sama dengan Tropenmuseum dan Reinwardt Academie di Amsterdam.

2.Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

ugm.ac.id

Tertarik dengan kebudayaan Indonesia dan ingin mendalami bahasa serta sastra di dalamnya? Cobalah mendaftar Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan ini berada di bawah Fakultas Ilmu Budaya. Selama menjalani perkuliahan, mahasiswa juga akan diajarkan ilmu bahasa serta ilmu sastra yang jenisnya sangat beragam. dirimu tidak hanya belajar tentang teori bahasa dan sastra saja, tetapi juga kritik sastra, metodologi penelitian bahasa, dan tentunya metodologi penelitian sastra.

3.Jurusan Sastra Jepang

sastra.jepang.fib.ugm.ac.id

Jurusan Sastra Jepang di UGM terdapat di bawah Fakultas Ilmu Budaya. Tujuan program studi ini adalah menghasilkan lulusan yang terampil berbahasa Jepang. Selain itu, mahasiswa juga akan dibimbing untuk menguasai aspek-aspek yang berkaitan dengan Jepang, baik dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya, maupun sejarahnya. Fasilitas perpustakaan yang sangat lengkap dari The Japan Foundation akan mendukung proses perkuliahan.

4.Jurusan Sastra Jawa

sastra.jawa.fib.ugm.ac.id

Ketertarikan mempelajari bahasa Jawa bisa menjadi motivasimu untuk mendaftar di Jurusan Sastra Jawa UGM. Jurusan ini menyelenggarakan pendidikan bahasa dan sastra Jawa yang unggul di tingkat nasional yang berbasis riset. Kegiatan-kegiatan pengabdian yang dilakukan bagi masyarakat pun dilaksanakan dengan perspektif budaya Jawa. Kualitas pendidikan di jurusan ini tidak perlu dirimu ragukan. Sebab, meskipun pembahasan kuliah banyak berkaitan dengan budaya Jawa, jurusan ini sudah bekerja sama dengan kampus luar negeri.

5.Jurusan Ilmu Sejarah

https://sejarah.fib.ugm.ac.id/

Jurusan Ilmu Sejarah UGM berada di bawah Fakultas Ilmu Budaya. Jurusan ini ditawarkan bagi dirimu yang ingin mengambil jenjang S1 atau S2. Jurusan ini termasuk jurusan tertua yang ada di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 1951 kemudian mendapatkan SK pengesahan tahun 1955. Visi jurusan ini adalah menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu sejarah yang bermutu tinggi dan kompetitif. Banyak yang menganggap jurusan Ilmu Sejarah mudah dimasuki namun peluang kerjanya sulit. Padahal, kurikulum yang diterapkan di jurusan ini sudah disesuaikan kebutuhan pasar dan tentunya tetap memperhatikan perkembangan ilmu sejarah.

6.Jurusan Sastra Prancis

sastra.prancis.fib.ugm.ac.id

Jurusan Sastra Prancis sangat cocok untuk dirimu yang senang belajar bahasa asing, terutama bahasa Prancis. Metode perkuliahan yang diterapkan di jurusan ini adalah sistem blok. dirimu akan belajar banyak hal tentang Prancis hingga mendapatkan kemampuan setara DELF A2 pada semester 1. Kemampuanmu akan terus diasah hingga menyelesaikan studi S1 di kampus ini. Selain diajarkan mata kuliah tentang teori, ada pula mata kuliah tentang tata bahasa Prancis, bahasa Prancis terjemahan, akademik, dan mata kuliah lainnya yang tidak kalah menarik.

7.Jurusan Filsafat

filsafat.ugm.ac.id

Jurusan Filsafat di UGM berada di Fakultas Filsafat. Untuk dirimu yang senang berpikir mendalam tentang suatu hal, dirimu bisa menjadikan jurusan ini sebagai tujuan setelah lulus Sekolah Menengah. Jurusan yang sudah berdiri sejak tahun 1967 ini menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja. Mahasiswanya akan dilatih berpikir kritis, logis, integratif, tetapi tidak lupa untuk menerapkan keilmuannya di masyarakat. Jurusan Filsafat sudah mendapatkan akreditasi A, baik untuk program studi Sarjana (S1), Magister (S2), maupun Doktor (S3).

8.Jurusan Matematika

math.fmipa.ugm.ac.id

Jurusan Matematika di UGM bisa dirimu pilih jika dirimu menyukai mata pelajaran yang berkaitan dengan hitung-hitungan. Di jurusan yang sudah berdiri sejak tahun 1955 ini, proses perkuliahan akan ditunjang oleh ahli di bidang aljabar, analisis, matematika komputasi, matematika terapan, dan statistika. Peluang karier setelah menyelesaikan studi di Jurusan Matematika terbuka lebar bagi para lulusannya.

9.Jurusan Pembangunan Wilayah

pw.geo.ugm.ac.id

Jurusan Pembangungan Wilayah UGM terdapat di Fakultas Geografi. Di jurusan ini, dirimu akan belajar tentang karakteristik sumber daya suatu wilayah, perencanaan, manajemen, hingga pelaksanaan pembangunan, serta pengaplikasian sistem informasi geografi. Setelah lulus studi di Jurusan Pembangunan Wilayah, dirimu bisa berkarier sebagai peneliti lapangan, konsultan di bidang lingkungan, serta karier lainnya yang masih berkaitan.

10.Jurusan Ilmu Tanah

tanah.faperta.ugm.ac.id

Jurusan Ilmu Tanah di UGM terdapat di Fakultas Pertanian di bawah Departemen Tanah. Jurusan yang sudah berdiri sejak tahun 1985 ini lulusannya sudah memberikan kontribusi bagi masyarakat Indonesia. Peminatan yang dapat dipilih mahasiswa adalah tentang kesuburan tanah, pedogenesis tanah, biologi tanah, dan fisika tanah. Saat ini, Jurusan Ilmu Tanah sudah menyandang status akreditasi A.

11.Jurusan Geofisika

fisika.fmipa.ugm.ac.id

Jurusan Geofisika UGM peminatnya memang tidak sebanyak jurusan lainnya. Jika dirimu memilih jurusan ini ketika kuliah, dirimu akan berada di lingkungan Fakultas MIPA UGM. Selama menempuh studi, dirimu akan diajarkan pengetahuan dan pemahaman tentang seluk beluk Geofisika, keterampilan intelektual terkait bidang tersebut, keterampilan praktis, serta keterampilan manajerial. Lulusan jurusan ini bisa berkarier di banyak bidang dengan prospek kerja luas.

12.Jurusan Teknologi Hasil Perikanan

fish.faperta.ugm.ac.id

Jurusan Teknologi Hasil Perikanan terdapat di bawah Departemen Perikanan, Fakultas Pertanian UGM. Meskipun jurusan ini mudah dimasuki, kontribusi lulusannya di lapangan sangat besar. Produk perikanan yang mudah rusak ketika sudah berada di darat perlu penanganan tepat agar tidak menimbulkan kerugian. dirimu bisa mempelajari berbagai macam teknologi untuk meningkatkan nilai produk hasil perikanan di Indonesia.

13.Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

pkp.faperta.ugm.ac.id

Tertarik untuk meneruskan studi di bidang pertanian? Cobalah mendaftar di Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. dirimu akan dibimbing untuk memahami kondisi masyarakat desa dan memberikan penyuluhan di tingkat mikro hingga menggunakan teknologi bidang pertanian untuk tingkat makro. Setelah lulus dari jurusan ini, dirimu bisa menjadi seorang penyuluh, peneliti, pendidik, atau aparatur muda.

14.Jurusan Mikrobiologi Pertanian

faperta.ugm.ac.id

Menyukai dunia biologi dan senang berinteraksi dengan makhluk hidup bisa menjadi alasanmu untuk mendaftar di Jurusan Mikrobiologi Pertanian. Jurusan ini tidak terlalu banyak diminati, sehingga peluang masuknya lebih mudah dibandingkan jurusan lainnya di UGM. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di industri swasta bidang pertanian, perkebunan, perikanan, obat, bahan kimia, bahkan pertambangan.

15.Jurusan Agronomi

faperta.ugm.ac.id

Jurusan Agronomi bisa dirimu dapatkan di Fakultas Pertanian UGM. Jurusan ini sebenarnya merupakan gabungan dari program studi Produksi Tanaman, Ilmu Tanaman, dan Hortikultura. Jadi, selama kuliah dirimu akan mempelajari mata kuliah terkait topik-topik tersebut. Ada mata kuliah pilihan yang bisa dirimu pilih sesuai minat, sehingga akan memudahkanmu ketika ingin terjun di dunia kerja.

16.Jurusan Elektronika dan Instrumentasi

mipa.ugm.ac.id

Jurusan di UGM yang mudah dimasuki adalah Elektronika dan Instrumentasi. dirimu akan belajar tentang elektronika, instrumentasi, sistem komputer, dan sistem cerdas. Lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan di dunia industri. Namun, tidak menutup kemungkinan lapangan kerja lulusannya berada di lembaga penelitian dan lembaga pendidikan.

Setelah membaca 16 jurusan UGM yang mudah dimasuki, apakah jurusan yang dirimu inginkan ada pada salah satu daftar tersebut? Cari tahu jalur masuk jurusan dan persiapkan diri agar bisa lulus melalui jalur pilihanmu. Berdasarkan informasi tahun sebelumnya, UGM menerima pendaftaran mahasiswa baru dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. Manfaatkan peluang jalur masuk tersebut sesuai kapasitas dan kemampuanmu. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close