13 Situs Terbaik yang Bisa Membantu anda Menyelesaikan Skripsi

13 Situs Terbaik yang Bisa Membantu anda Menyelesaikan Skripsi – Pembahasan seputar skripsi merupakan sebuah pembahasan yang seolah tiada akhir. Setiap orang memiliki suka dan duka masing-masing selama proses menyelesaikan skripsi. Berbagai usaha dikerahkan oleh setiap orang agar pengerjaan skripsi tetap lancar sampai akhir. Beberapa di antaranya memilih menggunakan situs-situs di internet yang nyatanya ampuh untuk membantu menyelesaikan skripsi mereka.

Informasi Terbaru Situs Terbaik Untuk Menyelesaikan Skripsi

unsplash.com

Mengerjakan skripsi memang bukanlah perkara yang mudah, apalagi ketika anda sedang mengalami kebuntuan dan tidak tahu harus melakukan apa untuk tahap selanjutnya. Tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya ada berbagai situs yang bisa memudahkan anda untuk menyelesaikan skripsi. Lalu, apa saja situs yang sekiranya bisa anda gunakan untuk mengerjakan skripsi dari awal hingga akhir? Simak informasi seputar 13 situs terbaik yang bisa membantu anda menyelesaikan skripsi dari Mamikos berikut ini.

Daftar Lengkap 13 Situs Untuk Membantu Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi

Bagi sebagian orang, skripsi atau tugas akhir merupakan suatu hal yang menyeramkan dan ingin mereka hindari. Tetapi di satu sisi, anda tidak akan lulus kuliah jika anda terus menghindar dari pengerjaan skripsi. Sehingga, mau tidak mau anda harus memperjuangkan agar skripsimu segera selesai bagaimanapun caranya. Nah, untuk mempermudah anda dalam menyelesaikan skripsi anda dan segera sidang, anda bisa memanfaatkan beberapa situs berikut ini.

1. Google Scholar

scholar.google.com

Situs Google Scholar sebenarnya merupakan salah satu situs yang umum digunakan oleh para akademis untuk mencari referensi pengetahuan. Di situs tersebut, anda akan menemukan beragam publikasi ilmiah mulai dari artikel jurnal hingga buku. Tak jarang, situs tersebut juga menyediakan jurnal-jurnal penelitian yang bisa anda akses secara gratis untuk menambah referensi penelitian dalam skripsimu. Jadi, bisa dibilang bahwa Google Scholar merupakan salah satu situs yang sangat berguna agar anda bisa segera menyelesaikan skripsi.

2. Microsoft Academic

academic.microsoft.com

Apakah anda butuh referensi jurnal penelitian yang lebih spesifik untuk membantumu menyelesaikan skripsi? Jika iya, anda mungkin bisa membuka situs Microsoft Academic yang memiliki sistem penyaringan yang lebih menjurus ke bidang ilmu tertentu. Dibandingkan dengan situs pencarian jurnal lainnya, anda akan sangat dimudahkan untuk mencari jurnal tertentu di situs tersebut.

3. Library Genesis

libgen.rs

Ketika anda mencari referensi berupa buku di Google Scholar, anda mungkin tidak bisa mengakses keseluruhan buku tersebut. Ketika hal itu terjadi, anda bisa segera meluncur ke situs Library Genesis dan mencarinya di sana. Di situs tersebut, anda bisa mengetikkan buku yang ingin anda cari untuk menyelesaikan skripsi dan anda akan menemukan beragam buku yang bisa anda unduh. Namun, anda lebih teliti dalam mencari buku karena hasil pencarian yang keluar terkadang tidak akurat dengan kata yang anda ketikkan.

4. Academia

academia.edu

Mayoritas mahasiswa biasanya menggunakan situs Academia untuk mencari referensi tugas kuliah mereka. Selain untuk tugas kuliah, situs tersebut juga sangat berguna untuk membantumu menyelesaikan skripsi. anda bisa menemukan beragam penelitian yang telah dilakukan oleh orang lain dan mengunduhnya dengan mudah. Academia juga memberikan layanan yang hampir seperti media sosial di mana anda bisa memberikan komentar saran untuk penelitian yang diunggah di sana.

5. Eureka Pendidikan

eurekapendidikan.com

Kalau situs yang sudah Mamikos sebutkan di atas adalah situs yang menyediakan publikasi ilmiah, maka beda halnya dengan situs bernama Eureka Pendidikan. Situs tersebut merupakan salah satu situs yang menyediakan beragam artikel seputar pendapat para ahli yang berbentuk opini. Akan tetapi, anda harus mendapatkan izin dari penulis aslinya terlebih dahulu untuk bisa mengakses artikel yang anda butuhkan. Meski begitu, situs Eureka Pendidikan nyatanya sangat berguna untuk anda menyelesaikan skripsi.

6. Research Gate

researchgate.net

Situs selanjutnya yang bisa membantu anda cepat menyelesaikan skripsi adalah Research Gate. Situs tersebut terkenal sebagai tempat di mana peneliti dari seluruh dunia berkumpul dan berdiskusi. Melalui situs tersebut, anda bisa bebas bertanya dan menyatakan pendapat di dalam forum yang tersedia. anda akan mendapatkan pandangan yang lebih luas lagi seputar topik skripsimu dengan bertanya pada orang-orang yang ada di situs tersebut.

7. Wiley Online Library

onlinelibrary.wiley.com

Kalau referensi dari situs-situs di atas masih kurang, anda mungkin bisa coba membuka situs Wiley Online Library. Situs tersebut menyediakan begitu banyak publikasi ilmiah sebagai referensi tambahan skripsi. Ada lebih dari enam juta artikel, 22.000 buku yang bisa diakses secara online, 1.600 jurnal ilmiah, dan ratusan referensi lainnya yang berkaitan dengan skripsimu. Seluruh referensi tersebut bisa anda nikmati secara gratis untuk membantumu menyelesaikan skripsi.

8. OAPEN Library

oapen.org

OAPEN Library merupakan salah satu situs yang menyediakan publikasi seputar ilmu di ranah sosial humaniora. Jadi, situs ini sangat cocok bagi anda yang sedang berusaha menyelesaikan skripsi di ranah sosial humaniora. anda tak perlu ragu karena hanya buku-buku yang telah lolos uji baca para akademisi terpilih yang akan ditampilkan di situs tersebut. Sehingga, referensi yang anda dapatkan dari situs tersebut sangat valid dan terpercaya.

9. Science Direct

sciencedirect.com

Dalam menyelesaikan skripsi, anda mungkin butuh referensi tidak hanya dari Indonesia tetapi dari belahan dunia lainnya. Maka dari itu, situs yang cocok untukmu adalah Science Direct yang merupakan tempat berkumpulnya berbagai macam karya tulis dari seluruh dunia. Di dalam situs tersebut, anda bisa menemukan 34.000 judul buku dan 3.500 jurnal ilmiah sebagai referensi tambahan untuk skripsimu. Selain itu, anda juga bisa mengunduh jurnal yang anda inginkan dengan menuliskan judul jurnal di kolom pencarian.

10. Perpustakaan Nasional RI

e-resources.perpusnas.go.id

Untuk bisa mencari referensi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, anda tak perlu datang langsung ke sana. anda bisa mengaksesnya di rumah saja melalui situs resmi yang tersedia. Situs tersebut menyediakan beragam jurnal ilmiah yang bisa anda unduh secara gratis untuk membantumu menyelesaikan skripsi. Untuk bisa mengunduhnya, anda harus terlebih dahulu mendaftarkan diri sebagai anggota secara online melalui situs yang tersedia.

11. Project Gutenberg

gutenberg.org

Situs selanjutnya yang bisa membantumu menyelesaikan skripsi adalah Project Gutenberg. Ada sekitar 60.000 judul buku dari beragam subjek ilmu. anda akan menemukan buku-buku seputar ilmu sasrta, sejarah, hingga sains di situs tersebut. Situs Project Gutenberg sendiri lahir pada tahun 1971 melalui proyek dari Michael Hart.

12. Literature

lierature.org

Jika anda sedang menyelesaikan skripsi di bidang sastra, maka situs bernama Literature ini sangat cocok untuk menambah referensimu. Di situs tersebut ada ribuan buku terbitan para sastrawan di dunia. anda bebas mengakses buku-buku tersebut dan tidak terlalu menghabiskan kuota internet karena situs tersebut hanya akan menampilkan tulisan. Namun, anda tidak bisa mengunduh buku tersebut dalam format pdf, kindle, maupun epub.

13. Open Library

openlibrary.org

Situs terakhir yang bisa anda gunakan untuk menyelesaikan skripsi selanjutnya adalah Open Library. Situs tersebut bisa dibilang sebagai situs raksasa yang melibatkan semua pengguna situs. Ada begitu banyak buku dan jurnal yang bisa anda gunakan untuk menambah referensi skripsimu. Lebih seru lagi, anda bisa mengakses jurnal dan e-book secara gratis di situs tersebut dan bisa anda baca kapanpun tanpa perlu koneksi internet.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar beberapa situs yang bisa anda gunakan untuk menyelesaikan skripsi. Apakah penjelasan Mamikos di atas sudah sedikit memberimu pencerahan? Kalau anda sedang lelah mengerjakan skripsi, anda boleh beristirahat sebentar tetapi anda tidak boleh menyerah. Bagaimana pun, anda memiliki banyak cara yang bisa anda gunakan untuk menyelesaikan skripsimu sampai akhir. Salah satunya adalah dengan menggunakan situs yang sudah Mamikos sebutkan di atas. Semoga informasi ini bermanfaat! Untuk anda yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, anda bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close