13 Mata Kuliah yang Bakal anda Jumpai di Jurusan Psikologi

13 Mata Kuliah yang Bakal anda Jumpai di Jurusan Psikologi – Psikologi merupakan salah satu bidang ilmu yang memiliki banyak peminat, terutama di jenjang perkuliahan. Di Indonesia sendiri, jurusan Psikologi terkenal dengan tingkat persaingannya yang tinggi saat seleksi masuk perguruan tinggi. Meski begitu, jurusan ini menawarkan bidang ilmu yang sangat menarik yang mungkin sangat sayang jika anda lewatkan. Kalau anda diterima di jurusan Psikologi saat kuliah, kira-kira mata kuliah apa saja yang akan anda temui?

Informasi Terbaru Seputar Mata Kuliah Dalam Jurusan Psikologi

unsplash.com

Hakikatnya, ilmu Psikologi adalah bidang ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia serta alasan yang mendasarinya. Dalam ilmu tersebut, manusia dianggap sebagai makhluk yang unik karena bisa memberikan respon yang berbeda meskipun diberi stimulus yang sama satu dengan lainnya. Semua itu tergantung pada pengetahuan, pengalaman, perasaan, harapan, serta beberapa faktor penentu lainnya yang bisa anda pelajari nanti. Untuk mengetahui lebih jelas, anda bisa simak daftar lengkap mata kuliah yang nanti bakal anda jumpai saat kuliah di jurusan Psikologi.

Mengenal Jurusan Psikologi

Sebelum memulai, apakah anda sudah tahu soal apa itu ilmu Psikologi? Menurut sejarah, ilmu Psikologi pada dasarnya berasal dari filosofi mengenai eksistensi atau keberadaan manusia, baik itu tipe kepribadian manusia hingga bagaimana manusia tersebut berperilaku. Semakin berjalannya waktu, kini ilmu Psikologi telah menjadi bidang ilmu yang mandiri dan memiliki definisi jelas, indikator, serta tolak ukur yang telah bisa dikuantifikasi. Singkatnya, ilmu yang satu ini adalah ilmu yang mempelajari perilaku serta fungsi mental seorang manusia secara ilmiah.

Kemampuan yang Didapatkan

Nah, setelah nanti anda lulus dari jurusan Psikologi di perguruan tinggi, kira-kira pengetahuan atau keahlian apa saja yang akan anda miliki? Secara garis besar, ilmu dan keahlian yang anda dapatkan selama kuliah di jurusan Psikologi sangat dibutuhkan di berbagai sektor kehidupan masyarakat, terutama sektor yang berkaitan langsung dengan manusia. Selama itu berhubungan dengan manusia, ilmu dan keahlian yang anda miliki pasti akan tetap dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa kemampuan yang akan anda dapatkan setelah menyandang gelar lulusan jurusan Psikologi.

  1. Kemampuan komunikasi
  2. Kemampuan membaca dan mengolah data kuantitatif maupun kualitatif
  3. Kemampuan melakukan analisis permasalahan individual
  4. Kemampuan melakukan asesmen
  5. Kemampuan menggunakan alat tes
  6. Kemampuan mengelola empati
  7. Kemampuan membuat modul pelatihan atau program

Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Setelah anda mendapatkan kemampuan di atas, anda mungkin akan menggunakannya di dunia kerja nanti. Sebagian besar orang memiliki stigma bahwa orang yang lulus dari jurusan Psikologi hanya bekerja sebagai HRD atau psikolog yang menangani permasalahan individual. Perlu anda ketahui, lapangan kerja untuk lulusan Psikologi terbuka lebar dengan berbagai bidang pekerjaan yang sangat beragam. Nah, berikut ini adalah beberapa ruang lingkup profesi yang bisa digeluti oleh seorang lulusan Psikologi.

  1. Ahli Psikometri
  2. Ahli Riset
  3. Konsultan Psikologi
  4. Ahli Intervensi Sosial
  5. HRD
  6. Konsultan Karir
  7. Dosen
  8. Perawat Kesehatan Mental
  9. Psikolog
  10. Psikolog Klinis
  11. Penulis
  12. Research and Development
  13. System Analyst
  14. Arsiparis

Daftar Lengkap Mata Kuliah yang Bakal anda Jumpai di Jurusan Psikologi

Untuk bisa mendapatkan kemampuan dan terjun ke dunia profesional, tentunya anda harus terlebih dahulu menyelesaikan pendidikan di jurusan Psikologi. anda harus menjalani berbagai pembelajaran sebelum anda lulus dan mengejar karir impian anda sebagai lulusan Psikologi. Pada umumnya, anda akan menjalani kuliah Psikologi selama 4 tahun atau 8 semester dan mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa mata kuliah yang mungkin akan anda jumpai jika anda berkuliah di jurusan Psikologi.

1. Filsafat

unsplash.com

Ilmu Filsafat mungkin akan menjadi salah satu mata kuliah wajib bagi para mahasiswa jurusan Psikologi. Fungsi serta keterikatan ilmu Filsafat dalam dunia Psikologi akan sangat berguna bagi anda untuk menghadapi dunia kerja, mengingat bahwa ilmu tersebut berakar dari ilmu Filsafat. Mata kuliah seputar Filsafat yang mungkin akan anda jumpai sebagai pendamping ilmu Psikologi di antaranya adalah Pengantar Filsafat, Filsafat Ilmu dan Logika, Filsafat Manusia, dan Filsafat Fenomenologi.

2. Statistika

unsplash.com

Beberapa lingkup kerja seorang lulusan Psikologi biasanya berhubungan dengan riset lapangan dan analisis data. Jadi, bukan tidak mungkin bahwa anda akan menemukan mata kuliah Statistika saat menjadi mahasiswa di jurusan Psikologi. Dalam mata kuliah ini, dosen biasanya akan meminta anda untuk merencanakan riset, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, sampai mempresentasikan data yang sudah anda kumpulkan di lapangan.

3. Psikologi Kepribadian

unsplash.com

Salah satu mata kuliah yang akan anda dapatkan di tahun pertama kuliah jurusan Psikologi adalah Psikologi Kepribadian. Ilmu yang satu ini akan membahas seputar sejarah serta filosofi dasar dari kepribadian seorang manusia. Selain itu, anda juga akan mempelajari pengelompokan dan jenis kepribadian manusia serta beragam ilmu tentang kepribadian lainnya. anda mungkin juga akan mempelajari dan menganalisis seputar kepribadian diri anda sendiri.

4. Psikologi Klinis

unsplash.com

Kalau ilmu yang satu ini mungkin sudah cukup dikenal karena ada bidang pekerjaannya, yaitu Psikolog Klinis. Pada umumnya, mata kuliah Psikologi Klinis akan diberikan kepada mahasiswa tingkat awal. Dalam mata kuliah ini, anda akan mempelajari seputar ilmu kejiwaan, jenis penyakit kejiwaan, sampai penanganan masalah kejiwaan yang tepat.

5. Psikologi Perkembangan

unsplash.com

Selanjutnya adalah mata kuliah bernama Psikologi Perkembangan. Sesuai dengan namanya, anda akan mempelajari hal-hal seputar perkembangan manusia mulai dari lahir hingga tua. Kalau sudah masuk ke peminatan yang lebih spesifik di semester lanjut, mata kuliah ini akan dibagi menjadi beberapa bagian seperti Psikologi Perkembangan Anak, Psikologi Perkembangan Manula, dan sebagainya

6. Biopsikologi

unsplash.com

Kalau anda kuliah di jurusan Psikologi, anda juga akan mempelajari bidang ilmu lainnya, salah satunya adalah ilmu Biologi. Dalam mata kuliah Biopsikologi, anda akan mempelajari tentang proses mental manusia dan bagaimana proses tersebut berlangsung. anda juga akan menemukan beragam istilah ilmu Biologi dan Kedokteran. Dari sana, anda akan bisa memahami bagaimana proses kehidupan manusia yang sebenarnya.

7. Psikometri

unsplash.com

Mata kuliah selanjutnya yang akan anda jumpai di jurusan Psikologi adalah Psikometri. Ilmu ini pada dasarnya mempelajari tentang teori pengukuran psikologis berupa beragam prosedur, langkah-langkah, hingga penghitungan statistika yang lebih rumit. Maka dari itu, anda akan dibekali terlebih dahulu dengan ilmu Statistika yang sudah Mamikos sebutkan di atas. Selain itu, anda juga akan mempelajari seputar pengembangan teori dan model tes serta pengembangan dasar-dasar evaluasi terhadap kualitas tes.

8. Konstruksi Alat Ukur Psikologi (KAUP)

unsplash.com

Konstruksi Alat Ukur Psikologi atau KAUP juga menjadi salah satu mata kuliah yang akan anda jumpai di jurusan Psikologi. Melalui mata kuliah ini, anda akan diberi pembelajaran seputar alat ukur dan waktu yang tepat untuk menggunakan alat ukur tersebut. Mata kuliah yang satu ini dianggap sebagai salah satu mata kuliah paling sulit bagi mahasiswa Psikologi. Tidak hanya ilmu Psikologi, anda juga dituntut untuk harus bisa menguasai Matematika serta Psikometri secara bersamaan.

9. Kode Etik Psikologi

unsplash.com

Setiap profesi pasti memiliki kode etiknya masing-masing, baik itu Dokter, Jurnalis, Hakim, bahkan seorang Psikolog. Mata kuliah Kode Etik Psikologi akan memberikanmu pengetahuan seputar hal-hal yang diperbolehkan dan dilarang untuk lulusan Psikologi maupun praktisinya. Beberapa di antaranya seperti malpraktik hingga pembocoran rahasia pribadi klien.

10. Alat Tes Psikologi

unsplash.com

Satu lagi mata kuliah yang dianggap sulit di jurusan Psikologi yaitu mata kuliah tentang Alat Tes Psikologi. Mata kuliah ini dianggap sulit karena anda harus mengulang mata kuliah ini dari awal jika anda tidak mengikuti prosedur dengan benar dan tidak menjalankannya secara profesional. Dalam mata kuliah ini, anda akan mempelajari beragam alat tes untuk Tes Intelegensi, Tes Inventori, hingga Tes Proyeksi.

11. Psikologi Faal

unsplash.com

Ilmu Psikologi pada dasarnya memang erat dengan ilmu Biologi dan Kedokteran. Pasalnya, anda juga akan mempelajari seputar organ tubuh manusia melalui mata kuliah Psikologi Faal. anda harus menghafalkan setiap fungsi serta manfaat dari organ tubuh manusia karena dianggap berkaitan erat dengan kejiwaan seseorang.

12. Psikologi Diagnose

unsplash.com

Seperti yang sudah Mamikos sebutkan di atas, ilmu Psikologi juga erat kaitannya dengan riset dan analisis. Nah, melalui mata kuliah Psikologi Diagnose, anda akan mempelajari seputar kejiwaan dan psikologis seseorang dengan cara interview atau observasi. Sulitnya, anda harus bisa menebak isi hati dan hal yang sedang dirasakan oleh orang tersebut.

13. Psikologi Industri dan Organisasi

unsplash.com

Kalau cita-citamu bekerja di perusahaan, anda mungkin akan tertarik dengan mata kuliah jurusan Psikologi yang satu ini. Dalam mata kuliah Psikologi Industri dan Organisasi, anda akan mempelajari seputar cara kerja HRD serta hal lainnya yang berkaitan dengan suatu perusahaan dan perkantoran. Bisa dibilang bahwa mata kuliah ini cukup kompleks di mana anda harus bisa merekrut karyawan, menangani konflik internal, serta fluktuasi motivasi kerja para karyawan.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar 13 mata kuliah yang akan anda jumpai di jurusan Psikologi. Selain mata kuliah di atas, anda mungkin akan menemukan mata kuliah lain selama 4 tahun belajar di jurusan tersebut. Tidak ada yang sulit selama anda mau belajar dan berusaha untuk memahaminya dengan baik. Semoga bermanfaat! Untuk anda yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, anda bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close