13 Jurusan di UGM dengan Jumlah Peminat Terbanyak dan Terfavorit Tahun 2021

Universitas Gadjah Mada atau yang sering disingkat UGM, seperti yang sudah dikenal banyak orang, merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Pada tahun 2021, universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1949 ini telah mencapai peringkat 250 menurut QS World University Ranking. Sedangkan pada tahap nasional, UGM berada di urutan pertama dalam klasterisasi bidang Kemahasiswaan Nasional tahun 2020 oleh Kemendikbud.

Informasi Jurusan di UGM dengan Jumlah Peminat Terbanyak dan Terfavorit tahun 2021

ugm.ac.id

Universitas yang terletak di kelurahan Bulaksumur ini mempunyai 6 jenjang studi yang terdiri dari program Sarjana Terapan, Sarjana, International Undergraduate Program, Magister, Doktor, dan Profesi. Tahun ini, UGM membuka pendaftaran dengan berbagai jalur seperti SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri untuk program reguler Sarjana Terapan dan Sarjana, dan pendaftaran terpisah untuk kelas IUP. Bagi calon mahasiswa baru yang mempunyai cita-cita untuk kuliah disini pasti sudah memilih jurusan yang ingin dipilih sesuai dengan minat dan bakat. Oleh karena itu, Mamikos dengan senang hati berbagi inspirasi tentang jurusan di UGM yang didambakan dan terfavorit tahun 2021.

Gambaran berikut dilihat berdasarkan jumlah peminat SBMPTN tahun 2020. SBMPTN adalah seleksi tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mengambil 40% daya tampung setiap program studi. Itu sebabnya daftar berikut merupakan acuan informasi tentang program studi di UGM dengan peminat tertinggi dan terfavorit di tahun 2021. Terdapat 2 kelompok; Saintek dan Soshum.

Kelompok Saintek

ugm.ac.id

1. Program Studi Kedokteran

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 3.565.

Program studi Kedokteran menduduki nomor 1 sebagai jurusan dengan peminat terbanyak dan terfavorit di UGM kelompok Saintek. Jurusan yang setelah lulus sarjana akan mendapat gelar S.Ked. ini termasuk dalam Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK). Kampus program studi Kedokteran terletak di klaster Medika, lebih tepatnya bersebrangan dengan RSUP dr. Sardjito. Untuk menjadi Sarjana Kedokteran, anda akan menempuh studi selama 3,5 tahun, lalu melanjutkan koas selama 2 tahun untuk meraih gelar dr.

2. Farmasi

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 2.201.

Masih dalam klaster Medika, ada jurusan Farmasi yang diminati dan menjadi favorit untuk kelompok Saintek tahun 2021. Di UGM, untuk program Sarjana, jurusan ini termasuk dalam 1 fakultas yaitu Fakultas Farmasi. Lokasi kampus fakultas yang setelah lulus program Sarjana akan mendapat gelar S.Farm. ini terletak bersebelahan dengan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM. Kalau menjadi Apoteker adalah cita-cita anda, setelah berkuliah selama 4 tahun, anda bisa mengambil pendidikan profesi selama 1 tahun untuk mendapat gelar Apt.

3. Teknologi Informasi

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 1.760.

Selanjutnya, kita pindah ke Fakultas Teknik. Jurusan Teknologi Informasi di UGM termasuk dalam Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Kalau menjadi mahasiswa TI UGM adalah impian anda, nantinya anda akan belajar tentang hal-hal yang berhubungan dengan informasi yang sistemnya teknikal. Ada 3 konsentrasi yang bisa anda pilih di tengah masa studimu; rekayasa perangkat lunak, rekayasa sistem informasi, dan rekayasa sistem komputer. Setelah berkuliah selama 4 tahun, anda akan mendapat gelar S.T.

4. Teknik Sipil

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 1.577.

Jurusan Teknik Sipil adalah salah satu jurusan di Fakultas Teknik UGM yang tertua, yaitu sudah ada sejak tahun 1946. Berbeda dengan program studi TI yang ada di urutan sebelumnya, jurusan ini masuk dalam Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan. Saat anda menempuh pendidikanmu di fakultas yang gedungnya berada di tengah-tengah Fakultas Teknik UGM ini, anda akan memilih fokus penjurusan seperti lingkungan, struktur bangunan, hidrologi, transportasi, dan geoteknik. Hal yang menjadi pembeda dengan jurusan Arsitektur yang kerap dipertanyakan adalah di jurusan Teknik Sipil, fokusnya lebih pada kerangka bangunan dan perhitungannya, sedangkan jurusan Arsitektur, anda akan banyak menggambar dan mendesain bangunan.

5. Ilmu Komputer

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 1.330.

Tidak ketinggalan dari jurusan Teknologi Informasi yang berada di Fakultas Teknik UGM, jurusan Ilmu Komputer yang menjadi salah satu program studi di Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam juga menjadi jurusan yang banyak diminati dan terfavorit di salah satu universitas negeri tertua di Indonesia. Program studi yang satu ini sudah menjadi satu lingkup dalam Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika. Kalau anda memilih jurusan ini, nantinya anda akan belajar lebih pada gabungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi. Biasanya, lulusan yang akan mendapat gelar S.Kom. ini terjun dalam dunie pekerjaan seputar Programming, Software Engineer, dan lain-lain.

6. Teknik Industri

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 1.292.

Satu lagi jurusan yang paling banyak peminat dan terfavorit dari Fakultas Teknik UGM adalah program studi Teknik Industri. Jurusan ini termasuk dalam Departemen Teknik Mesin dan Industri, dan memang gedungnya berdekatan dengan program studi Teknik Mesin. Akan tetapi, pelajaran yang akan didapat oleh mahasiswa di jurusan ini merupakan gabungan antara ilmu eksakta dan sosial, serta dikaitkan dengan teknikal. Setelah menempuh perkuliahan selama 4 tahun, anda akan mendapat gelar S.T.

7. Kehutanan

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 1.264.

Program studi Kehutanan menjadi penutup urutan jurusan terfavorit dan banyak peminat tahun 2021 di UGM kelompok Saintek. Sama halnya dengan program studi Farmasi, jurusan ini termasuk dalam satu Fakultas Kehutanan. Dalam hal klasterisasi, jurusan Kehutanan masuk dalam klaster Agro. Maka tidak heran kalau lokasi gedung perkuliahannya pun berdekatan dengan jurusan klaster Agro seperti Perikanan dan Pertanian. Kalau anda ingin memilih jurusan yang akan mendapat gelar S.Hut., anda akan dibagi lagi menjadi 4 departemen; Manajemen Hutan, Silvikultur, Teknologi Hasil Hutan, dan Konservasi Sumber Daya Hutan.

Kelompok Soshum

ugm.ac.id

8. Psikologi

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 3.655.

Jurusan Psikologi menempati urutan pertama untuk jurusan di UGM yang banyak peminat dan terfavorit tahun 2021 kelompok Soshum. Sesuai lokasi kampusnya yang ada di Jalan Sosio Humaniora, di UGM, jurusan yang masuk dalam Fakultas Psikologi ada dalam kelompok ilmu sosial. Kalau jurusan ini adalah yang anda dambakan, anda akan menempuh program Sarjana selama 3,5 – 4, lalu mendapat gelar S.Psi. Untuk mendapat lisensi menjadi Psikolog, anda bisa lanjut mengambil Magister Psikologi Profesi.

9. Hukum

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 3.575.

Urutan selanjutnya adalah juga dari salah satu fakultas tertua di UGM, yaitu program studi S1 Hukum. Lokasi kampusnya terletak di antara Fakultas Filsafat dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sebelum anda meraih gelas S.Hum. selama 4 tahun, anda akan mendapat pilihan untuk memilih konsentrasi. Ada 11 departemen yang bisa anda pilih, di antaranya Hukum Adat, Hukum Administrasi Negara, Hukum Agraria, Hukum Dagang, Hukum Internasional, Hukum Islam, Hukum Lingkungan, Hukum Pajak, Hukum Perdata, Hukum Pidana, dan Hukum Tata Negara.

10. Manajemen

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 3.119.

Termasuk dalam Fakultas Ekonomika dan Bisnis, program studi Manajemen juga menjadi jurusan terfavorit dan banyak peminat di UGM kelompok Soshum tahun ini. Ilmu yang akan anda pelajari di jurusan ini akan berkaitan dengan keuangan, pemasaran, operasi, dan manajemen strategis dan sumber daya manusia yang dipersatukan dengan teori, studi kasus, dan penerapannya di dunia. Akreditasi jurusan ini pun sudah diakui di nasional dan internasional. anda akan menempuh pendidikan selama 4 tahun dan akan mendapat gelar S.E.

11. Ilmu Komunikasi

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 2.205.

Jurusan Ilmu Komunikasi di UGM termasuk dalam salah satu program studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Untuk anda yang saat SMA atau sederajat mengambil kelas IPA, anda harus mengambil kelompok ujian tulis Soshum. Jurusan ini cocok untuk anda yang ingin mempelajari tentang perubahan media, teknologi, dan komunikasi yang ada di sekitar kita saat ini. Selama pendidikanmu di program S1 Ilmu Komunikasi, anda akan dihadapi oleh 4 peminatan, seperti Jurnalisme, Media Hiburan, Humas, dan Periklanan. Fasilitas yang akan anda dapatkan selama menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi juga lengkap.

12. Akuntasi

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 2.108.

Kembali lagi ke salah satu jurusan yang ada di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, program studi Akuntansi juga salah satu yang banyak diminati dan terfavorit tahun ini. Untuk akreditasi program studi, lama studi, dan gelar juga sama dengan program studi Manajemen. Hanya saja, anda akan lebih fokus pada hal-hal yang terkait dengan akuntansi seperti pelaporan keuangan, audit, dan sistem kontrol manajemen. Untuk bisa diterima di jurusan ini, anda harus dari jurusan IPS dan mengikuti ujian kelompok Soshum.

13. Ilmu Hubungan Internasional

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 1.904.

Terakhir, dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) UGM, jurusan Ilmu Hubungan Internasional juga banyak peminat dan terfavorit di tahun 2021. Karena masuk dalam kelompok Soshum, calon mahasiswanya pun pasti dari kelas IPS atau mengambil kelompok ujian Soshum atau campur. Di jurusan ini, anda bisa mewujudkan mimpimu untuk menyelesaikan studi dengan memilih 3 konsentrasi yang ditawarkan, yaitu Politik dan Keamanan Global, Studi Perdamaian dan Konflik, dan Ekonomi Politik dan Pembangunan Internasional. Saat lulus, anda akan mendapat gelar Sarjana Ilmu Politik (S.I.P).

Seperti yang kita tahu, jurusan-jurusan yang terfavorit dan banyak peminat di UGM yang sudah dijelaskan merupakan konklusi dari hasil SBMPTN 2020. Untuk keputusan akhirnya, akan kembali ke pilihan anda masing-masing. Yang harus anda ketahui adalah anda pasti bisa meraih cita-citamu untuk melanjutkan studi sesuai dengan jurusan yang diinginkan. Kalau anda berasal dari luar Jogja dan ingin melanjutkan studi di UGM, anda bisa loh booking kamar kos dari aplikasi Mamikos, atau sekadar mengecek kamar kos dengan download aplikasi di handphone anda.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close