12 Macam Jurusan Teknik Populer Selain Teknik Industri

12 macam jurusan teknik populer selain teknik industri – Bisa diterima sebagai mahasiswa jurusan teknik merupakan kebanggaan tersendiri. Apalagi persaingan masuk jurusan teknik, baik di Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta tidak mudah. Dari sekian banyak jurusan teknik, jurusan yang dianggap populer adalah Jurusan Teknik Industri.

Jurusan-Jurusan Teknik Populer

pixabay.com

Peminat jurusan teknik di kampus negeri maupun kampus swasta senantiasa tinggi. Seringkali jurusan teknik identik dengan laki-laki atau penyuka kerja lapangan. Selain itu, kuliah jurusan teknik juga sangat menantang karena materi kuliah yang diajarkan sebagian besar berupa hitungan dan mengandalkan logika. Meskipun demikian, banyak pula mahasiswa perempuan yang masuk jurusan teknik karena passion dan cita-cita.

Tidak semua perguruan tinggi menyediakan jurusan teknik. Kalaupun ada, jurusan teknik yang ditawarkan antara satu kampus dengan kampus yang lain tentu berbeda. Perlu anda ketahui bahwa jurusan teknik tidak terbatas pada Teknik Industri saja. Ada jurusan lainnya yang tidak kalah populer dan pastinya menawarkan peluang karier luas. Berikut ini adalah jurusan-jurusan teknik yang bisa dipilih selain Teknik Industri.

1. Teknik Alat Berat

pixabay.com

Jurusan Teknik Alat Berat sangat cocok untuk anda yang tertarik dengan sumber daya alam. Dengan menempuh studi di jurusan tersebut, anda akan diajarkan cara yang tepat untuk mengeksploitasi menggunakan tenaga alat berat. Alat tersebut berperan penting dalam kegiatan pertambangan serta konstruksi. Selain perlu memiliki dasar matematika dan fisika yang kuat, fisik mahasiswa pun harus mendukung. Adapun alat berat yang akan dipelajari misalnya bulldozer, escavator, forklift, grader, wheel loader, dan sebagainya.

Selama berkuliah, anda akan diajarkan teknik perancangan serta produksi alat berat hingga cara merawatnya. Prospek karier lulusan Jurusan Teknik Alat Berat sangat luas. Selama ada industri yang membutuhkan tenaga ahli bidang alat berat, lulusannya akan selalu dicari. Jangan khawatir dengan luasnya karier karena lulusan jurusan tersebut tidak hanya bekerja sebagai operator saja, tetapi juga tenaga ahli, teknisi, manufaktur, serta tenaga maintenance. Jika tertarik bekerja di bidang tambang atau konstruksi, cobalah mendaftar jurusan ini.

2. Teknik Arsitektur

pixabay.com

Jika anda senang mendesain bangunan atau merancang gambar bangunan, mungkin saja anda memiliki passion di bidang arsitek. Untuk mengembangkan bakat tersebut, anda dapat memilih Jurusan Teknik Arsitektur. Jurusan ini cukup populer dan tingkat persaingannya pun ketat. Mahasiswa akan diajarkan dasar tentang desain serta rancangan konstruksi bangunan. Tapi tenang saja karena kariermu sebagai arsitek nantinya akan lebih banyak dihabiskan untuk menuangkan berbagai macam ide di atas kertas. Eksekusi di lapangan akan dikerjakan oleh Teknik Sipil.

Kuliah di Jurusan Teknik Arsitektur sangat menantang meskipun banyak pula yang beranggapan bahwa jurusan ini sulit. Selain dituntut untuk menguasai pengetahuan tentang kekuatan bangunan, arsitek tidak boleh mengabaikan keindahan bangunan dan tentunya fungsi bangunan tersebut. Bekal senang dengan matematika, sains, teknologi, seni, serta menggambar bisa menjadi alasan untuk mencoba peluang masuk Jurusan Teknik Arsitektur. Selama ada bisnis properti, arsitek akan terus dibutuhkan.

3. Teknik Bangunan dan Landasan

pixabay.com

Mungkin anda belum terlalu familiar dengan Jurusan Teknik Bangunan dan Landasan. Pada jurusan tersebut, akan ada banyak hal yang dipelajari, seperti cara merawat, mengatur, dan mengoperasikan berbagai macam fasilitas sisi darat dan sisi udara di bandara. anda juga akan diajarkan cara untuk mengawasi kegiatan perbaikan bandara dan segala hal yang berkaitan dengan konstruksi di bandara. Selain itu, anda juga akan mempelajari bagian landasan pacu pesawat atau runway.

Belajar di Jurusan Teknik Bangunan dan Landasan merupakan tantangan tersendiri. anda tidak hanya diajarkan untuk fokus pada area bandara untuk pesawat terbang saja. Di bandara ada bagian dan ruangan khusus dengan akses terbatas. Peluang karier lulusannya bisa bekerja di perusahaan terkait kebandarudaraan, misalnya Angkasa Pura. Jika ingin terjun ke instansi pemerintah, ada peluang kerja di Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI.

4. Teknik Elektro

pixabay.com

Cabang ilmu teknik yang bisa anda jadikan pertimbangan kuliah adalah Jurusan Teknik Elektro. Di jurusan ini, anda akan diajarkan aplikasi serta pemanfaatan listrik dalam kehidupan beserta teknologi terkait. Teknik elektro sangat diperlukan dalam kehidupan, misalnya saja pada pembangkit tenaga listrik hingga pendistribusiannya.

Ketika masuk Jurusan Teknik Elektro, anda dapat memilih konsentrasi yang lebih spesifik, seperti teknik komputer, teknik listrik, teknik instrumentasi, teknik elektronika, dan teknik telekomunikasi. Bahkan, anda akan belajar tentang robotik dan IT di jurusan ini. Lulusan Jurusan Teknik Elektro dapat berkarier sebagai ahli robotik, ahli IT, bekerja di bidang pembangkit tenaga listrik, bidang telekomunikasi, serta bidang pertambangan dan perminyakan.

5. Teknik Geodesi

pixabay.com

Jurusan Teknik Geodesi adalah jurusan yang memungkinkan mahasiswanya untuk belajar banyak hal terkait bentuk bumi, baik bagian darat maupun laut. Akan ada aktivitas pemetaan untuk menggambar rupa bumi. Sekalipun jurusan ini tidak terlalu banyak diminati, sebenarnya kuliah di Jurusan Teknik Geodesi sangat mengasikkan. Ilmu dari jurusan tersebut pun sangat aplikatif dan diterapkan dalam banyak hal di kehidupan.

Ingin bekerja di bidang pertambangan, perminyakan, properti, konstruksi, atau teknologi informasi? Kuliah di Jurusan Teknik Geodesi bisa membantumu berkarier di bidang tersebut. Ketika anda mendapatkan informasi bencana dari BMKG, mencari tahu lokasi lewat Google Map, hingga mencari data titik api ketika kebakaran, di situlah peran ahli geodesi dibutuhkan.

6. Teknik Geologi

pixabay.com

Jurusan Teknik Geologi memungkinkanmu belajar tentang komposisi bumi. Jika tertarik mengetahui lebih banyak tentang planet tempat tinggalmu, seperti struktur penyusunnya, sifat fisik bumi, sejarah bumi, hingga proses pembentukannya, belajar di Teknik Geologi akan sangat menyenangkan. Tentunya pembelajaran tidak hanya fokus untuk mengetahui sejarah masa lalu saja. Mahasiswa juga akan diminta mencari solusi terkait masalah-masalah yang terjadi di bumi.

Materi kuliah di Jurusan Teknik Geologi sangat luas, seperti mitigasi bencana alam, geotermal, pertambangan, perminyakan, dan masih banyak lagi. Prospek karier lulusan Jurusan Teknik Geologi dapat bekerja di perusahaan swasta maupun instansi pemerintah. Sudah bukan hal yang aneh jika lulusan jurusan ini juga bekerja di perusahaan pertambangan besar, industri perminyakan, hingga instansi pemerintah sebagai peneliti atau pengambil kebijakan.

7. Teknik Kimia

pixabay.com

Senang dengan aktivitas percobaan atau kegiatan di laboratorium? Cobalah mendaftar Jurusan Teknik Kimia ketika kuliah. Di jurusan ini, anda akan diajarkan proses dan mekanisme mengubah bahan mentah serta bahan kimia agar bisa menjadi produk bernilai komersial. Pastinya kegiatan kuliahmu tidak akan jauh-jauh dari praktikum tentang reaksi kimia, biokimia, atau perubahan sifat zat.

Selain menghabiskan waktu di laboratorium, mahasiswa juga akan diajarkan perancangan alat proses, pengoperasian, pengendalian, dan pemeliharaan pabrik atau industri. Bahkan, ada materi tentang konstruksi pendirian pabrik. Selama kehidupan manusia masih bergantung pada produk dari proses kimia, lulusan Jurusan Teknik Kimia akan selalu dibutuhkan. Produk tersebut misalnya plastik, pupuk, pakaian, produk farmasi, serta makanan yang dikonsumsi.

8. Teknik Lingkungan

pixabay.com

Jurusan teknik tidak hanya terbatas pada mesin atau komputer saja. Adanya Jurusan Teknik Lingkungan memungkinkan anda mempelajari banyak terkait cara untuk menciptakan lingkungan sehat serta bebas penyakit dengan memadukan teknik tertentu serta teknologi. Nantinya, anda juga bisa mempelajari pencemaran, konservasi, sistem drainase, plumbing, dan materi terkait kelestarian lingkungan. Lulusan Jurusan Teknik Lingkungan dapat bekerja di bidang industri, pabrik, atau organisasi di bidang lingkungan.

9. Teknik Mesin

pixabay.com

Jurusan Teknik Mesin atau Jurusan Teknik Mekanika memungkinkan mahasiswa untuk belajar prinsip fisika secara mendalam. Ada beberapa cabang ilmu yang perlu diperdalam, seperti termodinamika, teknik material, kinematika, dan mekanika. Lulusan Jurusan Teknik Mesin dibutuhkan dalam industri terkait manufaktur dan otomotif. Karena industri tersebut senantiasa berkembang, diharapkan anda tidak hanya belajar saat kuliah saja, tetapi juga mengikuti perkembangan informasi sekitar. Anggapan bahwa lulusan Jurusan Teknik Mesin akan bekerja sebagai montir di bengkel tidak sepenuhnya benar. Peluang kariernya justru sangat luas, misalnya sebagai konsultan mekanik, teknisi, bahkan di bidang pertambangan dan pertanian.

10. Teknik Perminyakan

pixabay.com

Jurusan Teknik Perminyakan seringkali disamakan dengan Jurusan Teknik Pertambangan. Padahal, keduanya berbeda. Pada jurusan ini, akan dipelajari penambangan cairan, seperti minyak bumi, gas alam, serta panas bumi, sedangkan pada Jurusan Teknik Pertambangan akan banyak dipelajari benda-benda mineral padat. Jadi, pahami terlebih dahulu perbedaan masing-masing jurusan tersebut agar anda tidak salah.

Jurusan Teknik Perminyakan memungkinkan anda belajar eksplorasi minyak, proses eksploitasi dengan cara yang benar dan pengolahan minyak tersebut. Selain terjun di lapangan, mahasiswa juga akan dilatih mencari inovasi untuk mendapatkan teknik yang efisien untuk proses di lapangan. Lulusan Jurusan Teknik Perminyakan sangat diperlukan selama sumber daya minyak dan gas tersedia. Sebab, eksploitasi sumber daya tersebut membutuhkan penanganan yang tepat. Selain bisa berkarier di dalam negeri, seperti di industri migas, anda juga dapat berkarier di luar negeri dengan pendapatan fantastis.

11. Teknik Pertambangan

pixabay.com

Menempuh studi di Jurusan Teknik Pertambangan bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin berkarier di bidang eksploitasi bahan galian. Tidak hanya itu, ada pula penambangan besi, aluminium, emas, perak, serta batu bara. Sebelum bahan galian ditambang, ada proses-proses penting yang perlu dilakukan. Setelah itu, proses pengolahan bahan tambang, pengangkutan, hingga pemasarannya pun akan dipelajari pada jurusan ini. Karier lulusan Jurusan Teknik Pertambangan cukup luas di bidang tambang. Tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri.

12. Teknik Sipil

pixabay.com

Jurusan Teknik Sipil termasuk salah satu jurusan teknik yang banyak diminati. Pada saat perkuliahan, mahasiswa akan diajarkan proses perancangan, pembangunan, serta renovasi berbagai macam infrastruktur dan bangunan. Lulusan Teknik Sipil memahami konstruksi jembatan, bendungan, dan unsur-unsur penyusun bangunan dan cara membuatnya agar kokoh berdiri. Dipelajari pula pembangunan infrastruktur, seperti jalan raya, jalan tol, underpass, flyover, dan sebagainya. Lulusan Jurusan Teknik Sipil yang cermat dan teliti pastinya sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Setelah membaca 12 macam jurusan teknik populer selain teknik industri, apakah anda tertarik mendaftar di salah satu jurusannya? Cari tahu masing-masing jurusan tersebut dan kampus yang menawarkannya. Dengan demikian, anda mengetahui cara masuk jurusan yang diinginkan dan bisa semakin termotivasi agar diterima. Selamat berjuang!

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close