12 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Fisika

12 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Fisika – Mata pelajaran fisika dianggap menakutkan bagi sebagian orang. Selain identik dengan soal-soal hitungan, fisika juga memiliki banyak rumus yang perlu dihafalkan. Tidak mengherankan jika siswa lulusan sekolah menengah sengaja memilih jurusan kuliah yang tidak ada fisikanya.

Jurusan-Jurusan Kuliah Tanpa Fisika

pixabay.com

Pengalaman mendapatkan nilai ulangan fisika yang jelek barangkali membuatmu trauma dan tidak mau dekat-dekat dengan mata pelajaran tersebut. Belum lagi jika guru mata pelajaran fisika yang dirimu temui adalah guru killer. Kesan yang tidak baik tersebut seringkali terbawa hingga dirimu lulus dan sampai pada tahap masuk kuliah.

Ada pula pengalaman kurang menyenangkan tentang fisika yang sangat sering ditemui, yaitu sulit menghafalkan rumus. Dapat dikatakan bahwa rumus-rumus di mata pelajaran tersebut sangat beragam dan banyak turunannya. Fisika dianggap menakutkan bagi siswa sekolah menengah. Bagi dirimu yang tidak ingin dekat-dekat lagi dengan fisika, peluang masuk kuliah di jurusan tanpa fisika bisa dirimu dapatkan. Penasaran apa saja jurusan kuliah tanpa fisika yang bisa dirimu coba?

1. Jurusan Seni Musik

pixabay.com

Kuliah di Jurusan Seni Musik akan membebaskanmu dari mata kuliah fisika yang penuh rumus. Jurusan ini banyak diminati orang-orang yang sudah memiliki dasar di bidang musik maupun yang ingin mendalami musik hingga berkarier sebagai seorang musisi. Kuliah di Jurusan Seni Musik sangat menyenangkan, apalagi selain dibekali teori tentang musik mahasiswa juga akan diajarkan berbagai macam instrumen musik dan komposisi. Pengetahuan musikmu akan bertambah pesat setelah lulus nanti.

2. Jurusan Ilmu Filsafat

pixabay.com

Bagi dirimu yang masuk Jurusan Ilmu Filsafat, dirimu akan beruntung karena tidak akan menjumpai fisika. Tidak ada lagi rumus-rumus dan hitungan yang kompleks. Sebaliknya, dirimu akan diajak untuk banyak berpikir dan menganalisis hakikat kehidupan manusia. Bahkan, penciptaan terkait alam semesta dan hal-hal lain terkait kehidupan juga akan dirimu pelajari di jurusan ini. Meskipun banyak orang beranggapan bahwa Jurusan Ilmu Filsafat mudah, nyatanya ketika menjalani kuliah, mahasiswa dituntut untuk bisa berpikir kritis dan menerapkan keilmuannya setelah lulus nanti.

3. Jurusan Ilmu Komunikasi

pixabay.com

Karier lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi yang luas serta bergaji tinggi membuat peminat jurusan ini kian bertambah. Kuliah di jurusan ini juga akan menjauhkanmu dari fisika. Sebaliknya, dirimu akan banyak belajar tentang penulisan berita, pembuatan film, animasi, iklan, fotografi, kemampuan public speaking, dan sebagainya. Sekalipun tidak ada mata kuliah tentang fisika, tetap ada mata kuliah yang dianggap sulit oleh mahasiswa di Jurusan Ilmu Komunikasi.

4. Jurusan Seni Tari

pixabay.com

Di Jurusan Seni Tari, dirimu tidak akan menemukan fisika dan akan langsung fokus dengan mata kuliah terkait kesenian di bidang tari. Namun, jangan salah membayangkan jika selama berkuliah dirimu akan diminta selalu menari. Justru dengan kuliah di jurusan ini, dirimu akan belajar tentang filsafat seni, sejarah tari, musik tari, komposisi tari, pengetahuan tari, dramaturgi, karawitan, dan mata kuliah lainnya yang tidak kalah menarik.

5. Jurusan Ilmu Hukum

pixabay.com

Menempuh kuliah di Jurusan Ilmu Hukum memungkinkanmu belajar tentang berbagai hal di bidang hukum, perundang-undangan, pengadilan, kejaksaan, serta teori dan praktiknya. Jika ingin berkarier di bidang hukum namun tidak bersinggungan dengan fisika, Jurusan Ilmu Hukum sangat cocok dipilih. Kemampuan dasar yang perlu dirimu miliki adalah kemampuan hafalan, berpikir kritis, logis, komunikatif, serta kemampuan menyelesaikan masalah. Nantinya, dirimu akan dilatih menjadi lulusan yang memiliki pribadi kritis, lugas, dan pandai menganalisis suatu masalah.

6. Jurusan Hubungan Internasional

pixabay.com

Jika dirimu pernah mengagumi para diplomat hingga duta besar, dirimu bisa menjadi seperti mereka dengan kuliah di Jurusan Hubungan Internasional. Di jurusan ini, tidak ada mata kuliah fisika yang akan dirimu dapatkan. Nantinya, mata kuliah yang akan dirimu pelajari berkaitan dengan kemanan global dan politik global, perdamaian, konflik, hingga politik dan pembangunan internasional. Tentunya masih ada mata kuliah lain yang berkaitan dengan dunia internasional. Prospek karier lulusan Jurusan Hubungan Internasional juga luas. Selain bisa menjadi diplomat dan duta besar, dirimu pun bisa bergabung di organisasi dan perusahaan multinasional.

7. Jurusan Sastra

pixabay.com

Kuliah di Jurusan Sastra akan sangat menyenangkan bagi dirimu yang menyukai dunia penulisan dan literatur. Selama kuliah, dirimu akan dibimbing untuk lebih memahami masalah terkait drama, cerita, puisi, dan sebagainya. Prinsip-prinsip tentang bahasa, ejaan, gaya bahasa, gaya penulisan, serta teori terkait bidang sastra yang dirimu ambil pun juga akan dipelajari. Pastinya dirimu tidak akan bertemu dengan fisika jika memilih kuliah di Jurusan Sastra.

8. Jurusan Pendidikan Bahasa

pixabay.com

Jika dirimu ingin menjadi seorang guru atau pendidik, kuliah di Jurusan Pendidikan Bahasa bisa menjadi solusi. Ada banyak peluang jurusan di bidang pendidikan bahasa, seperti bahasa Jerman, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Prancis, dan bahasa lainnya yang seringkali diajarkan di sekolah menengah. dirimu akan belajar tentang bahasa sekaligus teori-teori terkait bahasa tersebut yang nantinya akan diajarkan pada peserta didik. Dengan menempuh kuliah di Jurusan Pendidikan Bahasa, dirimu akan terbebas dari fisika.

9. Jurusan Sosiologi

pixabay.com

Kuliah di jurusan yang identik dengan ilmu sosial bisa dirimu dapatkan dengan mengambil Jurusan Sosiologi. Jurusan Sosiologi membahas mata kuliah tentang struktur sosial masyarakat beserta interaksi yang terjadi di dalamnya. dirimu tidak akan belajar tentang fisika di jurusan ini. Namun, dirimu akan belajar tentang berbagai macam jenis sosiologi, seperti sosiologi pembangunan, sosiologi lingkungan, sosiologi gender, sosiologi industri, dan sebagainya.

10. Jurusan Animasi

pixabay.com

Memiliki passion di bidang grafis tetapi tidak suka fisika? Jurusan Animasi menjadi solusinya. Dengan modal kegemaran di dunia grafis dan animasi, dirimu bisa memilih jurusan ini. Akan ada materi kuliah tentang menggambar, animasi, dan teori-teori yang berkaitan. Nantinya, dirimu dapat berkarier di bidang pembuatan film maupun game 3 dimensi.

11. Jurusan Ilmu Sejarah

pixabay.com

Jurusan Ilmu Sejarah akan banyak membahas peristiwa-peristiwa masa lampau. Mata kuliah tentang fenomena masa lalu, hikmah, dan kisah-kisah terkait sejarah akan dirimu pelajari. Kondisi tersebut juga bisa dibandingkan dengan keadaan saat ini. Belajar ilmu sejarah memang membuatmu jauh dari rumus-rumus fisika. Namun, masuk ke jurusan ini tetap akan menuntutmu untuk lebih bijak dalam melihat suatu fenomena.

12. Jurusan Kriminologi

pixabay.com

Tertarik dengan kasus-kasus kejahatan dan ingin mencari penyelesaiannya? Bekali dirimu dengan ilmu di Jurusan Kriminologi. dirimu akan belajar banyak hal tentang evaluasi bukti, analisis berbagai macam data, penilaian etis, hingga kemampuan bak detektif. Meskipun tidak belajar fisika, dirimu akan diajarkan penelusuran kasus-kasus hingga mendapatkan solusinya.

Demikian informasi 12 jurusan kuliah yang tidak ada fisika sebagai referensimu sebelum masuk kuliah. Tertarik masuk di salah satu jurusannya? Pahami seleksi masuk yang diterapkan kampus tujuanmu dan belajarlah dengan baik. Persaingan untuk masuk setiap jurusan memiliki tingkat kesulitan berbeda. Semangat dan semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close