12 Jurusan Kuliah Terbaik Buat dirimu yang Ekstrovert dan Introvert

12 Jurusan Kuliah Terbaik Buat dirimu yang Ekstrovert dan Introvert – Memiliki sifat ekstrovert dan sifat introvert memberikan dampak tersendiri dalam kehidupan sehari-hari. Sedikit banyak, interaksimu akan dipengaruhi sifat tersebut. Sangat penting untuk memilih jurusan yang cocok agar tetap nyaman dan bisa berprestasi maksimal.

Jurusan Kuliah untuk Ekstrovert dan Introvert

pixabay.com

Pernah menganalisis diri sendiri, apakah dirimu termasuk orang dengan tipe ekstrovert atau tipe introvert? Cara termudah untuk mengetahui tipemu, dirimu bisa menganalisis caramu mendapatkan energi. Jika dirimu lebih senang berbaur dengan banyak orang dan bisa mendapatkan energi setelah berinteraksi dengan orang lain, dirimu cenderung bertipe ekstrovert. Sebaliknya, jika dirimu lebih senang menyendiri dan mendapatkan energi jika berinteraksi dengan sedikit orang, besar kemungkinan dirimu memiliki tipe introvert.

Mana yang lebih baik, ekstrovert ataukah introvert? keduanya sama-sama baik karena memiliki kekurangan dan kelebihan. Jika dirimu meminta seorang introvert berada di lingkungan ramai, energinya akan terkuras dan dia akan merasa tidak nyaman. Begitu pula jika dirimu meminta ekstrovert berdiam diri dalam waktu lama, dia akan mengalami kelelahan. Tapi hal tersebut bukanlah hal yang akan mengganggu jika masing-masing bisa mengatasinya.

Perlu dirimu ketahui bahwa ekstrovert maupun ekstrovert tetap bisa melakukan aktivitas yang bertolak belakang dengan cara mereka mendapatkan energi. Namun, mereka akan membutuhkan waktu untuk mengisi energi kembali setelah melakukan aktivitas yang dirasa tidak nyaman tersebut.

Peluang studi yang sukses tentu bisa didapatkan para ekstrovert dan introvert. Seringkali sifat ini dijadikan dasar ketika memilih jurusan kuliah. Para ekstrovert akan merasa bahagia jika berkuliah di jurusan yang memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan banyak orang dan terjun langsung di lapangan. Untuk introvert, jurusan yang memberikan banyak ruang sendiri akan membuat potensi introvert semakin terlihat. Jika dirimu ingin memilih jurusan berdasarkan tipe esktrovert dan introvert, berikut referensinya.

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Ekstrovert

Sebagai seorang ekstrovert, dirimu akan mendapatkan energi dari kegiatan yang berkaitan dengan banyak orang. Kegiatan interaksi sosial adalah hal yang membuat ekstrovert bahagia. Ekstrovert juga senang mengutarakan pendapat tanpa malu-malu. Inilah yang membuat ekstrovert terlihat aktif secara sosial dan memiliki banyak teman. Dalam kehidupan sehari-hari, ekstrovert mudah beradaptasi dan menerima perubahan. Dengan alasan tersebut, jurusan kuliah yang bisa dipilih introvert antara lain.

1. Jurusan Hukum

pixabay.com

Mahasiswa Jurusan Hukum diharapkan mampu menjadi ahli di bidang hukum. Tentu bidang ini berkaitan dengan penyelesaian kasus-kasus dan interaksi dengan banyak orang di lapangan. Dengan kemampuan bernegosiasi, kemampuan analisis, dan kemampuan berinteraksi di depan umum, dirimu bisa sukses berkarir di bidang hukum.

2. Jurusan Pendidikan

pixabay.com

Berkuliah di Jurusan Pendidikan, seperti pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), hingga pendidikan di sekolah menengah pastinya membutuhkan interaksi langsung. Ketika berada di dalam kelas, mahasiswa dituntut aktif dan melakukan praktik pengajaran. Saat kuliah praktik di lapangan pun mahasiswa akan langsung berhadapan dengan banyak siswa siswi di sekolah. Jika dirimu adalah seorang ekstrovert, aktivitas ini akan terasa menyenangkan, apalagi dirimu bisa bertemu banyak orang dan mempelajari karakter mereka.

3. Jurusan Komunikasi

pixabay.com

Seorang ekstrovert yang ingin terjun di bidang media bisa memilih Jurusan Komunikasi. Ada banyak jenis karier setelah lulus nanti, seperti menjadi penulis naskah, jurnalis, kameramen, reporter, dan masih banyak lagi. Jurusan ini sangat berkaitan dengan komunikasi dan interaksi dengan banyak orang. Tapi, bagi seorang ekstrovert interaksi tersebut adalah tantangan yang bisa membuat mereka semakin belajar.

4. Jurusan Pariwisata

pixabay.com

Hobi jalan-jalan dan mempelajari budaya baru dapat menjadi alasanmu untuk memilih Jurusan Pariwisata. Berbagai macam hal terkait pariwisata dipelajari di jurusan ini. Bahkan, dirimu akan diajak mencari tahu tentang manajamen destinasi wisata, tur dan travel, perhotelan, dan masih banyak lagi. Ketika memberikan pelayanan dan yang berkualitas, dirimu akan dituntut mampu berinteraksi serta cepat beradaptasi dengan lingkungan. Oleh karena itu, ekstrovert sangat cocok berkuliah di jurusan ini.

5. Jurusan Hubungan Internasional

pixabay.com

Ingin menjadi seorang diplomat atau berkontribusi di ranah internasional? Pilihan Jurusan Hubungan Internasional terbuka lebar untukmu. Seorang ekstrovert yang memiliki kemampuan berbicara di depan umum dan percaya diri yang tinggi sangat cocok berkuliah di jurusan ini. Selama menempuh studi, dirimu akan diajarkan cara menghadapi isu dunia, masalah global, kemiskinan, dan hal terkait dunia internasional lainnya. Secara tidak langsung, kemampuan bahasa asing, berpikir kritis, analisis, negosiasi, dan problem solving akan semakin terasah. Pengalaman merasakan atmosfer internasional pun bisa dirimu dapatkan.

6. Jurusan Kedokteran

pixabay.com

Interaksi antara dokter dengan pasien tentunya membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik dan kepercayaan diri yang tinggi. Tidak mengherankan jika Jurusan Kedokteran banyak dipilih oleh para ekstrovert. Untuk bisa menjadi seorang dokter yang hebat, dirimu tidak hanya dituntut pandai berkomunikasi saja, tetapi juga pandai menguasai materi. Di Indonesia, Jurusan Kedokteran termasuk salah satu jurusan favorit dengan passing grade tinggi.

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Introvert

Sifat-sifat introvert bertolak belakang dengan para ekstrovert. Sebab, introvert lebih senang bertemu dengan sedikit orang atau memang sudah memiliki hubungan personal, sehingga terlihat tidak memiliki banyak teman. Namun, hal ini bukan berarti bahwa introvert sulit bersosialisasi. Introvert lebih banyak mendengarkan dan bisa berpikir berkali-kali sebelum mengutarakan pendapatnya. Kemampuan adaptasi dan penerimaan terhadap perubahan introvert tidak terlalu baik. Mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri. Jurusan kuliah yang cocok untuk introvert antara lain.

1. Jurusan Arkeologi

pixabay.com

Pilihan Jurusan Arkeologi terbuka lebar bagi para introvert. Selama kuliah, mahasiswa akan belajar tentang budaya manusia dengan menggabungkan aspek sejarah dan aspek geologi. Rasa ketertarikan yang tinggi akan membuatmu sukses belajar di jurusan ini. Di lapangan, dirimu akan mengkaji benda-benda peninggalan purbakala dan usianya. Ada peluang untuk jalan-jalan ke berbagai wilayah di Indonesia untuk belajar lebih banyak tentang arkeologi. Sangat menyenangkan, bukan?

2.Jurusan Teknik Informatika

pixabay.com

Jurusan Teknik Informatika dapat dipilih oleh para introvert. Alasan menyukai dunia komputer pun bisa menjadi motivasi kuat untuk masuk jurusan ini. Dalam proses perkuliahan, mahasiswa tidak akan diminta banyak berinteraksi dengan makhluk hidup. Sebab, sebagian besar waktu akan digunakan untuk memahami mesin, komputer, dan logika matematika.

Berkuliah di Jurusan Teknik Informatika tentunya menjadi tantangan tersendiri. dirimu dituntut fokus menyelesaikan suatu kasus dan memahami akar masalahnya. Jangan heran jika setelah lulus dari jurusan ini dirimu bisa berkarir di bidang teknologi, bahkan dicari oleh banyak perusahaan.

3. Jurusan Akuntansi

pixabay.com

Introvert sangat cocok masuk di Jurusan Akuntansi. Sebab, selama perkuliahan nanti dirimu akan banyak berhubungan dengan soal-soal hitungan dan angka. Jurusan Akuntansi membutuhkan fokus tinggi dan ketelitian, sehingga para introvert bisa memaksimalkan kemampuan mereka di sini. Selain itu, sikap introvert yang disiplin pun bisa menunjang kegiatan perkuliahan. Hal yang akan dipelajari di Jurusan Akuntansi diantaranya tentang laporan keuangan, dokumen keuangan, proses auditing, dan sebagainya. Hasil analisis yang tepat dari para akuntan selanjutnya akan digunakan oleh manajer, pengambil kebijakan, hingga pimpinan untuk mengambil keputusan.

4. Jurusan Sastra

pixabay.com

Sebagian besar introvert akan nyaman berada di Jurusan Sastra. Jurusan ini seakan membebaskan para introvert untuk berkreasi tanpa memberikan banyak tekanan. Di Jurusan Sastra, dirimu bisa belajar tentang Sastra Inggris, Sastra Jerman, Sastra Jawa, Sastra Prancis, dan sastra dari negara lainnya. Ada banyak kegiatan penulisan yang akan dirimu jalani, sehingga peluang karier sebagai penulis pun terbuka lebar. Jika melamar di perusahaan, bidang yang dirimu geluti pun nantinya akan berkaitan dengan dunia sastra.

5. Jurusan Sains

pixabay.com

Ingin menjadi seorang saintis? Introvert bisa mencoba peluang masuk Jurusan Sains atau jurusan yang aktivitas perkuliahannya erat dengan eksperimen. Seorang saintis bisa menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan seharian penuh di dalam laboratorium untuk melakukan percobaan. Bagi introvert, hal tersebut bukanlah masalah besar karena interaksi di dalam laboratorium biasanya sangat minim. Kebahagiaan seorang introvert yang menjadi saintis adalah ketika mendapatkan keberhasilan dari percobaan yang dilakukannya. Berkuliah di Jurusan Sains juga mengharuskan mahasiswa untuk membaca banyak literatur buku yang menurut ekstrovert seringkali membosankan.

6. Jurusan Desain Grafis

pixabay.com

Berkuliah di Jurusan Desain Grafis akan membuat para introvert bahagia. Asah dan kembangkan bakatmu di bidang seni, seperti teknik melukis, penguasaan program grafis, dan skill lainnya. Sebagian besar materi di Jurusan Desain Grafis berkaitan dengan menggambar atau menghasilkan karya lainnya. Tentunya aktivitas ini tidak membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain. Namun, ketika bekerja nanti dirimu tetap perlu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan klien.

Sudah membaca artikel 12 jurusan kuliah terbaik buat dirimu yang ekstrovert dan introvert? Pada akhirnya, penentu keberhasilanmu di bangku kuliah bukanlah pemilihan jurusan berdasarkan ekstrovert atau introvert. Selagi dirimu mau belajar dan beradaptasi dengan lingkungan kuliah, di mana pun dirimu berada, dirimu pasti akan sukses. Pastikan untuk memilih jurusan kuliah yang membuatmu nyaman ketika belajar, apalagi sebagian besar waktumu akan dihabiskan untuk mempelajari materi kuliah sesuai pilihan jurusanmu. Semangat!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close