12 Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit SBMPTN 2019

12 Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit SBMPTN 2019 – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2020 telah dibuka. Jika dirimu memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia (UI), tentunya dirimu juga harus memikirkan akan mengambil jurusan apa nantinya. Sebelum dirimu memutuskan untuk memilih suatu jurusan pastikan dirimu sudah mengetahui daya tampung jurusan tersebut pada tahun ini, dan peminatnya pada tahun lalu. Nah, di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan info terkait jurusan di UI yang peminatnya sedikit pada SBMPTN 2019 lalu yang bisa menjadi referensi dirimu.

Deretan Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit SBMPTN

Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit
unsplash.com

Sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, daya tarik UI memang sudah tak perlu diragukan lagi. Tiap tahunnya lebih dari ratusan ribu calon mahasiswa yang bersaing untuk memperebutkan kursi di kampus yang berlokasi di Depok ini. Daya tarik UI menjadi terlihat lebih jelas ketika kita melihat jumlah peminat jurusan yang ada di UI.

Perlu diketahui bahwa tidak semua jurusan di UI memiliki peminat yang banyak. Memilih jurusan yang peminatnya sedikit belum tentu pilihan yang buruk bukan? Memilih jurusan-jurusan yang sepi peminat akan membuat dirimu memiliki peluang untuk lolos, mengingat persaingan masuknya tidak seketat jurusan-jurusan favorit. Nah di bawah ini ada 12 jurusan di UI yang peminatnya sedikit pada SBMPTN 2019.

Kelompok Saintek

1. Matematika

unsplash.com

Matemika umumnya akan memfokuskan mahasiswa utnuk mempelajari berbagai teori matematika secara mendalam, seperti geometri, aljabar, hingga matematika diskrit. Buat dirimu yang senang berkutat dengan angka-angka, rasanya memilih jurusan Matematika bukanlah keputusan yang buruk. Ilmu Matematika sejatinya sangat aplikatif, sehingga ada banyak peluang karier bagi lulusannya.

2. Teknik Metalurgi & Material

unsplash.com

Teknik Metalurgi dan Material adalah ilmu yang mempelajari mengenai karakteristik, cara pengolahan, dan rekayasa logam dan material yang ada di sekitar kita. Selain itu, Teknik Metalurgi dan Material juga memfokuskan mahasiswa untuk mengembangkan dan meningkatkan karakteristik dari material. Sejalan dengan pengetahuan tentang perilaku dari sifat-sifat material seperti kekuatan, ketangguhan, kekerasan, optik, ketahahanan korosi, dan lain-lain. Lulusan Teknik Metalurgi & Material dapat bekerja di berbagai sektor baik swasta maupun pemerintahan seperti industri otomotif, manufaktur, alat berat, tambang serta minyak dan gas, dan lain lain baik di dalam maupun di luar negeri.

3. Teknik Perkapalan

unsplash.com

Teknik Perkapalan adalah suatu disiplin ilmu keteknikan atau rekayasa yang mempelajari sistem kapal atau bangunan apung yang menyangkut perencanaan dan pembangunannya. Namun, bisa juga mempelajari perencanaan operasi kapal dan manajemen kepelabuhanan tergantung keprofesiannya. Begitu banyak prospek lulusan Teknik Perkapalan, tetapi pilihan mau menjadi apa tetap kembali lagi kepada pribadi masing-masing. Semua tergantung passion dan keinginan masing-masing.

4. Teknik Kimia

unsplash.com

Teknik Kimia adalah jurusan ilmu teknik yang mempelajari bagaimana cara memproses bahan baku atau bahan mentah menjadi sebuah produk komersil dengan memanfaatkan proses-proses kimia. Di luar negeri jurusan ini dikenal sebagai Chemical Engineering. Jurusan Teknik Kimia bisa dibilang sebagai perpaduan dari jurusan Teknik Industri dan Jurusan Kimia. Jika jurusan Teknik Industri mempelajari cara pengelolaan pabrik secara keseluruhan, maka jurusan Teknik Kimia lebih fokus ke proses pengolahan bahan baku di dalam pabrik tersebut.

5. Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan adalah ilmu yang mempelajari berbagai permasalahan lingkungan dan solusinya seperti konservasi sumber daya air, pengelolaan lingkungan, pengendalian pencemaran akibat limbah dan lainnya. Selain itu, dirimu juga belajar gimana cara mencegah munculnya permasalahan lingkungan di masa depan. Mahasiswa jurusan ini nantinya juga akan diarahkan untuk bisa menyelesaikan masalah lingkungan, mempermudah kerja manusia dan meminimalisir human error. Lulusan Teknik Lingkungan memiliki banyak sekali peluang karier yang menjanjikan.

6. Aktuaria

unsplash.com

Aktuaria merupakan bidang ilmu matematika yang juga sering disebut sebagai Matematika Asuransi. Jurusan Aktuaria berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Ilmu Aktuaria sendiri adalah ilmu tentang asuransi alias pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Di jurusan Aktuaria, dirimu akan mendapatkan mata kuliah-mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer.

Kelompok Soshum

7. Sastra Indonesia

unsplash.com

Sastra Indonesia merupakan bidang ilmu yang mempelajari puisi, prosa, cerita, novel, naskah, dan karya sastra lainnya dalam bahasa Indonesia. dirimu akan melakukan berbagai kajian untuk mengetahui latar belakang dari ide dan karya seniman. Ada pula bibliografis yang mempelajari tentang penampilan dan formasi buku. Selain itu, dirimu juga akan belajar penulisan kreatif dan penyuntingan.

8. Sastra Rusia

unsplash.com

Sastra Rusia memang tidak terlalu dikenal di masyarakat, mungkin karena hanya dua perguruan tinggi negeri yang membuka program studi ini. Salah satunya saja Universitas Indonesia. Selain Bahasa Rusia, mahasiswa jurusan ini juga akan diperkenalkan kebudayaan Rusia. Selain itu, mahasiswa juga diajarin sejarah Rusia yang mencakup politik, militer, iptek dari zaman Rusia kuno sampai sekarang.

9. Sastra Jerman

unsplash.com

Sastra Jerman adalah sebuah program studi di bidang bahasa dan sastra yang memiliki subjek utama bahasa, kebudayaan, serta kesusasteraan Jerman. Setiap mahasiswa baru jurusan Sastra Jerman akan memiliki kesempatan untuk mempelajari bahasa Jerman itu sendiri dari nol. Para mahasiswa semester satu akan banyak berlatih membaca, menulis, mendengarkan, serta berbicara dalam bahasa Jerman. Ke depannya, mahasiswa Sastra Jerman akan mengupas lebih dalam ilmu linguistik, ilmu sastra, serta ilmu penerjemahan bahasa Jerman.

10. Sastra Arab

unsplash.com

Sastra Arab merupakan bidang ilmu yang membekali mahasiswa dengan keterampilan berbicara, menulis, dan mendengarkan dengan bahasa Arab. dirimu juga akan mempelajari sastra, bahasa, maupun kebudayaan Arab secara mendalam. Selain itu, tata bahasa (Nahwu dan Sharaf), terjemahan, kajian terhadap karya sastra (manuskrip, puisi, prosa, syair Arab) kaligrafi, diplomasi, bahkan jurnalistik juga akan dirimu pelajari. Alumni jurusan Sastra Arab memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan, khususnya di bidang penulisan dan pengajaran.

11. Ilmu Ekonomi Islam

unsplash.com

Sama halnya dengan program studi Ekonomi, jurusan Ilmu Ekonomi Islam mempelajari ilmu dan teori ekonomi mikro dan ekonomi makro, namun dari perspektif Islam. Perspektif islam yang dimaksud ialah segala aspek dalam kegiatan perekonomian seperti aturan jual-beli, sewa-menyewa, hutang-piutang, simpan-pinjam, dan bagi hasil yang telah diatur dalam hukum Islam. Sejumlah mata kuliah yang akan dirimu pelajari antara lain Filosofi Ekonomi Syariah, Prinsip Dasar Hukum Islam, Akuntansi Syariah, Makro Ekonomi Syariah, Mikro Ekonomi Syariah, Manajemen Produk Halal, Ekonomi Zakat, Infaq, Shadaqoh dan Wakaf, lalu banyak lagi lainnya.

12. Ilmu Administrasi Fisikal

unsplash.com

Administrasi Fiskal adalah studi pengelolaan transaksi keuangan dan anggaran yang masuk dan keluar untuk institusi publik, pemerintah, institusi pendidikan, dan entitas terkait lainnya. Administrasi fiskal khususnya berkaitan dengan penganggaran, pajak, alokasi, dan akuntansi untuk perusahaan publik. Semua yang mampu mempengaruhi ekonomi makro suatu negara.

Oke, barusan Mamikos sudah bagikan info terkait 12 jurusan di UI yang peminatnya sedikit pada SBMPTN 2019. Kira-kira dari 12 jurusan di atas, jurusan mana nih yang cukup menarik minat dirimu? Jika dirimu ingin mengikuti SBMPTN UI, segera tentukan jurusan yang dirimu inginkan dan daftarkan diri dirimu segera. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya terkait dengan UI, dirimu bisa temukan infonya di situs Mamikos.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close