12 Cara Menumbuhkan Semangat Mengerjakan Skripsi Agar Cepat Selesai

12 Cara Menumbuhkan Semangat Mengerjakan Skripsi Agar Cepat Selesai – Skripsi merupakan problematika yang selalu dirasakan oleh mahasiswa tingkat akhir. Berbagai cerita lucu dan menarik sering terdengar. Perjuangan mahasiswa tingkat akhir tak pernah lepas dari kegalauan dalam mengerjakan skripsi. Harapannya sih ingin cepat lulus tepat waktu, tapi kenyataannya banyak yang melenceng dari target bahkan ada yang sampai DO gara-gara tak menyelesaikan tugas hingga selesai. Meraih gelar sarjana adalah dambaan semua mahasiswa, namun untuk meraih gelar bukan perkara yang mudah. Selain fokus kepada ujian tengah semester dan ujian akhir semester, di akhir semester perkuliahanmu harus berkutat dengan skripsi sebagai syarat kelulusan.

Menghadapi semester akhir, mata kuliah yang diampu akan semakin berkurang. Namun bukan berarti bebanmu semakin berkurang. Justru akan lebih meningkat karena harus ada satu tugas yang wajib diselesaikan sebagai salah satu syarat mendapatkan gelar sarjana. Tak sedikit mahasiswa yang menganggap bahwa cara ini adalah yang paling berat untuk dijalani. Padahal dalam kenyataannya tidak semua berat kok, justru akan lebih asik jika dirimu menikmatinya dengan santai dan menjalaninya sesuai jadwal yang ditentukan. Jika dirimu menguasai materi dan memiliki target penelitan yang tepat, semua yang dianggap berat akan terasa ringan dan dirimu dapat menyelesaikan skripsi hanya dengan waktu singkat.

Tidak dipungkiri memang, untuk mengerjakan skripsi rasanya lebih berat dibanding melihat mantan menikah (cielah). Rasa malas yang tiba-tiba datang tak diundang menjadi penghalang proses penelitian tugas akhir. Untuk menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi agar cepat selesai, dirimu perlu mengikuti tips berikut ini. Namun sebelumnya perlu dipahami bahwa ada hal yang harus dirimu hindari yang menghambat proses pengerjaan tugas ahir ini, di antaranya:

  • Malas
  • Tidak memiliki pandangan untuk melakukan penelitian
  • Tidak memiliki rencana yang matang
  • Mood yang jelek
  • Terlalu pasif
  • Dosen pembimbing yang sulit ditemui
  • Terlalu sibuk dengan urusan pribadi atau organisasi
  • Menunda waktu pengerjaan
  • Kurangnya sumber penelitian
  • Terpengaruh oleh teman
  • Sibuk dengan pekerjaan bagi yang sudah bekerja

Hal-hal tersebut di atas sering terjadi pada mahasiswa tingkat akhir sehingga harapan untuk menyelesaikan skripsi tepat waktu hanya sebatas wacana. Beredar informasi bahwa sepintar apapun mahasiswa jika malas mengerjakan skripsi maka tidak akan mampu lulus dalam waktu cepat. Bahkan tak jarang ada mahasiswa yang sudah setengah jalan mengerjakan skripsi namun banyak revisi yang tak henti-henti akhirnya muncul rasa malas dan membuat ia tak menyelesaikan tugas akhirnya hingga selesai. Oleh sebab itu perlu adanya cara untuk mendukung dirimu dalam menyelesaikan tugas akhir, salah satunya adalah menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi. Bagaimana cara menumbuhkan semangat tersebut? Simak ulasan berikut :

1. Buat Janji

Ketika mulai mengerjakan skripsi, tentu dirimu membtuuhkan dukungan dari orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, kerabat ataupun pasanganmu. Supaya semangatmu terpacu setiap hari, maka buatlah janji kepada mereka bahwa dirimu akan lulus tepat waktu bahkan kurang dari prediksi penyeleisaian skripsi misalnya hanya 2 atau 3 bulan saja. Dengan janji inilah akan tumbuh rasa tanggungjawab dalam diri dan membutktikan kepada mereka bahwa dirimu akan segera lulus.

2. Memilih tempat yang nyaman

Kondisi lingkungan sangat berpengaruh terhadap proses pengerjaan skripsi. Pilihlan tempat yang paling nyaman menurutmu sehingga lebih bersemangat untuk menyelesaikan tugas akhir. Berganti-ganti tempat sangat dianjurkan untuk menghindari rasa bosa dengan suasana yang dirimu rasakan. Misalnya di kamar kemudian berganti ke perpustakaan, cafe yang cozy untuk mengerjakan skripsi dan lain-lain. Selain menikmati suasana yang baru dirimu pun akan bertemu dengan orang baru yang mungkin bernasib sama.

3. Datang ke wisuda teman

Kegiatan ini bukan untuk memanas-manasi dirimu yang masih proses untuk menyandang gelar sarjana, justru untuk memotivasi diri dan menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi dengan menghadiri acara wisuda teman. Dengan demikian dirimu akan terpacu untuk lebih giat dalam menyelesaikan penelitian tugas akhir kemudian menyusul untuk wisuda. dirimu tentu ikut bahagia dan ingin cepat mengenakan toga seperti temanmu.

4. Lihat foto wisuda teman

Jika tidak ada kesempatan untuk datang ke wisuda temanmu, masih ada cara kok untuk menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi dengan melihat foto wisuda teman. Perasaan untuk memacu semangat akan tumbuh dengan melihat teman yang sudah sukses menyandang gelar sarjana. dirimu kapan? setidaknya ada perasaan menggebu-gebu ingin segera seperti mereka mengenakan toga, berfoto dengan keluarga atau pasangan.

5. Banyak berkumpul dengan pejuang skripsi

Hey, pejuang skripsi bukan dirimu saja lho. Berkumpulah dengan orang yang senasib sama sehingga pekerjaan menjadi lebih ringan. Bukan sekedar diskusi mengenai topik skripsi tapi dapat saling mengingkatkan ketika ada teman yang mulai malas mengerjakan tugas akhir tersebut. Selain itu solusi bisa dirimu dapatkan ketika berkumpul bersama mereka yang sama-sama sedang menghadapi kesulitan skripsi.

6. Buatlah deadline

Sob, membuat target itu sangat penting. Dibutuhkan rencana yang sangat detail, apa yang harus dirimu lakukan hari ini. usahakan setiap hari ada target yang dicapai minimal pengerjaan skripsi 3-4 jam. Meskipun hal kecil, yang penting ada progress yang dilakukan. Buatlah to do list supaya lebih terarah dan tidak banyak membuang waktu.

7. Jangan terlalu idealis

Untuk membuat judul skripsi saja terkadang mahasiswa bimbang. Sebenarnya judul dari skripsi itu banyak, namun selalu saja dibuat sulit bahkan hingga memakan waktu berbulan-bulan hanya untuk menentukan judul. Cara lain untuk menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi adalah memulai dengan memutuskan judul serta tema yang sesuai dengan kemampuanmu saat ini. Misalnya, dirimu lebih memahami mata kuliah analisis, carilah judul yang berkaitan dengan langkah-langkah menganalisis sebuah sistem, produk atau apa saja yang sesuai. Hindari untuk menggunakan judul rumit yang belum tentu dirimu dapat menyelesaikannya sendiri.

8. Kurangi bermain

Hal ini selalu terjadi pada mahasiswa tingkat akhir. Mereka menganggap bahwa jadwal perkuliahan semakin minim sehingga waktu luang untuk bermain menjadi lebih banyak. Refreshing penting untuk menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi, tapi gak usah kebablasan karena dirimu masih memiliki tanggungjawab untuk menyelesaikan tugas akhir di semester penentumu ini. Kendalikan kebiasaan nongkrong atau hangout yang kurang jelas jika akan menyita waktu berhargamu.

9. Ingat kedua orang tua

Untuk menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi yang ampuh berikutnya adalah mengingat orang tua. Ingat, biaya pendidikan tidaklah murah dan dirimu harus tahu perjuangan bapak serta ibumu dalam mencari nafkah untuk membayar kuliahmu dan harapan mereka untuk anaknya menjadi seorang sarjana. Ketika dirimu merasa terpuruk, down atau malas ingkatlah perjuangan bmereka. Doa mereka pun tidak akan ada hentinya untuk kesuksesan seorang anak maka dirimu pun jangan sampai malas dan putus asa dalam menggapai sebuah harapan saat ini.

10. Melihat teman yang sudah bekerja

Ketika temanmu sudah bisa mengasilkan uang sendiri, dirimu masih berkutat dengan lembaran-lembaran skripsi? Ketika gelar sarjana sudah ditangan, pilihan selanjutnya adalah mencari pekerjaan atau melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi. Temanmu sekarang sudah diterima di perusahaan ternama lho, jangan sampai dirimu ketinggalan hanya karena malas menyelesaikan tugas akhir ini. Cara ini dapat menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi apalagi mendengar gaji teman yang fantastic, siapa sih yang gak pingin?

11. Perusahaan yang melihat kredibilitas dirimu

Terjun ke dunia kerja, dirimu akan melihat dan merasakan secara nyata bahwa kriteria setiap perusahaan tentu berbeda. Tidak semua perusahaan mau menerima mahasiswa yang kuliahnya lama tanpa alasan yang kuat dibaliknya. Dilihat dari berkas administrasimu perusahaan yang memiliki standar kualitas tinggi tentu bertanya dong kenapa dirimu lulusnya lama? Jika alasannya adalah malas mengerjakan skripsi, siap-siap saja dicoret langsung dari daftar pelamar. Karenanya beri semangat diri untuk dapat segera menyelesaikan tugas akhir dalam waktu cepat.

12. Beasiswa

Ada banyak mahasiswa calon sarjana yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi karena ada kesempatan beasiswa. Tapi ingat, tidak semua beasiswa yang dirimu inginkan setiap tahun tersedia. Belum tentu lho tahun depan beasiswa yang dirimu incar masih ada. Oleh karena itu segeralah lulus dan selesaikan skripsi sebaik mungkin. Hal ini dapat memacu dan menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi.

Itulah 12 cara menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi yang bisa dirimu coba sebagai mahasiswa semeseter akhir. Bila perlu buatlah tulisan ini dikamarmu atau kamar kostmu agar selalu ingat apa yang kami rekomendasikan untuk semua mahasiswa para pejuang skripsi. Semangat sob!!!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close