11 Universitas yang Ada Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

11 universitas yang ada Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota – Jurusan Teknik Planologi atau Jurusan Perenacanaan Wilayah dan Kota ditawarkan banyak universitas di Indonesia. Di jurusan ini, anda akan belajar tentang perencanaan kota beserta wilayahnya dengan berbagai pertimbangan, hingga mempelajari kebijakan-kebijakan terkait.

Universitas yang Memiliki Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

pixabay.com

Pernah bercita-cita menjadi seorang perencana di suatu wilayah? Misalnya membuat inovasi di sebuah kota atau menjadikan kota-kota di luar negeri sebagai referensi untuk membangun wilayah sendiri. Ketertarikanmu di bidang penataan wilayah kota bisa menjadi motivasi untuk masuk Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. Agar sukses di jurusan ini, anda perlu memiliki kemampuan dasar, seperti kemampuan analisis, observasi, penyelesaian masalah, berpikir rasional dan terstruktur, serta kemampuan komunikasi.

Dunia perkuliahan di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota sangat menarik. Selama menempuh studi, anda tidak hanya belajar tentang perencanaan saja, tetapi juga kependudukan, analisis lokasi dan pola ruang, morfologi kota, pengembangan lahan, perumahan dan pemukiman, serta pengembangan lahan. Masih ada materi yang menarik karena anda juga akan belajar perencanaan transportasi yang dianggap sebagai materi kuliah favorit. Agar bisa menjadi seorang perencana wilayah dan kota yang baik, anda pun akan mempelajari hukum serta administrasi perencanaan. Sangat menarik, bukan?

Jika ingin berkuliah di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, terdapat berbagai macam universitas di Indonesia yang sudah menawarkan jurusan ini. Alumni kampusnya pun sudah menghasilkan berbagai macam karya hingga mengharumkan nama Indonesia. Sebagai referensi, berikut ini adalah kampus di Indonesia dengan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota.

1. Universitas Brawijaya (UB)

pwk.ub.ac.id

Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota di Universitas Brawijaya terdapat di Fakultas Teknik. Jurusan ini sudah berdiri sejak tahun 1998 dan menjadi salah satu program studi tentang perencanaan yang paling bagus di Indonesia. Selain bisa mengambil program untuk jenjang S1, anda juga bisa meneruskan studi hingga jenjang Magister Perencanaan Wilayah dan Kota di UB.

Selama menempuh studi, mahasiswa juga akan menjalani praktik di Laboratorium Infrastruktur, Lingkungan, dan Sistem Informasi (EIIS). Ada pula Laboratorium Pengembangan Wilayah dan Kebijakan Publik (RDPP) serta Laboratorium Perencanaan dan Perancangan Kota yang mendukung kegiatan studi. Mata kuliah yang ditawarkan di jurusan ini pun tidak hanya mata kuliah wajib saja, tetapi juga mata kuliah pilihan yang bisa anda pilih sesuai minat dan passion.

2. Universitas Cendrawasih (UNCEN)

pojoksatu.id

Universitas Cendrawasih terletak di Jalan Raya Abepura – Sentani, Kota Baru, Abepura, Kota Jayapura, Papua 99351. Kampus ini menawarkan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota yang terdapat di Fakultas Teknik. Misi kampus UNCEN adalah menghasilkan lulusan unggul serta memiliki daya saing. Harapannya, lulusan kampus ini bisa berkontribusi secara keilmuan untuk membangun wilayah sesuai karakteristik wilayah Papua. Lulusannya pun mampu menjadi aktor hingga manajer di bidang pembangunan, baik di tingkat regional maupun nasional.

Ingin belajar lebih banyak tentang Perencanaan Wilayah dan Kota? Adanya Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Cendrawasih yang sudah berdiri sejak tahun 2015 bisa menjadi pilihan. Jadi, anda bisa meneruskan studi di kampus ini apabila masih ingin terus belajar.

3. Universitas Diponegoro (UNDIP)

wikipedia.org

Universitas Diponegoro (UNDIP) memiliki Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota sejak tahun 1992. Peminat jurusan PWK di UNDIP cukup banyak, apalagi jurusan ini sudah menyandang akreditasi A dan menghasilkan lulusan yang berkarier di berbagai bidang. Diperlukan waktu kurang lebih 4,5 tahun untuk bisa lulus dari Jurusan PWK UNDIP. Setelah menyelesaikan jenjang sarjana, anda juga bisa meneruskan studi di jurusan yang sama pada Program Magister.

Kegiatan perkuliahan di UNDIP Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota sudah didukung dosen berkualitas dan laboratorium berfasilitas lengkap. Terdapat Laboratorium Pengembangan Kota, Laboratorium Perancangan Fisik Ruang Kota dan Wilayah, Laboratorium Geomatik dan Komputasi Perencanaan, Laboratorium Pengembangan Wilayah dan Pengembangan Lingkungan, hingga Laboratorium Lapangan. Kurikulum Jurusan PWK yang aplikatif pun membuat mahasiswanya bisa langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

mpwk.ugm.ac.id

Salah satu kampus terbaik di Indonesia, UGM, memiliki Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). Jurusan ini terdapat di bawah Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan. Selama berkuliah, anda akan belajar tentang kondisi spasial serta perencanaannya untuk kepentingan di masa depan. Terdapat 130 mata kuliah wajib dan 7 mata kuliah pilihan yang dapat anda pilih. Setelah lulus, gelar yang akan diperoleh mahasiswa pada program S1 adalah S.PWK.

Peluang karier lulusan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) UGM terbuka luas. anda bisa berkarier di lembaga pemerintahan, menajdi perencana konsultan, pengembang properti, maupun bekerja di lembaga non-pemerintah. Lulusan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota juga bisa menjadi anggita Ikatan Ahli Perencana (IAP) yang tentunya memberikan lingkungan kondusif agar terus belajar bersama para ahli.

5. Universitas Islam Bandung (UNISBA)

elearning.unisba.ac.id

Universitas Islam Bandung (UNISBA) memiliki Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Terdapat hal yang membedakan jurusan ini dengan kampus-kampus lainnya. Sebab, letak dan lokasi yang dipelajari ketika akan mengembangkan suatu wilayah juga melihat perspektif dari nilai Agama Islam dan kekhasan budaya Indonesia. Materi perkuliahannya pun memadukan antara agama, sosial-bidaya, perencanaan terpadu, perencanaan transportasi, serta infrastruktur. Nantinya, lulusan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota UNISBA dapat berkarier sebagai PNS atau di LSM.

6. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

uin-alauddin.ac.id

Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota di UIN Alauddin Makassar terdapat di Fakultas Sains dan Teknologi. Jurusan ini sudah ada sejak tahun 2006 dan menghasilkan lulusan serta alumni yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan, setiap tahunnya peminat jurusan ini senantiasa meningkat. Visi jurusan ini adalah menjadi wadah pengembangan ilmu perencanaan wilayah dan kota yang unggul. Selain itu, diharapkan pula lahirnya lulusan yang menjiwai Al Quran dan hadis. Selama proses perkuliahan, anda akan mendapati materi kuliahnya mengintegrasikan ilmu perencanaan wilayah dan kota dengan Al Quran serta hadis.

7. Universitas Pasundan

mpm.unpas.ac.id

Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota bisa anda dapatkan di Universitas Pasundan yang berlokasi di Bandung. Jurusan dengan akreditasi B ini sudah berdiri sejak tahun 1995. Keuntungan menempuh studi di Universitas Pasundan adalah adanya kerja sama yang dijalin dengan puluhan perusahaan ternama yang akan menunjang karier para lulusannya. Universitas Pasundan juga memiliki kerja sama dengan negara Cina, Korea, serta Australia. Setelah lulus dari kampus ini, anda bisa menjadi seorang ahli perencanaan wilayah dan kota, ahli pembuatan peta wilayah, bahkan arsitek. Adanya mata kuliah yang ditawarkan selain mata kuliah wajib pun dapat membuatmu mengetahui passion hingga prospek karier impian.

8. Universitas Sam Ratulangi

wikimedia.org

Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) di Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara berada di bawah Fakultas Teknik. Kampus ini treletak di Jalan Kampus Unsrat, Bahu. Selama menjalani kegiatan kuliah selama 8 semester, mahasiswa akan belajar tentang tata guna lahan, analisis perencanaan, serta mengikuti kegiatan seminar perencanaan. Kurikulum yang diterapkan di jurusan tersebut pun mendukung kompetensi para mahasiswanya ketika terjun di dunia kerja.

9. Universitas Sebelas Maret

uns.ac.id

anda bisa menemukan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota di Universitas Sebelas Maret (UNS) di Fakultas Teknik. Tahun 2020 jurusan ini sudah mendapatkan akreditasi A. Mahasiswa yang mengambil program sarjana akan menempuh studi selama kurang lebih 8 semester. Lulusan jurusan PWK UNS bisa berkarier di instansi pemerintahan atau sektor swasta, hingga berkarya di LSM.

10. Institut Teknologi Bandung

www.itb.ac.id

Jika anda ingin mengambil Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota di Institut Teknologi Bandung, anda bisa masuk ke Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK). Jurusan ini berkaitan erat dengan jurusan lainnya, mulai dari bidang teknik maupun sosial ekonomi. anda akan mendapatkan materi kuliah tentang geologi lingkungan, hingga ilmu sosial dan politik. Di ITB, jurusan ini didukung oleh empat kelompok keahlian: Perencanaan Wilayah dan Perdesaan, Perencanaan dan Perancangan Kota, Sistem Infrastruktur Wilayah dan Kota, serta Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Kebijakan.

ITB juga menawarkan peluang studi lanjut di jenjang Magister Perencanaan Wilayah dan Kota serta Doktor Perencanaan Wilayah dan Kota. Bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan karier yang lebih luas setelah menamatkan studi di kampus ini. ITB memiliki alumni dengan ciri khas khusus, yaitu cara berpikir runut dan sistematis.

11. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

its.ac.id/pwk/

Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember memiliki Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. Dulunya, jurusan ini berasal dari Laboratorium Perencanaan dan Perancangan Kota Jurusan Arsitektur ITS. Seiring dengan berjalannya waktu, PWK di ITS pun didirikan dan hingga saat ini sudah menyandang akreditasi A. Keuntungan menempuh studi di ITS Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota adalah mata kuliah yang tidak hanya diajarkan dalam bahasa Indonesia, tetapi juga bahasa Inggris.

anda akan belajar materi kependudukan, kondisi sosial penduduk, serta kondisi politik. Materi kuliah disesuaikan pun ditawarkan sesuai minat studi mahasiswa. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota ITS berkolaborasi dengan instansi di Bidang Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah, Bidang Pengembangan Kawasan Wisata, serta Perguruan Tinggi Luar Negeri. Setelah menyelesaikan studi di ITS, anda bisa bekerja di sektor publik, seperti instansi pemerintah, sebagai pengembang, konsultan, hingga bekerja di organisasi kemasyarakatan. Dengan pengalamanmu selama kuliah, anda bisa bersaing dengan lulusan kampus lainnya di jurusan yang sama.

Keuntungan Kuliah di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Motivasimu untuk kuliah di Universitas yang menawarkan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota bisa semakin kuat setelah mengetahui bahwa prospek karier lulusannya sangat luas. Lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan di bidang pembangunan. Jika anda ingin berkontribusi membangun suatu wilayah, jurusan ini bisa mewujudkan mimpi-mimpimu. Selain itu, ada keuntungan lain yang bisa anda dapatkan, diantaranya:

  1. Mendapatkan peluang karier di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah untuk menentukan tata guna lahan, sistem transportasi, hingga membuat aturan terkait aktivitas di dalamnya.
  2. Mendapatkan peluang karier di berbagai instansi, seperti Kementerian Pekerjaan Umum, KP3EI, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Bappenas, dan sebagainya.
  3. Berkarier di bidang rancang bangun, pemetaan, serta konstruksi
  4. Menjadi pebisnis di bidang properti
  5. Menjadi tenaga pendidik (dosen)

Ketertarikanmu di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota bisa menjadi alasanmu menempuh program pascasarjana setelah lulus. Adanya jurusan master hingga doktoral di jurusan terkait pastinya akan menambah pengetahuanmu. Jika ingin meneruskan studi di luar negeri dan mendapatkan sudut pandang baru, ada banyak pilihan kampus di luar negeri yang menawarkan jurusan ini.

Sudah menentukan kampus yang akan dipilih dari 11 universitas yang ada Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota? Luangkanlah waktu untuk mencari tahu jurusan yang benar-benar anda minati agar anda nyaman belajar di sana. Pelajari kurikulum jurusan untuk mengetahui hal-hal yang akan anda pelajari, hingga biaya kuliah di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. Sebab, setiap universitas menerapkan biaya kuliah yang bervariasi. Jangan lupa mencari tempat tinggal dekat kampus bersama aplikasi pencari kost Mamikos yang bisa anda download gratis di ponsel kesayanganmu, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close