11 Tips Agar Tidak Stres dan Gugup Saat Tes UTBK – SBMPTN 2020

11 Tips Agar Tidak Stres dan Gugup Saat Tes UTBK – SBMPTN 2020 – Waktu pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sudah dirilis. Jika dirimu berniat mendaftar jalur tersebut, persiapan yang matang sebelum dan saat mengerjakan UTBK sangat penting dilakukan. Jangan sampai persiapan sebelum UTBK asal-asalan, sehingga dirimu tidak percaya diri ketika tes tiba. Tapi, dirimu juga tidak boleh terlalu serius agar tidak tegang.

Tips Lancar Mengerjakan Tes UTBK – SBMPTN 2020

unsplash.com

Merasa tegang menjelang ujian sebenarnya merupakan hal yang wajar. Peserta UTBK yang sudah belajar banyak materi pun bisa merasa cemas ketika akan mengerjakan soal. Penyebabnya tentu bermacam-macam, mulai dari ketakutan jika tidak lolos, takut tidak bisa menjawab soal, atau minder dengan teman lainnya.

Padahal, ketenangan pikiran saat mengerjakan UTBK adalah salah satu kunci keberhasilan dalam mengerjakan. Apalagi yang dihadapi peserta ujian adalah tes menggunakan komputer. Selain itu, masih ada penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang membuat suasana UTBK terasa semakin menegangkan. Tapi, dirimu tidak perlu khawatir karena Mamikos akan memberikan tips agar dirimu tidak stres ataupun gugup ketika mengerjakan UTBK.

1. Percaya Pada Kemampuan Diri Sendiri

unsplash.com

Hal pertama yang harus dirimu tanamkan pada diri sendiri adalah percaya. Bagaimana mungkin dirimu bisa lancar mengerjakan soal UTBK kalau dirimu saja ragu pada kemampuanmu?

Ketika berhadapan dengan soal UTBK, tanamkan pada dirimu bahwa dirimu mampu menyelesaikan soal tersebut. Mungkin dirimu akan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan teman-teman yang lain, tapi bukan berarti dirimu tidak bisa mengerjakannya. Tidak ada orang yang lahir bodoh di dunia, apalagi manusia diberi kemampuan untuk berusaha agar bisa mencapai tujuan.

Sebelum UTBK tiba, dirimu harus yakin bahwa segala usaha yang dirimu lakukan akan membantumu ketika tes nanti. Tidak mungkin usaha yang sudah dilakukan berakhir sia-sia.

2. Tidak Membandingkan Pekerjaan dengan Orang Lain

unsplash.com

Hindari membandingkan pekerjaanmu dengan orang lain saat UTBK, apalagi berniat untuk mencontek. Usahakan untuk fokus pada pekerjaan sendiri dan tidak melirik pekerjaan teman lainnya di sebelahmu. Hal tersebut hanya akan membuatmu gelisah, apalagi jika ternyata jumlah soal yang mereka kerjakan lebih banyak. Padahal, belum tentu apa yang dikerjakan orang lain jawabannya sudah benar.

Ketika dirimu mengerjakan soal UTBK, usahakan untuk rileks dan tidak tegang. Tarik nafas panjang apabila dirimu menjumpai soal yang dirasa membutuhkan waktu penyelesaian lebih lama. dirimu tidak perlu panik agar tidak melewatkan instruksi penting pada soal UTBK yang sedang dikerjakan. Tetap fokus pada komputer dan pekerjaanmu agar dirimu bisa menyelesaikan soal-soal yang tersisa.

3. Tidak Memforsir Belajar

unsplash.com

Materi Tes Potensi Skolastik (TPS) yang diujikan saat UTBK memang membutuhkan trik khusus untuk mengerjakannya. Diperlukan waktu khusus agar bisa memahami konsep setiap jenis soal TPS UTBK agar semakin terbiasa. Jenis TPS yang diujikan dalam UTBK bermacam-macam. Banyaknya materi tersebut membuat peserta UTBK terkadang langsung ingin menguasainya.

Perlu dirimu ketahui bahwa terkadang memforsir belajar justru memberikan dampak buruk, bahkan memicu stres. Ketika dirimu langsung mempelajari banyak materi dalam satu waktu, dirimu akan kesulitan memetakan materi penting. Carilah waktu khusus yang bisa membuatmu fokus belajar, misalnya tiga jam pada pagi hari, tiga jam pada siang hari, dan tiga jam pada malam hari. Alokasikan waktu satu jam untuk mempelajari konsep penting, kemudian manfaatkan sisa waktunya untuk berlatih soal. Gunakan stopwatch atau penanda waktu agar dirimu bisa mengukur kemampuan.

4. Mengerjakan Soal-Soal Latihan UTBK Secara Kontinyu

unsplash.com

Hanya mempelajari konsep soal yang diujikan saat UTBK tentu tidak akan membantu. Sebab, dirimu perlu banyak latihan agar semakin terbiasa ketika mengerjakan soal. Jika dirimu sudah akrab dengan suatu tipe soal, waktu untuk mengerjakan pun lebih mudah dan dirimu tidak gugup saat UTBK tiba.

Agar belajar semakin menyenangkan, kumpulkan berbagai soal-soal UTBK atau soal yang berkaitan dengan TPS. dirimu bisa membeli buku khusus atau mencari contoh soal di internet. Pahami gaya belajarmu dan cobalah mengerjakan soal latihan UTBK secara kontinyu. Misalnya saja hari ini dirimu mengerjakan 20 soal, esok hari minimal dirimu juga perlu mengerjakan 20 soal. Jangan sampai hari ini sama sekali tidak belajar, tetapi keesokan paginya langsung mengerjakan 100 soal.

5. Tidak Malu Bertanya

unsplash.com

Apabila dirimu menjumpai soal yang membutuhkan waktu lama untuk dijawab, jangan ragu untuk bertanya. Bergabunglah di grup belajar UTBK agar dapat saling membantu dan menyemangati proses belajar. Saat ini sudah banyak grup pembahasan soal TPS UTBK di berbagai sosial media.

dirimu juga bisa mengikuti kursus online materi TPS UTBK agar dibimbing oleh ahlinya. Namun, biasanya kursus tersebut berbayar. Sebenarnya tidak ada salahnya dirimu bertanya pada guru mata pelajaran agar dibantu ketika belajar. Manfaatkan sosial media karena saat pandemi Covid-19 interaksi secara langsung di beberapa tempat masih dibatasi.

6. Menjauhi Orang-Orang yang Memicu Stres

unsplash.com

Sangat penting bagi dirimu untuk tetap berpikir positif sampai hari pelaksanaan UTBK. Jika dirimu tinggal bersama keluarga atau tinggal di kost, periksa kembali lingkunganmu. Mendekati hari tes UTBK hindari orang-orang yang memicu stres. Misalnya saja ada temanmu yang mengeluh tidak fokus belajar karena rumahnya dipakai pesta, sehingga ia terganggu. Bisa juga ada teman yang justru mengajak curhat masalah pacar atau hal-hal galau sampai dirimu harus begadang.

Hal tersebut akan membuat energimu habis dan secara tidak langsung dirimu bisa stres memikirkan masalah orang lain. Padahal, dirimu perlu banyak energi untuk belajar agar berhasil saat UTBK. Agar tidak merusak pertemanan, dirimu bisa menjelaskan bahwa saat itu dirimu sedang ada deadline belajar. Tawarkan bantuan pada teman setelah dirimu menyelesaikan kewajiban. Selagi dirimu belajar, simpan terlebih dahulu masalah atau cerita teman agar tidak mengganggu fokus belajarmu. Jika memungkinkan, dirimu bisa mematikan gadget sementara waktu.

7. Meluangkan Waktu Khusus untuk Olahraga

unsplash.com

Tubuh yang sehat dan tidak menunjukkan gejala Covid-19 adalah hal yang wajib ada saat hari pelaksanaan UTBK. Panitia penyelenggara akan mengecek kondisi para peserta. Jika tidak lolos seleksi screening Covid-19, peserta tidak diizinkan mengikuti UTBK. Agar dirimu tetap sehat, luangkanlah waktu untuk berolahraga. Selama masa pandemi, alternatif olahraga bersepeda atau jalan santai bisa menjadi solusi. Tapi tetap terapkan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan Covid-19 ya.

8. Mengonsumsi Makanan Bergizi

unsplash.com

Jaga pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat. Sebelum UTBK tiba, sebisa mungkin hindari makanan cepat saji ataupun makanan berpengawet. Sebaliknya, dirimu perlu mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah-buahan. Makanan yang sehat berpengaruh pada aktivitas yang akan dirimu jalani. Selain itu, makanan yang terjaga juga akan membuat proses belajarmu lebih baik.

9. Refreshing dan Istirahat Cukup

unsplash.com

Jangan lupa untuk beristirahat setelah belajar materi UTBK. Lakukan tidur siang secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Beraktivitas terus-menerus, seperti belajar dan mengerjakan hal lain tanpa diselingi istirahat akan membuat tubuh kelelahan. Padahal, nantinya saat UTBK tubuh harus dalam kondisi prima.

Jika dirimu merasa bosan belajar, carilah suasana lain, tetapi jangan berhenti. Cobalah belajar di luar rumah, misalnya di taman atau di halaman rumah. Siapkan camilan atau buah-buahan untuk menemani belajarmu. Apabila belum berhasil, ambil jeda belajar dan berkeliling kompleks perumahan bisa menjadi solusi. dirimu dapat berinteraksi dengan orang-orang sekitar, melihat kondisi lingkungan, serta mendapatkan mood yang lebih baik.

Sebenarnya dirimu pun dapat berwisata selama masa new normal dengan menerapkan protokol kesehatan. Tapi, tetap cari waktu dan lokasi yang pas agar aktivitasmu tidak terganggu.

10. Berpikir Positif

unsplash.com

Tanamkan pikiran positif dalam dirimu sebelum menjalani UTBK dan ketika dirimu sedang mengerjakan UTBK nanti. Pikiran positif tersebut misalnya: ‘saya layak mengikuti UTBK karena saya mampu’, atau ‘saya bisa lulus UTBK asalkan berusaha lebih keras’, dan sebagainya. Pikiran positif ibarat bahan bakar yang akan membuatmu terus bersemangat ketika UTBK. Sebaliknya, jika dirimu membayangkan pikiran negatif, tubuh akan merasa lelah dan semangat belajar pun akan hilang.

11. Memperbanyak Doa

unsplash.com

Setelah dirimu melakukan semua tips di atas, pasrahkan semua usaha yang dirimu lakukan pada Tuhan. Berdoalah dengan sungguh-sungguh agar diberi kemudahan ketika mengerjakan soal UTBK. Sebelum berangkat ke lokasi UTBK, mintalah doa restu pada orang tua dan orang-orang terdekatmu.

Demikian informasi 11 tips agar tidak stres dan gugup saat tes UTBK – SBMPTN 2020. Yakinlah bahwa dirimu sudah sampai tahap ini dan akan mampu melewatinya. Mulai saat ini, persiapkan diri sebaik mungkin agar dirimu diberi kesehatan dan kelancaran ketika UTBK tiba.

Terapkan protokol kesehatan yang disyaratkan oleh panitia penyelenggara UTBK, yaitu LTMPT. Lakukan isolasi mandiri setidaknya 14 hari sebelum hari ujian tiba. Nantinya dirimu akan menjalani pemeriksaan sebelum diizinkan masuk ke ruang ujian. Jangan sampai kondisimu tidak sehat dan justru membuatmu tidak boleh mengikuti UTBK. Saatnya dirimu berusaha sebaik mungkin dengan kemampuan yang dirimu miliki. Usaha yang tekun tidak akan membohongi hasil. Semangat!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

 

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close