11 Prospek Kerja Jurusan Kriminologi yang Menjanjikan

11 Prospek Kerja Jurusan Kriminologi yang Menjanjikan — Di kesempatan kali ini Mamikos akan secara khusus membahas tentang prospek kerja jurusan Kriminologi yang menjanjikan dan bisa anda pertimbangkan. Tentunya ada beberapa hal yang perlu untuk anda perhatikan sebelum masuk ke jurusan Kriminologi tersebut.

Oleh karenanya, sebelum Mamikos bahas apa saja prospek kerja jurusan Kriminologi yang menjanjikan tersebut, terlebih dahulu Mamikos akan memberikan sedikit informasi terkait jurusan Kriminologi.

Prospek Kerja Jurusan Kriminologi yang Menjanjikan

Prospek Kerja Jurusan Kriminologi yang Menjanjikan
https://www.pexels.com/

Tentu saja di blog Mamikos ini ada banyak informasi bermanfaat yang bisa anda peroleh. Diantaranya adalah biaya kuliah kriminologi ui, beasiswa jurusan kriminologi, prospek kerja sastra rusia, jurusan detektif, mengapa kriminologi harus dipelajari di fakultas hukum, sampai buku kriminologi terbaik bisa anda temukan di blog Mamikos ini.

Seperti yang sudah Mamikos singgung di prolog tadi, maka sekarang sebaiknya anda simak terlebih dahulu penjelasan mengenai seluk beluk jurusan Kriminologi tersebut.

a. Mengenal Lebih Dekat Ruang Lingkup Jurusan Kriminologi

Kata Kriminologi sebenarnya berasal dari bahasa Latin yang merupakan gabungan crimen dan memiliki arti kejahatan dan logos yang bermakna ilmu. Maka jika dilihat secara umum, kriminologi berarti suatu disiplin ilmu yang mempelajari berbagai aspek tentang kejahatan.

Mempelajari ilmu Kriminologi menandakan anda akan mengulas berbagai hal yang berkenaan dengan penyebab kejahatan. Tentu saja ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi terjadinya suatu kejahatan. Oleh karena itu, saat mempelajari ilmu Kriminologi, anda akan sekaligus mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu-ilmu lainnya.

Ilmu Kriminologi memang erat kaitannya dengan ilmu Sosiologi. Akan tetapi ilmu Kriminologi juga terkoneksi dengan beberapa ilmu lainnya seperti Psikologi, Psikiatri, Ekonomi, Sejarah, Biologi, Geografi, Antropologi, Filsafat, Politik, Hukum, dan bahkan berhubungan juga dengan ilmu Jurnalistik.

Di beberapa kampus yang menyediakan jurusan Kriminologi, anda juga akan menjumpai berbagai pilihan konsentrasi yang menarik lho. Penasaran bukan dengan hal tersebut? Sebut saja Cyber Crime, Kriminologi Jurnalistik, Kejahatan Transnasional, Kepenjaraan, Kriminologi Teoritis, Industrial Sekuriti, hingga Penegakan Hukum.

Mata kuliah sendiri pasti terdengar sangat menantang. Misalnya saja Strategi Pencegahan Kejahatan, Jurnalistik Investigasi, Teror dan Terorisme, Sosiologi Perilaku Menyimpang, Kejahatan Terencana atau Hak Asasi Manusia. Terasa seperti film kriminal keren yang pernah anda tonton bukan.

Dengan informasi tersebut, tentu bisa Mamikos katakan bahwa kegiatan anda nantinya bukan hanya duduk manis belajar di kelas saja. Namun, anda juga akan bertemu hal-hal seru dan menantang. Salah satunya anda bisa saja harus berdiskusi dengan penghuni penjara atau datang ke Tempat Kejadian Perkara. Hmm, bagaimana? Semakin tertarik dengan jurusan satu ini?

b. Dituntut Untuk Memiliki Kemampuan Mumpuni Sebagai Lulusan Kriminologi

Jurusan Kriminologi ini tentu saja cocok sekali untuk anda yang memiliki rasa penasaran yang tinggi, daya ingat kuat, detail oriented person, senang mengamati, serta senang menganalisis sebuah situasi atau keadaan.

Apabila anda memilih untuk masuk dan berkuliah di jurusan Kriminologi, maka kemampuan anda akan secara alami semakin terasah. Nantinya anda juga bisa memiliki kemampuan untuk berpikir secara kritis, menganalisa, membaca statistik, berkomunikasi yang baik, serta pandai meneliti.

Apalagi jika anda gemar menyantap dan tergila-gila pada serial, film, novel bahkan komik dengan genre misteri, pasti jurusan Kriminologi ini jadi semakin membuat anda terpikat. anda pasti tahu Detective Conan? Atau pernah membaca cerita detective karangan Sir Arthur Conan Doyle yakni Sherlock Holmes. Mungkin anda bisa mengikuti jejak mereka dalam memecahkan berbagai kasus yang misterius.

c. Universitas yang Memiliki Jurusan Kriminologi

Jurusan Kriminologi memang masih terbilang langka di Indonesia. Sebab sampai sejauh ini baru ada beberapa saja kampus atau universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan Kriminologi. anda penasaran kampus atau universitas mana sajakah itu?

Berdasarkan penelusuran Mamikos, salah satu pilihan kampus yang bisa anda pertimbangkan adalah Universitas Indonesia (UI). Ya, kampus yang memiliki kualitas jempolan ini memiliki Program Studi Kriminologi lengkap untuk jenjang Sarjana (S1), Magister (S2), hingga Doktor (S3).

Keren, bukan? Jadi, tunggu apalagi? Jika anda tertarik untuk mengupas tuntas dan bergelut dalam ilmu Kriminologi, maka anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil jurusan Kriminologi di UI UI.

Pilihan kampus lain yang juga memiliki Program Studi Kriminologi untuk jenjang S1 adalah kampus swasta bernama Universitas Budi Luhur. Tidak hanya itu, Program Studi Kriminologi untuk jenjang S1 juga dimiliki Universitas Islam Riau lho.

Daftar Prospek Kerja Jurusan Kriminologi yang Menggiurkan

Setelah mengenali sedikit profil atau informasi mengenai jurusan Kriminologi, maka kini anda bisa melihat apa saja prospek kerja jurusan Kriminologi yang menjanjikan tersebut. Perlu Mamikos ulang lagi bahwa jurusan Ilmu Kriminologi ini sangat pas bagi anda yang suka menganalisa (observan) suatu hal dengan teliti, kritis, dan rasional.

Apalagi jika jurusan Kriminologi memang menjadi salah satu jurusan ilmu bidang sosial yang anda minati. Apabila anda mengetahui prospek kerja jurusan Kriminologi yang masih terbuka lebar seperti penjelasan Mamikos ini, anda pasti akan langsung membulatkan tekad untuk mendaftar.

Kalau begitu mari langsung saja simak apa saja prospek kerja jurusan Kriminologi yang menjanjikan tersebut.

1. Pengajar atau Tenaga Pendidik

Prospek Kerja Jurusan Kriminologi yang Menjanjikan
https://pixabay.com/

Prospek kerja jurusan Kriminologi yang pertama adalah menjadi seorang tenaga pendidik. Ya, menjadi seorang dosen atau tenaga pendidik ilmu Kriminologi masih jarang di Indonesia. Oleh karenanya, anda bisa menjadikannya sebagai karir cemerlang.

Apabila anda memilih prospek kerja satu ini, maka anda akan dituntut untuk berwawasan luas. Kenapa? Ya agar anda bisa mengajar mahasiswa di jurusan yang sama dengan sederet ilmu yang sudah anda pelajari sebelumnya. Sampai sejauh ini gaji seorang dosen bisa mencapai jutaan rupiah lho. Itu belum termasuk tunjangan dan insentif.

2. Lembaga Kepolisian

https://unsplash.com/

Tentu saja anda bisa menjadi bagian dari lembaga kepolisian apabila anda menempuh jalur Kriminologi sebagai tujuan anda. anda bisa bergabung dengan institusi POLRI di Indonesia sebagai tim atau bagian penyidik untuk berbagai kasus kriminal. Untuk besaran gaji penyidik POLRI sudah menyentuh angka Rp 4 juta-an per bulan. Bahkan ada sebuah kabar bahwa akan mengalami kenaikan setara penyidik KPK. Keren juga.

3. KPK

Prospek Kerja Jurusan Kriminologi yang Menjanjikan
sinarharapan.co

Prospek kerja jurusan Kriminologi berikutnya adalah anda juga bisa lho masuk dalam jajaran KPK sebagai penyidik kasus korupsi yang terjadi. Tentu saja apabila anda menjadi bagian dari penyidik KPK maka anda bisa memperoleh kisaran upah lebih besar lagi dari profesi sebelum ini. Yaitu berkisar Rp 20-25 juta per bulannya.

4. Kejaksaan

https://pedomanbengkulu.com/

Mengambil jurusan Kriminologi juga bisa membuat anda menjadi salah satu staf di kejaksaan dna tentu saja status anda adalah pegawai negeri. Berdasarkan Peraturan Presiden nomor 15 tahun 2008, gaji seorang Jaksa mulai dari Rp 2 hingga Rp 4 jutaan dengan tunjangan paling rendah untuk kelas satu berkisar Rp 1,5 juta. Sementara untuk kelas tertinggi sebesar Rp 25 jutaan.

5. Departemen Kehakiman

Prospek Kerja Jurusan Kriminologi yang Menjanjikan
https://portal.ahu.go.id/

Prospek kerja jurusan Kriminologi berikutnya adalah menjadi orang yang bekerja di Departemen Kehakiman. Apabila anda menjadi bagian dari departemen ini, maka anda bisa memperoleh upah sekitar Rp 2 hingga Rp 4 juta dengan berbagai tunjangan atau insentif.

6. Departemen Pertahanan

https://nasionalisrakyatmerdeka.files.wordpress.com/

Prospek kerja jurusan Kriminologi selanjutnya yang bisa anda lirik adalah menjadi bagian dari departemen Pertahanan. Ya, anda bisa mengabdikan diri kepada Negara ini dengan bekerja di Departemen Pertahanan.
Tidak hanya menawarkan gaji yang besar, orang yang bekerja di Departemen Pertahanan ini biasanya memiliki jiwa dan semangat tinggi untuk menjaga keutuhan dan kesatuan Negara Indonesia. Maka jika anda memiliki nasionalisme yang kuat, anda cocok bekerja di sana.

7. Analisis Atau Pengamat

https://www.pexels.com/

Menjadi seorang analisis atau pengamat yang memiliki prospek karir cemerlang juga bisa anda pertimbangkan apabila menjadi seorang lulusan jurusan Kriminologi. Siapa tahu saja anda bisa meniti karir menjadi seorang Grafologi atau ahli ilmu analisa tangan yang bisa mengetahui bukti atau penyebab sebuah kasus kejahatan. Menakjubkan, bukan?

8. Jurnalis

https://www.pexels.com/

Menjadi seorang lulusan Kriminologi akan menuntut anda memiliki kemampuan berpikir kritis, menemukan dan evaluasi bukti, membuat argumen, analisa dan laporan yang sistematis. Dengan kemampuan seperti itu, maka anda bisa bekerja sebagai seorang jurnalis media. Soal bayaran jangan khawatir. Sebab sudah menyentuh angka jutaan hingga puluhan untuk anda yang berkompeten.

9. Badan Intelijen Negara

https://www.ayonews.com/

Prospek kerja jurusan Kriminologi selanjutnya adalah menjadi bagian Badan Intelijen Negara. anda bisa menjadi seorang anggota BIN atau Badan Intelijen Negara yang memiliki gaji hingga puluhan juta. Tapi anda juga perlu tahu. Meskipun ada tawaran gaji yang lumayan besar, namun risiko yang harus anda waspadai juga tak kalah besar.

Beberapa syarat juga harus anda penuhi. Dimulai harus berintelek, cerdas, bisa menjaga rahasia dan tentu saja, anda harus siap mati kapan saja. Sebab siapa tahu anda harus menjalankan tugas untuk menjadi seorang mata-mata. Terdengar keren meskipun agak ngeri, ya.

10. Penyuluh

https://unsplash.com/

Prospek kerja jurusan Kriminologi berikutnya yang tidak kalah menjanjikan adalah menjadi seorang penyuluh. Tentu saja anda bisa menjadi seorang penyuluh dari Lembaga Pelayanan Masyarakat untuk memberikan edukasi pada masyarakat itu sendiri.

Namun perlu anda perhatikan, ya. Tidak semua orang bisa menjalani profesi ini. Mengapa? Sebab anda akan diwajibkan untuk memiliki kepandaian dalam berkomunikasi saat sedang memberikan bimbingan dan penyuluhan.

Tentunya anda tidak ingin informasi atau bimbingan yang sudah susah payah anda susun dan rangkum tidak bisa tersampaikan dengan baik hanya karena kemampuan anda mengkomunikasinya tidak pas. Makanya terus tingkatkan kemampuan berkomunikasi anda dari sekarang jika belum menguasainya.

11. Penulis

https://www.pexels.com/

Agatha Christie dinobatkan sebagai penulis novel misteri terbaik sepanjang masa. Kemudian disusul oleh Stephen King yang karya-karyanya juga tak kalah mengagumkan. Nah, ketertarikanmu pada bidang penulisan namun yang mengandung unsur kriminal atau kejahatan tentu saja bisa anda salurkan dalam bentuk tulisan. Siapa tahu anda bisa menyusul Christie atau King menjadi penulis buku misteri terkenal di seluruh dunia.

Dengan berakhirnya informasi tadi, maka berakhir pula artikel berisi prospek kerja jurusan Kriminologi yang menjanjikan kali ini. Semoga artikel Mamikos satu ini bisa membantu anda dan memberikan anda sebuah pencerahan dan inspirasi baru. Akses terus aplikasi pencari kost Mamikos untuk pembaruan informasi bermanfaat lainnya. anda bisa mengunduh aplikasinya via appstore dan playstore secara gratis.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close