11 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan 10 Tahun ke Depan

Memilih jurusan kuliah selalu menyenangkan. Selain mata kuliahnya yang membuat dirimu penasaran, prospek kedepannya juga akan terus dibutuhkan. Setelah lulus dari studi di jurusan-jurusan yang akan dibahas, dirimu akan mencapai cita-citamu yang sesuai dengan kebutuhan waktu dan minat. Untuk itu, Mamikos sudah mengemas informasi mengenai jurusan kuliah yang masih diperlukan di masa depan, beserta prospek kerjanya.

Informasi Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan 10 Tahun ke Depan

pexels.com

Informasi berikut akan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu Soshum dan Saintek. Beberapa universitas membaginya menjadi dua supaya saat dirimu menyiapkan materi untuk ujian masuk, dirimu bisa fokus antara keduanya atau campuran dan juga ada beberapa persyaratan yang menyangkut dengan penjurusan yang dirimu ambil di jenjang SMA dan sederajat. Selain itu, dirimu juga akan mendapat sedikit informasi tentang mata kuliah yang akan didapat.

Kelompok Soshum

pexels.com

Akuntansi

Jurusan Akuntansi adalah termasuk dalam salah satu jurusan kuliah yang masih dibutuhkan 10 tahun ke depan. Pada umumnya, jurusan ini termasuk kelompok Soshum dan berada dalam Fakultas Ekonomi. Dari pelajaran mengenai Pengauditan, Sistem Informasi Akuntansi, Analisis Laporan Keuangan, dan lain sebagainya, dirimu akan mengasah kemampuan tentang analisis data, pengelolaan keuangan, ketelitian dalam berhitung, dan menyajikan laporan keuangan dengan jujur. Setelah lulus, dirimu akan mendapat gelar S.E. atau S.Akt. dan peluang pekerjaan di bidang audit, perbankan, dan konsultan pajak.

Ilmu Ekonomi

Jurusan Ilmu Ekonomi juga sering termasuk dalam Fakultas Ekonomi dan masih menjadi salah satu jurusan kuliah yang masih diminati untuk 10 tahun ke depan. Dalam masa studi yang akan dirimu tempuh selama 4 tahun nanti, dirimu akan mempelajari hal-hal yang terkait dengan permasalahan ekonomi, termasuk hitung-hitungannya. Oleh karena itu, mata pelajaran yang akan dirimu dapat meliputi Matematika Ekonomi, Statistika Ekonomi, Ekonomika Moneter, Mikroekonomika, Makroekonomika, dan masih banyak lagi. Dari mata kuliah-mata kuliah tersebut, dirimu akan mengasah kemampuan dalam berpikir kritis, terstruktur, dan logis, pengobservasian terhadap masalah ekonomi, dan pemecahan masalah dengan analisis yang benar. Gelar yang akan dirimu dapatkan adalah S.E., lalu dirimu bisa bekerja di bidang lembaga keuangan, finance, market researcher, hingga dosen.

Manajemen Pemasaran

Masih dalam area Fakultas Ekonomi, jurusan Manajemen Pemasaran masih diminati dan dibutuhkan untuk 10 tahun ke depan. Fokus studi pada jurusan ini adalah tentang perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan, pengawasan, hingga evaluasi kegiatan pemasaran barang dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan dan pencapaian sebuah instansi atau organisasi. Maka dari itu, mata kuliah yang akan dirimu pelajari akan menyangkut tentang Manajemen Bisnis, Statistik Bisnis, Perilaku Konsumen, Pemasaran Digital, Komunikasi Bisnis, dan lain-lain. Untuk itu, dirimu akan dituntut menjadi mahasiswa yang punya keterampilan komunikasi, teliti dalam berhitung dan membaca data, dan bisa bekerja sama dalam tim. Tidak hanya jenjang S1, beberapa universitas juga memasukkan jurusan ini untuk jenjang diploma.

Public Relation

Jurusan yang juga bisa diterjemahkan menjadi Hubungan Masyarakat ini juga sering menjadi salah satu cabang di jurusan Ilmu Komunikasi. Perkembangan zamanlah yang membuat jurusan ini banyak diminati oleh mahasiswanya yang tertarik untuk terjun di dunia perkomunikasian dan pemasyarakatan. Mata kuliah yang dirimu dapat akan setara dengan apa yang dirimu minati itu, seperti Psikologi Komunikasi, Hubungan Media, Teori Komunikasi, dan masih banyak lagi. Setelah lulus nanti, dirimu bisa bekerja di bidang jurnalis, spesialis hubungan masyarakat, penyiar televisi, dan lain-lain.

Keguruan dan Pendidikan

Di era yang serba digital sekarang, menjadi guru tidak hanya yang mengajar di sekolah. Ada banyak kemampuan yang diasah saat kuliah di jurusan Keguruan dan Pendidikan. Jurusan ini berada di kelompok campuran karena dirimu bisa memilih bidang IPA atau IPS, sesuai dengan minat dan keinginan. Pada umumnya, jurusannya pun beragam seperti Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru PAUD, Manajemen Pendidikan, dan lain sebagainya. Setiap mata kuliah pasti akan belajar tentang ilmu pendidikan, bimbingan konseling, dan manajemen pendidikan, sehingga dirimu bisa menjadi entrepreneur pendidikan, kepala sekolah, instruktur, dan lain-lain.

Kelompok Saintek

pexels.com

Aktuaria

Jurusan Aktuaria adalah jurusan kuliah yang akan dibutuhkan untuk 10 tahun ke depan. Biasanya, jurusan ini termasuk dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam karena dirimu akan banyak bertemu dengan keilmuan dan hitung-hitungan. Fokus materi yang akan dirimu dapatkan akan berhubungan dengan asuransi dan risiko keuangan dan perencanaannya. Nama-nama mata kuliahnya pun sepadan dengan lingkupnya, seperti Matematika Asuransi Jiwa, Matematika Keuangan, Hukum Asuransi, Manajemen Risiko dan Reasuransi, dan lain-lain. Pekerjaan yang akan dirimu tekuni pun disebut dengan Aktuaris.

Teknik Biomedis

Setiap tahunnya, jurusan Kedokteran menjadi incaran paling banyak untuk siswa-siswi yang punya cita-cita menjadi dokter. Namun, kalau sejatinya dirimu juga suka keilmuan yang teknikal, dirimu bisa memilih jurusan Teknik Biomedis pada saat mendaftar perguruan tinggi. Nantinya, dirimu akan mendalami pelajaran yang akan mengaplikasikan ilmu teknik dan kedokteran, seperti ilmu dasar elektronika dan komputer, biologi, fisika, kimia, fisiologi manusia, dan semacamnya. Setelah lulus dari jurusan ini, dirimu diharapkan meningkatkan pelayanan kesehatan dan membantu penelitian di bidang kesehatan.

Arsitektur

Jurusan Arsitektur sering disandingkan dengan jurusan Teknik Sipil. Pada kenyataannya, kedua jurusan ini berbeda namun ada beberapa hal yang bisa melengkapi. Di jurusan ini, dirimu akan lebih fokus pada perancangan sebuah gedung. Mulai dari penggambaran tampak depan dan dalam hingga analisis kebutuhan ruang dan aspek-aspek pembangunan bangunan seperti hukum, alam, dan lingkungan. Kesempatan kerja untuk lulusan Arsitektur juga luas, dari menjadi dosen, pengusaha, kontraktor, dan lain-lain. 

Sistem Informasi

Ilmu-ilmu yang akan dirimu pelajari di jurusan Sistem Informasi juga campuran antara bisnis, manajemen, dan ilmu komputer. Nantinya, dirimu akan banyak bertemu data-data perusahaan yang nantinya akan dirancang lagi dalam sebuah sistem. Pelajaran-pelajaran yang akan membawamu pada kemampuan manajerial data dan berpikir secara sistematis adalah Manajemen Proyek Data, Administrasi Sistem, Perangkat Keamanan Informasi, dan sebagainya. Biasanya, gelar yang akan dirimu dapatkan adalah Sarjana Komputer dan dirimu bisa bekerja di Konsultan IT, Technopreneur, Data Scientist, Rekam Medis, dan lain-lain.

Teknologi Pangan

Jurusan Teknologi Pangan juga termasuk dari jurusan kuliah yang masih diminati dan dibutuhkan untuk 1 dekade mendatang. Sesuai dengan namanya, materi yang akan dirimu dapatkan akan terhubung dalam ilmu-ilmu pangan, serta efek kimiawi, biologis, ekonomi, psikologis, dan kebudayaan. Namun, ada beberapa aspek pendukung yang akan dirimu pelajari di jurusan ini, seperti Teknologi Pengemasan dan Penyimpanan, Keamanan dan Sanitasi Pangan, Operasi Industri Pangan, dan masih banyak lagi. Pekerjaan yang akan dirimu tekuni juga masih dalam lingkup pangan seperti pengelolaan makanan cepat saji, makanan kaleng, serta pemeriksaan terhadap bahan baku, alat, dan produk yang dihasilkan.

Ilmu Keperawatan

Menjadi tenaga medis adalah salah-satu cita-cita orang yang sudah dimiliki sejak kecil. Salah satu pekerjaan yang juga bisa mengarah ke dunia kesehatan adalah menjadi Perawat. Tetapi, sebelum dirimu mendapatkan gelar Sarjana Keperawatan, dirimu harus mengambil jurusan Ilmu Keperawatan. Jelas, jurusan kuliah yang satu ini masih dibutuhkan untuk 10 tahun kedepan sesuai dengan kebutuhan dunia medis. Beberapa pelajaran yang akan dirimu ikuti adalah Keperawatan Gawat Darurat, Keperawatan Komunitas, Psikologi dalam Keperawatan, dan lain-lain. Saat bekerja nanti, dirimu pun bisa membantu Dokter Umum, Dokter Gigi, juga menjadi terapis dan pekerja sosial.

Apakah salah satu dari 11 jurusan diatas adalah cita-cita dirimu? Walaupun dirimu masih mencari, tidak apa-apa. Informasi ini bisa menjadi inspirasi dirimu untuk melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Seiring berubahnya teknologi juga, kita harus ikut berkembang supaya setara dengan kebutuhan dunia. Kalau sudah mendapat ide jurusan kuliah yang mau diambil, dirimu juga bisa melihat-lihat kos-kosan yang aman dan nyaman untuk dirimu tinggali ke depannya lewat aplikasi Mamikos yang bisa dirimu unduh di telepon genggam dirimu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close