10 Universitas yang Ada Jurusan Statistika

10 Universitas yang Ada Jurusan Statistika- Di era informasi seperti sekarang ini, kemampuan pengolahan data menjadi hal yang penting. Alasannya tak lain adalah sebuah informasi yang relevan tentu membutuhkan sumber data yang valid juga. Kemampuan pengolahan data inilah menjadi salah satu fokus penting yang dipelajari di jurusan statistika.

Kampus Jurusan Statistika

pexels.com

Secara garis besar, ilmu statistika merupakan bagian dari bidang studi Matematika. Pada umumnya, jurusan statistika pun menjadi bagian dari fakultas MIPA. Lulusan jurusan ini nantinya akan memiliki kemampuan analisis, mengorganisir data, dan memecahkan masalah. Hal inilah yang membuat lulusan statistika dibutuhkan di berbagai bidang perusahaan. Kalau dirimu tertarik untuk berkuliah di jurusan ini, berikut daftar perguruan tinggi yang memiliki jurusan statistika.

1.Institut Pertanian Bogor

stat.ipb.ac.id

Jurusan Statistika di Institut Pertanian Bogor bisa dibilang merupakan salah satu program studi favorit di universitas ini. IPB bahkan diakui sebagai penyelenggara pendidikan statistika pertama dan terbaik di Indonesia. Di IPB sendiri, terdapat tiga jenjang program studi statistika yang seluruhnya sudah terakreditasi A dari BAN-PT. Ada pula program studi Statistika Terapan yang juga sudah memiliki peringkat akreditasi A.

Lulusan S1 Statistika IPB nantinya diharapkan mampu merumuskan persoalan serta menyusun rencana pengumpulan data secara efisien. Selain itu, kemampuan pengelolaan dan analsis data juga didukung dengan kemampuan penyajian hasil analisis agar menjadi lebih mudah dipahami. Kemampuan manajerial yang tampak pada komunikasi dan interaksi dengan sesama praktisi juga turut mendapat perhatian.

2.Universitas Islam Indonesia

uii.ac.id

Universitas Islam Indonesia merupakan perguruan tinggi swasta yang berlokasi di kawasan Yogyakarta. UII memiliki Program Studi Statistika yang sudah ada sejak tahun 1966. Program studi ini adalah program studi pertama yang ada di Fakultas MIPA UII.

Untuk mendukung proses pembelajaran, jurusan Statistika UII memiliki berbagai fasilitas seperti laboratorium statistika bisnis, industri, dan sosial dan laboratorium statistika manajemen kebencanaan. Jurusan ini juga memiliki laboratorium data mining.

3.Institut Teknologi Sepuluh Nopember

its.ac.id

Berlokasi di Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember merupakan perguruan tinggi negeri yang memiliki jenjang pendidikan yang lengkap untuk jurusan statistika. Dalam naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan lam (FMIPA) terdapat tiga jenjang perogram yakni Sarjana (S1), magister (S2), dan Doktor (S3). Selain itu ada pula Departemen Statistika Bisnis yang menjadi bagian dari Fakultas Vokasi. Pada tahun 2019, Departemen Statistika ITS bahkan membuka Program Sarjana Internasional.

4. Universitas Brawijaya

himasta.ub.ac.id

Resmi berdiri pada tahun 1998, Program Studi S1 Statistika Universitas Brawijaya memiliki keunggulan di bidang statistika ilmu kehidupan dan sosial ekonomi. Program studi ini sudah mendapatkan nilai A akreditasi dari BAN-PT untuk jenjang S1. Ada pula program dengan jenjang S2 yang menyandang status akreditasi B.

5. Universitas Airlangga

stat.fst.unair.ac.id

Selain ITS, universitas negeri di Surabaya yang juga memiliki program studi Statistika adalah Universitas Airlangga. Jurusan ini bernaung dalam lingkup Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dan resmi berdiri padda tahun 2011.Demi menjawab tantangan dunia kerja, kurikulum yang diterapkan di jurusan Statistika Universitas Airlangga menggunakan basis Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI). Lulusan dari jurusan ini nantinya akan dibutuhkan di berbagai bidang seperti bidang bisnis, kesehatan, sosial, serta sumber daya alam.

Total beban kuliah yang harus ditempuh di jurusan Statistika Universitas Airlangga adalah minimal 144 SKS. Total SKS untuk mata kuliah wajib adalah sebanyak 125 SKS. Selain itu, ada pula 64 SKS mata kuliah pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa.

6. Universitas Diponegoro

kampusundip.com

Di kota Semarang juga ada pergurutan tinggi negeri yang punya jurusan statistika, yaitu Universitas Diponegoro. Program Sarjana S1 Statistika di Undip memiliki empat bidang kepakaran yakni Industri, Komputasi, Ekonomika dan Bisnis, serta Sistem Informasi Manajemen.

Masa studi yang umumnya ditempuh untuk jurusan ini adalah 8 semester dengan beban studi minimal 144 SKS. Ada juga evaluasi selama bertahap yang dilakukan pada semester 3 dan semester 7. Waktu studi maksimal untuk program sarjana Statistika Undip adalah selama 14 semester.

7. Universitas Hasanuddin

kompas.com

Tak hanya di Pulau Jawa, universitas yang memiliki jurusan Statistika juga dapat dirimu temukan di Sulawesi, tepatnya di Universitas Hasanuddin. Berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan, perguruan tinggi negeri ini memiliki program S1 Statistika yang sudah mendapatkan status akreditasi A dari BAN-PT.

Program studi Statistika di UNHAS juga memiliki layanan laboratorium statistika untuk mendukung praktikum mahasiswa. Laboratorium ini bahkan membuka layanan pelatihan materi statistika yang juga berlaku untuk umum.

8. Universitas Padjajaran

nasional.tempo.com

Berdiri sejak tahun 1963, jurusan Statistika di Universitas Padjajaran merupakan bagian dari Fakultas MIPA. Sebagai sebuah departemen, terdapat tiga program studi jurusan ini yakni Program Studi S1 Statistika, Program Studi S2 Statistika terapan, dan Program Studi S1 Aktuaria.

Berlokasi di kota Bandung, terdapat tujuh bidang minat yang dikembangkan di program studi Statistika Unpad. Ketujuh bidang minat tersebut meliputi:

  1. Aktuaria dan Keuangan
  2. Biomedis
  3. Multivariate
  4. Regresi dan Time Series
  5. Data kategori
  6. Riset Operasi, Desain, EKsperimen, dan Quality Control
  7. Non Parametrik

9. Universitas Negeri Yogyakarta

republika.co.id

Selain Universitas Islam Indonesia, kampus lain yang juga memiliki jurusan Statistika di Yogyakarta adalah Universitas Negeri Yogyakarta. Program studi S1 Statistika UNY resmi didirikan pada tahun 2017 sebagai bagian dari Jurusan Pendidikan Matematika dan mulai menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2018/2019.

Untuk menyandang gelar sebagai Sarjana Statistika (S.Stat.), mahasiswa perlu menempuh beban kuliah sebanyak 146 SKS. Mata kuliah yang diambil juga termasuk mata kuliah lapangan (PKL) sebanyak 3 semester. Ada pula mata kuliah keilmuan matematika dan keilmuan statistika. Selain itu, terdapat pula empat peminatan yang menentukan mata kuliah pilihan mahasiswa. Keempat peminatan tersebut yaitu:

  1. Minat Pendidikan dan Ilmu Sosial
  2. Minat Biostatistika
  3. Minat Ilmu Aktuaria
  4. Minat Ekonomi dan Bisnis

Mata kuliah terkait peminatan di atas pada umumnya ditempuh saat semester 5 dan semester 6.

10. Universitas Lambung Mangkurat

ulm.ac.id

Universitas Lambung Mangkurat merupakan perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kalimantan Selatan. Jurusan Statistika ini berdiri pada tahun 2017 dan berada dalam naungan Fakultas MIPA. Terdapat empat bidang minat yang dimiliki oleh Program Studi Statistika Universitas Lambung Mangkurat, yaitu:

  1. Statistika Lingkungan dan Kesehatan
  2. Statistika Industri dan Keuangan
  3. Statistika Komputasi
  4. Statistika Teori dan Umum

Agar dapat lulus, total beban kuliah yang harus dijalani mahasiswa statistika Universitas Lambung Mangkurat adalah sebanyak 144 SKS. Saat memasuki semester 3, mahasiswa dapat mulai memilih mata kuliah pilihan. Ada pula mata kuliah Etika Profesi dan Success Skill yang wajib diambil pada semester 7 perkuliahan.

Itu tadi 10 daftar universitas yang memiliki jurusan statistika di Indonesia. Semoga berguna bagi dirimu yang suka berhitung dan tertarik dengan pengolahan data. Cari tahu informasi menarik lainnya terkait jurusan kuliah, pendidikan, kost-kostan, dan sebagainya lewat artikel di website Mamikos. Download dan install aplikasi Mamikos di  ponsel pintar kesayangan dirimu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close