10 Tipe Mahasiswa Baru Ketika Cari Kost, dirimu yang Mana?

10 tipe mahasiswa baru ketika cari kost, dirimu yang mana? –Pengumuman berbagai jalur masuk studi, mulai dari seleksi nasional hingga seleksi mandiri sudah dapat diakses. Apakah dirimu salah satu mahasiswa yang lulus seleksi dari jalur tersebut? Jika dirimu diterima di kampus yang jauh dari rumah, bersiaplah untuk menyandang status sebagai mahasiswa perantau. Proses pencarian kost bagi para mahasiswa baru pun dimulai.

Tipe-Tipe Mahasiswa Pencari Kost

pixabay.com

Mahasiswa baru pastinya ingin mendapatkan tempat tinggal berupa kost yang nyaman, murah, dan aman. Meskipun demikian, setiap orang memiliki gayanya sendiri ketika melakukan survey kost. Ada yang melakukan survey dengan detail sampai menghubungi pemilik kost sebelumnya, tetapi ada pula yang menyewa kost dengan modal ‘percaya’. Ingin tau tipe-tipe mahasiswa pencari kost? Simak artikel berikut.

1. Tipe Tidak Banyak Tanya

pixabay.com

Pemilik kost pasti akan senang didatangi pencari kost yang tidak banyak bertanya. Cukup dengan melihat iklan di media, memastikan ketersediaan kamar, dan mengetahui harga, mahasiswa akan langsung menyewa kamar kost. Bahkan, mahasiswa tidak akan terlalu ambil pusing dengan kondisi sekitar kost dan aturan-aturan ibu kost. Baginya, berhasil mendapatkan hunian untuk tempat tidur dianggap sebagai pencapaian. Selain itu, biasanya mahasiswa sudah tahu dengan kewajiban pembayaran kost yang perlu dilakukannya.

Tipe mahasiswa pencari kost yang tidak banyak tanya memang menguntungkan pemilik kost. Tapi, terkadang hal ini merugikan mahasiswa sendiri. Beruntung jika ternyata kost yang dipilih sudah menyediakan fasilitas lengkap. Namun, jika ternyata di kemudian hari ada aturan yang membuatnya tidak nyaman, mahasiswa bisa saja merasa tidak betah.

Jika dirimu termasuk mahasiswa pencari kost dengan tipe tidak banyak tanya, dirimu bisa langsung melakukan booking kamar kost. Tentunya dirimu perlu memastikan ketersediaan kamar kost terlebih dahulu. Adanya fitur booking langsung di Mamikos akan memfasilitasimu dalam mendapatkan kost idaman. Jadi, ketika dirimu sampai ke lokasi kost, kondisi kamar sudah siap huni.

2. Tipe Cinta Kebebasan

pixabay.com

Mahasiswa pencari kost tipe cinta kebebasan cenderung memilih hunian yang tidak membatasi aktivitas. Adanya kost bebas 24 jam akan menjadi pilihannya. Dengan tinggal di kost bebas, pemilik kost tidak akan memarahi mahasiswa jika pulang larut atau terlambat sampai kost. Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali kunci sendiri agar bisa membuka pintu pagar kost.

Jika dirimu termasuk tipe cinta kebebasan, hal penting yang tidak boleh diabaikan adalah keamanan di sekitar kost. Tidak masalah jika dirimu sering pulang larut asalkan di sekitar kost kondisinya aman dan minim tindakan kriminal. Selain itu, memilih kost bebas yang dekat dari fasilitas umum pun bisa dirimu pertimbangkan.

3. Tipe Setia Kawan

pixabay.com

Mahasiswa yang ingin menyewa kamar bersama sahabatnya bisa digolongkan ke dalam tipe setia kawan. Adanya kost yang bisa disewa oleh dua orang hingga tiga orang memungkinkan mahasiswa untuk tidak tinggal sendiri. Sebenarnya, tipe ini juga bisa digolongkan sebagai pencari kost yang hemat. Dengan menyewa satu kamar kost untuk beberapa orang, biaya sewa kamar menjadi lebih murah. Selain itu, mahasiswa tidak perlu mengeluarkan budget besar untuk membeli perabot di dalam kamar.

4. Tipe Nomaden

pixabay.com

Sebagai mahasiswa, mendapati teman kost yang menginap di kost temannya padahal ia sudah punya kost sendiri akan sering dirimu temukan. Alasannya bisa karena malas ke kost, bosan di kost, atau memang tidak betah. Bahkan, mahasiswa bisa pindah kost dalam waktu sebulan sekali atau kurang dari itu. Mahasiswa ini digolongkan tipe nomaden. Ia akan sering berpindah kost karena alasan tertentu. Mungkin karena suasana kost yang ditempati tidak nyaman, ibu kost galak, atau tetangga kamar kost sudah sangat mengganggu.

Jika dirimu termasuk tipe nomaden, sebaiknya dirimu menyiapkan budget khusus untuk proses pindah kost. Membawa barang bawaan dari kost lama ke kost baru membutuhkan waktu dan tenaga. Selain itu, dirimu juga perlu meluangkan waktu untuk survey kost yang benar-benar dirimu inginkan.

5. Tipe Ribet

pixabay.com

Bertemu dengan mahasiswa pencari kost tipe ribet akan sangat melelahkan. Bahkan, proses pencarian satu kamar kost bisa memakan waktu seharian. Ia tidak puas hanya dengan membaca deskripsi kost dan harga sewa kamar kost saja. Baginya, keberhasilan survey kost akan selesai setelah mahasiswa mewawancari pemilik kost, tetangga kost, hingga penghuni kost. Tujuannya jelas untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya sekaligus meyakinkan diri bahwa kost tersebut tepat untuk mahasiswa.

Pertanyaan yang diajukan pencari kost tipe ribet memang standar. Namun, apabila pertanyaan yang diberikan terlalu banyak, pemilik kost atau orang yang ditanya akan malas menjawab. Solusi yang bisa digunakan tipe ini adalah mencari kost menggunakan Mamikos. Adanya deskripsi kost, penjelasan lengkap terkait fasilitas kost, nomor telepon pemilik kost, hingga testimoni penghuni kost sebelumnya ada disana. Waktu pencarian kost pun menjadi lebih singkat karena semua informasi sudah tersedia di Mamikos.

6. Tipe Wajib Survey Langsung

pixabay.com

Mahasiswa pencari kost dengan tipe wajib survey langsung tidak akan berpuas diri sebelum benar-benar datang ke lokasi. Mereka tidak akan percaya pada iklan dan foto-foto kost. Sejauh apapun tempat kost, ia akan berusaha datang untuk memastikan bahwa kost yang akan disewa benar-benar sesuai deskripsi iklan. Tipe ini banyak ditemukan pada mahasiswa rantau yang baru pertama kali mencari kost. Sebenarnya bukan masalah besar jika lokasi kost cukup dekat dari domisili. Namun, jika tempat kost jauh sampai berbeda pulau, pasti untuk survey sangat merepotkan.

Solusinya, dirimu bisa menggunakan Mamikos agar lebih mudah melakukan survey bagian-bagian kost. Terdapat fitur foto 360, virtual tour, serta video tour pencarian. Masing-masing fitur akan membawamu lebih dekat ke kost yang disurvey. Misalnya saja fitur foto 360 tentu berbeda dengan foto biasa. Dengan melihat foto tersebut, seakan-akan dirimu dapat menjelajahi bagian dalam kamar kost. Sedangkan vitur virtual tour merupakan fitur yang memungkinkanmu melakukan survey lebih luas hingga bagian luar kamar kost dan sekelilingnya. Untuk mengakhiri pencarian, lihatlah video tour pencarian. Dengan informasi lengkap di Mamikos, survey online akan terasa seperti survey langsung.

7. Tipe Penawar

pixabay.com

Mahasiswa pencari kost tipe penawar akan mudah dirimu temukan. Biasanya, tipe ini akan bertanya dengan rinci terkait fasilitas-fasilitas kost, kemudian membandingkannya dengan kost serupa. Apabila di kost yang diinginkan ternyata harga sewanya lebih tinggi, tipe penawar akan meminta potongan harga.

Jika dirimu termasuk pencari kost tipe penawar, tips yang bisa Mamikos berikan adalah dengan mencari kost promo atau kost diskon. Di Mamikos, dirimu bisa langsung melihat kost beserta harga sewa yang ditawarkan, seperti kost harian, mingguan, bulanan, atau tahunan. Selain itu, informasi terkait potongan harga juga tercantum. Selain itu, Mamikos juga sering memberikan promo untuk para penyewa kost. Dengan demikian, dirimu dapat langsung membayar sewa kost tanpa perlu menawar lagi.

8. Tipe Was-Was

pixabay.com

Pencari kost dengan tipe was-was tidak akan merasa lega sebelum dia membayar sewa kost. Apalagi jika komunikasi dengan pemilik kost tidak lancar. Tipe ini akan beranggapan bahwa negosiasi yang dilakukan belum sepenuhnya berhasil jika kost tersebut belum dibayar. Pemilik kost masih mungkin menyewakan hunian kamar kost pada penyewa yang membayar lebih dulu.

Jika dirimu termasuk pencari kost tipe was-was, ada fasilitas di Mamikos yang akan membuatmu lebih tenang. Fitur booking langsung kost memungkinkanmu melakukan booking kamar kost agar aman. Selain itu, dirimu juga bisa melakukan pembayaran untuk jangka waktu sewa tertentu. Proses pembayaran yang sangat mudah dengan OVO, Dana, LinkAja, serta Briva akan membantumu mengamankan kamar kost.

9. Tipe Hemat

pixabay.com

Mahasiswa pencari kost dengan tipe hemat cenderung mencari kost yang paling murah. Tipe ini tidak keberatan sekalipun kost yang dicarinya masih dalam kondisi kosongan. Kost tersebut memang tidak dilengkapi fasilitas lengkap ataupun fasilitas dasar seperti tempat tidur dan almari. Namun, biaya sewanya akan jauh lebih terjangkau.

Apabila dirimu termasuk pencari kost tipe hemat, Mamikos sarankan untuk mencari kost kosongan via aplikasi. Saat ini lebih banyak tersedia kost berfasilitas lengkap dibandingkan kost kosongan. Untuk survey lokasi kost secara langsung pun dirimu akan membutuhkan banyak waktu. Ditambah lagi, dirimu perlu membandingkan harga dan mencari keunggulan masing-masing kost. Melalui Mamikos, pencarian jenis kost kosongan hingga kost berfasilitas lengkap yang harganya bersaing dengan kost kosongan pun bisa dirimu dapatkan. Bahkan, jika cermat mencari, dirimu bisa tinggal di kost berfasilitas lengkap dengan biaya sewa terjangkau.

10. Tipe Senang Jalan-Jalan

pixabay.com

Pencari kost tipe senang jalan-jalan tidak hanya fokus untuk mendapatkan kost nyaman saja. Tipe ini juga akan mencari tahu lokasi menarik di sekitar kost. Semakin dekat kost yang disewa dengan pusat perbelanjaan, tempat wisata, atau tempat menarik lainnya, ia akan yakin tinggal disana. Tipe senang jalan-jalan biasanya lebih suka berada di luar daripada di kost.

Jika dirimu termasuk tipe pencari kost yang senang jalan-jalan, pertimbangkan sarana transportasi yang akan digunakan. Carilah kost dekat halte bus, stasiun, atau bandara. Agar lebih mudah jalan-jalan, bawalah kendaraan pribadi seperti mobil atau motor setelah memastikan bahwa kost yang disewa sudah dilengkapi tempat parkir.

Setelah membaca artikel di 10 tipe mahasiswa baru ketika cari kost atas, apakah dirimu termasuk salah satunya?. Dengan keterbatasan waktu yang dirimu miliki, percayakan pencarian kostmu bersama Mamikos, aplikasi pencari kost terbaik. Tanpa harus datang ke setiap lokasi kost, dirimu tetap bisa survey secara detail. Mamikos memungkinkanmu mencari kost secara online dengan semua fitur-fitur pencariannya. Penasaran apa saja fitur di Mamikos?

Fitur foto 360 bisa membantumu mengetahui bagian dalam kost tanpa perlu masuk ke kamar. Atur bagian ruangan yang ingin dirimu jelajahi, terutama bagian kamar tidur. Adanya fasilitas virtual tour juga akan membuatmu seakan-akan berada di dalam kost untuk survey secara langsung. Tentunya survey secara online bisa menghemat waktu, biaya, serta tenaga.

Selesaikan proses survey dengan menyaksikan video tour yang mengulas seluruh kondisi kost. Setelah dirimu yakin dengan kost tersebut, lakukan proses booking langsung beserta pembayaran kost. Metode pembayaran yang bisa dilakukan melalui transfer, OVO, Dana, LinkAja, serta Briva pun bisa dirimu lakukan. Sangat mudah dan praktis, bukan?

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close