10 Prodi SOSHUM dengan Keketatan Tertinggi SBMPTN 2019

10 Prodi SOSHUM dengan Keketatan Tertinggi SBMPTN 2019 – Memilih sebuah sekolah atau perguruan tinggi seringkali memang menjadi PR tersendiri. Apalagi jika tidak dibarengi dengan informasi konkret yang memadai. Cerita salah pilih jurusan, kampus hingga penyesalan yang sering diungkapkan para mahasiswa/mahasiswi bukan jadi cerita atau pengalaman baru. Sebenarnya hal tersebut bisa diantisipasi dengan banyak-banyak mencari informasi sebelum membuat pilihan. Mamikos berharap bisa menjadi salah satu media dimana bisa memberikan informasi konkret tersebut.

Daftar Prodi Soshum Keketatan Tertinggi SBMPTN 2019

Kali ini Mamikos akan membahas perihal 10 Prodi SOSHUM dengan Keketatan Tertinggi SBMPTN 2019. Berdasarkan banyaknya permintaan yang membutuhkan informasi tersebut, maka Mamikos dengan senang hati memberikan informasi tersebut untuk anda sekarang. Siapa tahu setelah anda mengetahui seperti apa keketatan SBMPTN 2019, anda jadi tahu harus bagaimana bersikap dan bersiap untuk menghadapi SBMPTN 2020. Apakah anda siap dengan informasi perihal 10 Prodi SOSHUM dengan Keketatan Tertinggi SBMPTN 2019? Jika sudah, maka segera lanjutkan dengan membaca penjelasannya setelah ini.

1. Prodi SOSHUM Dengan Keketatan Tertinggi SBMPTN

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan 10 program studi (Prodi) Sosial Humaniora (Soshum) yang jumlah peminatnya lebih banyak dari jumlah kuota yang tersedia (keketatan) dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Kenapa disebut ketat tentu saja karena jumlah peminat dengan jumlah yang diterima oleh universitas terkait sangatlah tidak imbang alias tidak seimbang. Diketahui bahwap posisi PTN dengan tingkat keketatan tertinggi untuk Prodi Soshum ditempati UPN Veteran Yogyakarta.

Lalu peringkat selanjut nya dari 10 Prodi SOSHUM dengan Keketatan Tertinggi SBMPTN 2019 berikutnya diduduki oleh universitas apa saja? Simak selengkapnya pada daftar di bawah ini:

1. UPN Veteran Yogyakarta: Jumlah diterima 611, peminat 11.524, keketatan 1:19
2. Universitas Negeri Yogyakarta: Jumlah diterima 1.419, jumlah peminat 25.779, keketatan 1:18
3. Universitas Jenderal Soedirman: Jumlah diterima 784, peminat 13.756, keketatan 1:18
4. Universitas Islam Negeri Jakarta: Jumlah diterima 656, jumlah peminat 10.628, ketetatan 1:16
5. Universitas Negeri Jakarta: Jumlah diterima 1.632, jumlah peminat 26.120, ketetatan 1:16
6. UPN Veteran Jakarta: Jumlah diterima 823, jumlah peminat 12.509, ketetatan 1:15
7. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga: Jumlah diterima 382, jumlah peminat 5.683, ketetatan 1: 15
8. Universitas Indonesia: Jumlah diterima 1.138, jumlah peminat 16.687, ketetatan 1:15
9. Universitas Gadjah Mada: Jumlah diterima 931, jumlah peminat 13.307, ketetatan 1:14
10. Universitas Sebelas Maret: Jumlah diterina 1.731, jumlah diterima 24.442, ketetatan 1: 14

2. Apa Perbedaan SAINTEK, SOSHUM dan Campuran?

Setelah mengetahui dengan pasti dari 10 Prodi SOSHUM dengan Keketatan Tertinggi SBMPTN 2019, tentu anda kini jadi jauh lebih siap bukan. Kini anda pun jadi penasaran akan informasi lebih lengkap perihal apa sih sebetulnya perbedaan dari SAINTEK, SOSHUM atau Campuran itu? Bagi teman-teman yang masih SMA tentu perlu mengenali dengan jelas apa perbedaan dari ketiga hal tersebut. Agar saat hendak memilih satu dari 10 Prodi SOSHUM dengan Keketatan Tertinggi SBMPTN 2019 anda tidak keliru lagi.

Mamikos tentu saja tidak pernah setengah-setengah dalam memberikan sebuah pengetahuan. Apalagi pengetahuan yang berhubungan dengan pendidikan. Bukan saja 10 Prodi SOSHUM dengan Keketatan Tertinggi SBMPTN 2019 saja yang akan diberikan. Tapi juga daftar jurusan saintek dan soshum, lalu apa itu soshum dan saintek dalam SBMPTN, hingga PTN peminat terbanyak SBMPTN 2019, akan coba Mamikos bagikan informasinya secara cuma-cuma.

Pada setiap tahun akan selalu dilaksanakan tes SBMPTN yang mana para siswa dan siswi SMA bisa memilih akan mengambil jurusan Saintek, Soshum atau Campuran. Ada beberapa peraturan pada seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri yang cukup beragam. Yakni salah satunya adalah pendaftar harus mengikuti tes seleksi masuk PTN terlebih dahulu, baru kemudian bisa mendaftar di universitas. Nilai yang telah diperolehnya dari seleksi PTN tersebut lah bekalnya.

Nilai rerata SBMPTN 2019 tersebut yang nantinya bisa jadi tolok ukur anda juga saat hendak menentukan fakultas atau jurusan di kampus idaman. Beberapa pelajaran SOSHUM bisa anda pelajari di sekolah atau di lembaga bimbel yang telah tersebar di beberapa kota besar dan kota kecil di Indonesia. Jadi sangat tidak ada alasan untuk anda minder atau berkecil hati. Jangan takut jika tidak berhasil mengambil prodi SOSHUM yang anda incar tersebut. Karena di zaman sekarang akan sangat mudah bagi anda masuk atau memperoleh segala informasi penunjang untuk pendidikanmu.Dari pilihan 10 prodi SOSHUM dengan Keketatan Tertinggi SBMPTN 2019 itu anda harus bisa jadi termotivasi.

Inilah perbedaan dari SAINTEK, SOSHUM, dan CAMPURAN yang telah disinggung tadi:

SAINTEK adalah kepanjangan dari Sains dan Teknologi atau yang biasa dikenal dengan “anak IPA”. Di bawah ini ada beberapa contoh jurusan yang terdapat di kelompok Saintek yang bisa jadi inspirasimu:
– Kedokteran
– Teknik
– Farmasi
– Kimia
– Matematika
– Fisika

SOSHUM adalah singkatan dari Sosial dan Humaniora atau yang kita sudah kenal dengan “anak IPS”. Mamikos tentu punuya beberapa contoh jurusan yang ada dalam kelompok SOSHUM tersebut:
– Ekonomi
– Ilmu Komunikasi
– Ilmu Politik
– Sastra
– Hubungan Internasional

Campuran sendiri adalah gabungan antara Saintek dan Soshum. Loh bagaimana ceritanya? Contoh nyatanya seperti ini. Saat di SBMPTN nanti anda akan memilih pilihan pertama jurusan Kedokteran dan pilihan kedua adalah jurusan Ekonomi. Dengan jurusan Kedokteran (SAINTEK) dan jurusan Ekonomi (SOSHUM), maka wajib hukumnya untuk mengambil kelompok Campuran.

3. Kiat Untuk Memilih Program Studi/Jurusan

Tentunya anda harus melalui beberapa tahap untuk memilih program studi atau jurusan yang diminati di SBMPTN. Mamikos bukan hanya memiliki segudang informasi mengenai hunian yang bisa anda pilih saat telah menentukan universitas tujuan. Bukan saja 10 Prodi SOSHUM dengan Keketatan Tertinggi SBMPTN 2019 saja yang bisa anda temukan. Tapi juga informasi lengkap dalam setiap artikelnya. Mamikos sertakan juga bagaimana anda harus memilih program studi di SBMPTN agar tidak ada lagi drama salah pilih jurusan kuliah yang bisa jadi anda sesali nanti.

1. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok SAINTEK dan kelompok SOSHUM.
2. anda nanti bisa memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi. Tentunya dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, anda harus mengikuti kelompok ujian SAINTEK.
  • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, anda harus mengikuti kelompok ujian SOSHUM.
  • Jika program studi yang dipilih terdiri atas kelompok Saintek dan Soshum, anda harus mengikuti kelompok ujian CAMPURAN.

3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan. Jadi pastikan anda sudah memilih jurusan yang sesuai dengan passion anda.
4. anda sebagai peserta ujian hanya bisa memilih 1 (satu) program studi di PTN mana pun.
5. anda sebagai peserta ujian jika memilih 2 (dua) atau 3 (tiga) program studi, maka salah satu program studi pilihannya harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan Program Studi yang lain dapat di PTN yang berada di luar wilayah pendaftaran tempat peserta mengikuti ujian.

4. Jurusan-jurusan SOSHUM Paling Diminati Update Terkini

1. Komunikasi

Bisa dikatakan bahwa jurusan satu ini makin banyak peminatnya belakangan ini. Bisa jadi dikarenakan peluang kerjanya semakin luas dan banyak. Materi yang dipelajari yaitu tentang komunikasi berhubungan dengan pribadi, komunikasi publik, dan komunikasi formal. Lebih spesifik lagi, mahasiswa yang nantinya menempuh studi ini akan belajar lebih dalam perihal komunikasi verbal, tulisan, dan audio visual. Hal itu dibagi menjadi berbagai program studi (prodi) lagi. Sebut saja jurnalistik, hubungan masyarakat, penyiaran (broadcasting), dan periklanan. Banyak juga, ya.

2. Hukum

Program studi Ilmu Hukum memang seakan menjadi langganan sebagai prodi dari SOSHUM yang banyak diincar dan diminati banyak peserta seleksi atau calon mahasiswa/i baru. Jumlah peminatnya terus meningkat dari tahun ke tahun masih belum bisa diimbangi dengan ketersediaan kuota disediakan universitas terkait. Perguruan tinggi negeri favorit yang memiliki Prodi Ilmu Hukum dengan akreditasi A antara Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran dan Universitas Gadjah Mada. Adakah dari tiga kampus itu menjadi pilihan anda?

3. Manajemen

Jurusan ini bisa dikatakan sebagai salah satu yang difavoritkan oleh banyak calon mahasiswa. Banyaknya peminat di jurusan manajemen tentu saja karena prodi ini salah satu yang paling populer dan juga relatif mudah ditemukan karena tersebar di berbagai perguruan tinggi. Prospek lulusan dari manajemen juga bisa dibilang tidak terbatas karena hampir tidak ada pekerjaan yang tidak memerlukan bagian manajemen dalam operasional. Jadi untuk mendapatkan pekerjaan selepas kuliah, setidaknya tidak lagi memusingkan. Manajemen juga punya beberapa sub-bidang bisa anda pilih loh. Sebut saja manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen bisnis, dan manajemen produksi.

4. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Mungkin baru beberapa tahun belakangan ini baru terasa betul jika hampir semua bidang usaha pasti membutuhkan jasa desain visual. Oleh sebab itu peluang kerja lulusa ini makin banyak dan diminati oleh beberapa perusahaan seperti start-up. Di sini mahasiswanya akna belajar soal dasar seni dan desain, mendesain menggunakan aplikasi hingga ilmu komunikasi dengan media gambar. Diyakini bahwa jurusan ini cukup menantang dan bagus juga untuk mengasah kreatifitas.

5. Akuntansi

Selain Manajemen, kepopuleran prodi Akuntansi juga tidak main-main. Alias selalu berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai prodi soshum paling diinginkan. Meski begitu persaingannya cukup ketat loh di tiga perguruan tinggi negeri unggulan. Seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Padjajaran. Jadi jika anda berencana masuk ke salah satu dari tiga kampus tersebut, dan memilih prodi SOSHUM akuntansi, siap-siap akan seleksi super ketatnya nanti.

6. Psikologi

Prodi Psikologi terbagi menjadi dua. Ada yang masuk ranah SOSHUM dan ada juga yang langsung berada di bawah SAINTEK. Beberapa perguruan tinggi negeri yang membuka Prodi Psikologi Soshum diantaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Diponegoro. Psikologi juga masuk dalam lima besar prodi SOSHUM populer yang diinginkan pada SBMPTN 2019. Daya tampungnya juga cukup besar loh. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada contohnya. Di tahun 2019 menyediakan 102 kursi bagi peserta yang lolos seleksi masuknya.

7. Sastra Inggris

Begitu banyak peminat jurusan satu ini. Sebab di jurusan Sastra Inggris, mahasiswa bukan hanya akna mempelajari bahasa dan ilmu lingustik saja. Tapi juga ada sastra, budaya hingga sosial politik loh. Studi Sastra Inggris juga mencakup bangsa-bangsa yang berbahasa asli Inggris yakni Inggris, Amerika dan Australia. Tentunya penting untuk anda ingat bahwa mengambil kuliah di jurusan Sastra Inggris belum tentu menjamin anda piawai menggunakan bahasa Inggris secara verbal maupun tulisan. Kamunya sendiri yang harus berusaha untuk meningkatkan skill bahasa anda tersebut.

Saat anda sudah mengenali dengan pasti dan jelas apa saja 10 Prodi SOSHUM dengan Keketatan Tertinggi SBMPTN 2019, tentu anda jadi jauh lebih tenang dan punya pertimbangan. Ke kampus mana kah anda akan memilih kuliahmu nanti. Jika anda sudah menentukan kota pilihan anda menuntut ilmu, anda juga bisa mengandalkan Mamikos sebagai aplikasi cari sewa kost di mana anda bisa tentukan kota serta fasilitas apa saja yang anda kehendaki. Selamat berjuang masuk ke kampus idaman. Urusan hunian, serahkan saja pada Mamikos sekarang.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close