10 Prodi Saintek dengan Ketetatan Tertinggi SBMPTN 2019

SBMPTN 2019 – Sebelum memasuki SBMPTN tahun 2020, ada baiknya kita melakukan kilas balik SBMPTN 2019 terlebih dahulu. Nah, kabarnya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan 10 program studi Sains dan Teknologi (Saintek) yang memiliki jumlah peminat lebih banyak dari jumlah kuota yang disediakan (keketatan) dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Prodi dengan keketatan persaingan tertinggi dapat dilihat dari perbandingan antara jumlah pemilih dengan daya tampung pada SBMPTN 2019. Apabila yang tertulis keketatan 1:70, maka ini berarti di antara tiap 70 orang peminat hanya satu orang yang berhasil lolos.

Nah, kira-kira apa saja sih 10 program studi Sains dan Teknologi (Saintek) yang memiliki ketetatan tertinggi di SBMPTN 2019 lalu? Berikut Mamikos rangkum informasinya untuk anda.

10 Prodi Saintek dengan Ketetatan Tertinggi SBMPTN 2019

SBMPTN 2019

Prodi Saintek dengan Ketetatan Tertinggi SBMPTN 2019

1. Farmasi – Universitas Negeri Semarang

Jumlah mahasiswa diterima: 16
Jumlah peminat: 1236
Ketetatan: 1:77

Jika anda berhasil lolos sebagai salah satu mahasiswa program studi Farmasi di Universitas Negeri Semarang (UNNES), anda pun berkesempatan untuk mengembangkan potensi diri. Mengingat UNNES bertekad untuk mengembangkan diri menjadi rumah ilmu pengembang peradaban unggul. Dengan tekad itu, UNNES menjaga jati dirinya sebagai lembaga ilmu pengetahuan yang bertugas mengembangkan potensi sumber daya manusia Indonesia untuk membangun keunggulan bangsa, serta bermanfaat bagi manusia dan kemanusiaan. Kampus UNNES berada di dua lokasi, yaitu Kampus Sekaran untuk program S1 dan Kampus Bendan Ngisor untuk kampus program pascasarjana.

2. Teknologi Informasi – Universitas Negeri Yogyakarta

Jumlah mahasiswa diterima: 16
Jumlah peminat: 1167
Ketetatan: 1:73

Tak hanya para calon guru saja ternyata yang mengincari kampus yang satu ini. Universitas Negeri Yogyakarta atau yang lebih akrab disapa dengan singkatan UNY ini juga menjadi salah satu kampus favorit di Jogjakarta. Sebagai kampus multi jurusan, anda pun tak perlu meragukan prestasi gemilang kampus ini. Torehan prestasi dari berbagai bidang, tidak hanya di tingkat nasional, prestasi internasional telah berhasil disabet putra-putri terbaik bangsa yang menimba ilmu di kampus UNY. Untuk itu, bagi anda yang berhasil lolos sebagai salah satu mahasiswa di kampus ini pun boleh berbahagia dan merasa beruntung.

3. Farmasi – UPN “Veteran” Jakarta

Jumlah mahasiswa diterima: 15
Jumlah peminat: 830
Ketetatan: 1:55

Saat ini UPN “Veteran” Jakarta telah memiliki tujuh fakultas, di mana salah satu prodi di dalam fakultas kedokteran yakni Farmasi masuk dalam kategori prodi saintek dengan ketetata tertinggi pada SBMPTN 2019 lalu. Jika anda memilih UPN Veteran Jakarta, maka tidak perlu terlalu khawatir dengan kualitas perkuliahannya. UPN Veteran Jakarta saat ini telah berhasil memberikan akreditasi untuk semua program studi yang ada. Mahasiswa akuntansi UPN Veteran Jakarta boleh berbangga karena program studinya berhasil mendapatkan akreditasi A.

4. Farmasi – Universitas Syiah Kuala

Jumlah mahasiswa diterima: 24
Jumlah peminat: 1236
Ketetatan: 1:52

Prodi farmasi memang cukup banyak peminatnya di tanah air, tak heran jika anda harus bersaing lebih tinggi untuk bisa mengenyam pendidikan prodi farmasi di kampus impian. Jika anda memilih Universitas Syiah Kuala sebagai tujuan, tentunya anda harus belajar lebih giat lagi. Kampus yang satu ini menduduki posisi ke empat dengan ketetatan tertinggi pada SBMPTN 2019 lalu. Sering disingkat dengan Unsyiah, Universitas Syiah Kuala ini merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik yang terletak di Banda Aceh.

5. Gizi – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jumlah mahasiswa diterima: 16
Jumlah peminat: 689
Ketetatan: 1:43

Jurusan ilmu gizi merupakan salah satu pilihan jurusan yang keren. Jurusan ini berhubungan dengan ilmu kesehatan dan kedokteran yang dipandang keren di mata masyarakat. Tak heran jika peminat jurusan yang satu ini cukup banyak. anda pun boleh merasa berbahagia ketika dinyatakan diterima sebagai salah satu mahasiswa baru program studi gizi di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Biasa disapa dengan Untirta, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa adalah salah satu perguruan tinggi negeri favorit pula yang terdapat di Provinsi Banten.

6. Teknik Sipil – Universitas Negeri Yogyakarta

Jumlah diterima: 28
Jumlah peminat: 1.205
Keketatan: 1:43

Jurusan teknik sipil sebenarnya adalah jurusan yang bisa segalanya. Banyak orang mengaku alasan memilih jurusan teknik sipil adalah karena bidang keilmuannya yang sangat luas. Di jurusan teknik sipil, anda pun akan diajarkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan masyarakat sipil. Teknik sipil sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang metodologi bangunan sipil mulai dari segi perencanaan sampai pelaksanaannya. Menjadi salah satu kampus ternama di tanah air, untuk bisa menjadi mahasiswa jurusan Teknik Sipil di Universitas Negeri Yogyakarta ternyata membutuhkan usaha yang cukup keras.

7. Pendidikan Dokter Gigi – Universitas Syiah Kuala

Jumlah diterima: 21
Jumlah peminat: 862
Keketatan: 1:41

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) merupakan perguruan tinggi negeri tertua di Aceh. Menduduki posisi ke tujuh sebagai prodi saintek dengan ketetatan tertinggi di SBMPTN 2019, anda tentunya harus belajar lebih giat lagi untuk bisa masuk menjadi mahasiswa di pendidikan dokter gigi Universitas Syiah Kuala ini. Salah satu alasan mulia yang menjadi pertimbangan seseorang memilih jurusan pendidikan dokter gigi adalah ingin membantu pelayanan kesehatan. anda pun bisa membantu menangani kesehatan mulut dan memberikan edukasi menjaga kesehatan pada pasien nantinya.

8. Sistem Informasi – Universitas Negeri Semarang

Jumlah diterima: 17
Jumlah peminat: 681
Keketatan: 1:40

Lagi-lagi nama Universitas Negeri Semarang masih menjadi salah satu nama universitas yang masuk ke dalam jejeran prodi saintek dengan ketetatan tertinggi pada SBMPTN 2019. Setelah prodi farmasi berhasil menduduki posisi pertama, prodi sistem informasi juga ternyata memiliki jumlah peminat yang banyak. Banyak universitas yang menawarkan jurusan dengan prospek kerja yang bagus, tapi dari setiap orang pasti memiliki pilihannya mereka sendiri. Jurusan yang menjanjikan masa depan baik salah satunya adalah sistem informasi. anda pun bisa memilih jurusan prodi sistem informasi ini jika menyukai dunia komputer.

9. Ilmu Komputer – Universitas Negeri Jakarta

Jumlah diterima: 21
Jumlah peminat: 835
Keketatan: 1:40

Dari namanya saja sudah ketahuan kalau di jurusan ini anda bakalan belajar semua hal tentang komputer. Mulai dari software, hardware, sampai merancang program yang ada di dalam komputer. Seiring berjalannya waktu, peminat jurusan ilmu komputer setiap tahunnya ternyata semakin meningkat. Tak heran jika jurusan ilmu komputer di Universitas Negeri Jakarta masuk dalam salah satu jejeran prodi saintek dengan ketetatan tertinggi pada SBMPTN 2019 lalu.

10. Pendidikan Teknik Informatika – Universitas Negeri Yogyakarta

Jumlah diterima: 16
Jumlah peminat: 620
Keketatan: 1:39

Jika anda bercita-cita menjadi seorang guru Teknik Informatika, memilih Universitas Negeri Yogyakarta sebagai wadah untuk melanjutkan pendidikan rasanya sudah menjadi pilihan yang tepat. Universitas Negeri Yogyakarta memang menjadi salah satu kampus terbaik spesialis para calon guru dan juga olahragawan di Indonesia. Kampus yang satu ini menyediakan berbagai program studi kependidikan. anda tentunya sudah tau kan, saat ini kesejahteraan guru sudah sangat diperhatikan oleh pemerintah. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin menjadi guru dan berkuliah di Universitas Negeri Yogyakarta.

Apakah anda termasuk salah satu yang berhasil diterima di antara 10 prodi Saintek dengan keketatan tertinggi di atas? Jika iya, Mamikos ucapkan selamat untuk anda! Telusuri informasi lebih banyak lagi seputar perguruan tinggi dan tips-tips untuk mahasiswa baru hanya di situs Mamikos. Jangan lupa juga untuk install aplikasi Mamikos jika anda merupakan salah satu mahasiswa rantau baru untuk bisa mendapatkan info seputar kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan dengan praktis.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close