10 Mata Kuliah yang Bakal dirimu Jumpai di Jurusan PGSD

10 Mata Kuliah yang Bakal dirimu Jumpai di Jurusan PGSD – Apakah dirimu saat ini sedang mempersiapkan diri untuk jenjang kuliah namun masih bingung hendak memilih jurusan apa? Di Indonesia, ada begitu banyak jurusan kuliah di seluruh perguruan tinggi yang bisa dirimu pilih sesuai dengan minat dan kemampuan dirimu. Kalau dirimu tertarik dengan anak-anak, dirimu mungkin bisa mempertimbangkan untuk mendaftar ke jurusan PGSD. Lalu, apa itu jurusan PGSD dan apa saja mata kuliah yang akan dirimu jumpai?

Informasi Terbaru Daftar Mata Kuliah yang Akan Dijumpai di Jurusan PGSD

unsplash.com

Jurusan PGSD atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar merupakan salah satu jurusan dengan peminat cukup banyak di Indonesia. Tidak semua perguruan tinggi memiliki jurusan tersebut dan membuat tingkat persaingan untuk masuk ke jurusan ini terbilang cukup ketat. Kalau dirimu tertarik masuk ke jurusan yang satu ini, dirimu mungkin harus siap menghadapi berbagai mata kuliah untuk mempersiapkan karirmu setelah lulus nanti. Nah, berikut ini akan Mamikos sampaikan beberapa mata kuliah yang mungkin akan dirimu jumpai jika berkuliah di jurusan PGSD.

Mengenal Jurusan PGSD

Sudahkah dirimu tahu apa itu jurusan PGSD? Sesuai dengan namanya, bidang itu di jurusan ini nantinya akan membekali dirimu dengan bagaimana caranya menjadi seorang pendidik dan pengajar siswa dan siswa Sekolah Dasar. Bisa dikatakan bahwa dirimu akan mempelajari beragam materi yang juga dipelajari oleh anak-anak jenjang pendidikan SD seperti Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, serta PPKn. dirimu mungkin juga akan mempelajari tentang bagaimana cara membuat rencana pembelajaran yang akan dirimu terapkan saat hendak mengajar nanti.

Selain itu, dirimu juga akan menjadi salah satu pondasi utama bagi para siswa dan siswa SD untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang berikutnya. Karena selain dituntut untuk mengajari akademik, dirimu juga dituntut untuk bisa memahami karakter dan pengembangan kepribadian siswa, seperti misalnya sikap santun, disiplin, pintar, serta berjiwa sosial yang tinggi. dirimu harus bisa membangun hal-hal tersebut di dalam diri siswa melalui hal-hal yang dirimu pelajari selama kuliah di jurusan ini nanti.

Mengapa Memilih PGSD?

Meskipun tingkat persaingannya cukup tinggi, jurusan PGSD bisa dikatakan sebagai salah satu jurusan yang kurang populer dibanding jurusan lainnya. Tetapi, dirimu tentunya bukan mencari ilmu hanya untuk urusan gengsi, bukan? Kalau dirimu memang tertarik menyelami dunia pendidikan anak Sekolah Dasar, tidak ada salahnya bagi dirimu untuk mencoba mendaftar ke jurusan ini. Nah, sebagai pertimbangan, berikut adalah beberapa alasan bagi dirimu untuk memilih kuliah di jurusan PGSD.

  1. dirimu memiliki keinginan untuk mengajar dan mencerdaskan generasi muda sejak dini.
  2. Indonesia masih membutuhkan banyak tenaga pengajar terutama karena masih terbatasnya guru di daerah-daerah terluar, pedalaman, serta perbatasan Indonesia.
  3. Bisa jadi dirimu juga ingin menjadi seorang guru yang merupakan PNS.
  4. Jurusan PGSD merupakan jurusan yang dianggap “serba tahu”.
  5. dirimu bisa mendapat ilmu apapun.
  6. dirimu bisa mempelajari pemahaman karakter dan pengembangan kepribadian.
  7. Materi kuliah yang lebih mudah.
  8. dirimu mungkin bercita-cita menjadi seorang dosen jurusan PGSD.
  9. dirimu juga bisa menjadi seorang wirausaha.
  10. Ada banyak pilihan profesi yang bisa dirimu tekuni setelah lulus.

Kemampuan yang Akan Didapatkan

Setelah lulus dari jurusan PGSD, tentunya dirimu akan mendapatkan kemampuan mengajar yang baik. dirimu mungkin juga akan mendapatkan kemampuan memahami karakter dan kepribadian seorang anak dengan baik pula. Di samping kemampuan dasar sebagai calon guru, dirimu tentunya juga akan mendapat kemampuan lain yang tak kalah berharga. Beberapa kemampuan yang akan dirimu dapatkan setelah lulus dari jurusan yang satu ini di antaranya sebagai berikut.

  1. Kemampuan komunikasi
  2. Kemampuan manajerial
  3. Kemampuan melakukan observasi
  4. Kemampuan analisis
  5. Keterampilan interpersonal
  6. Kreatif dan inovatif
  7. Tekun dan ulet

Prospek Kerja Jurusan PGSD

Menjadi seorang guru Sekolah Dasar mungkin adalah pilihan karir utama seorang lulusan dari jurusan PGSD. Seperti yang sudah Mamikos sebutkan di atas, ternyata seorang lulusan PGSD juga memiliki pilihan karir yang cukup beragam. Kalau dirimu merasa tidak cocok menjadi guru, dirimu tidak harus menjadi seorang guru dan bisa mengejar karir lain yang menurutmu lebih sesuai dengan passion dirimu. Nah, berikut ini adalah beberapa pilihan jenjang karir yang bisa dirimu coba setelah lulus dari jurusan ini nanti.

  1. Guru SD Negeri maupun Swasta
  2. Guru sukarela untuk daerah terpencil
  3. Membuka bimbingan belajar atau les privat
  4. Penyiar radio pendidikan
  5. Mendirikan yayasan anak-anak
  6. Konselor
  7. Pengajar di luar negeri
  8. Pengajar di bimbingan belajar

Perguruan Tinggi Dengan Jurusan PGSD

Sudah tertarik masuk ke jurusan PGSD? dirimu mungkin masih bingung harus kuliah di perguruan tinggi mana untuk bisa kuliah di jurusan tersebut. Seperti yang sudah Mamikos sebutkan sebelumnya, tidak semua perguruan tinggi di Indonesia membuka kelas untuk jurusan PGSD. Hanya beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta yang memiliki jurusan tersebut, yaitu sebagai berikut.

  1. Universitas Negeri Jakarta
  2. Universitas Pendidikan Indonesia
  3. Universitas Negeri Surabaya
  4. Universitas Negeri Yogyakarta
  5. Universitas Lampung
  6. Universitas Negeri Makassar
  7. Universitas Negeri Malang
  8. Universitas Negeri Sebelas Maret
  9. Universitas Negeri Padang
  10. Universitas Negeri Semarang
  11. Universitas Muhammadiyah Jakarta
  12. Universitas Sanata Dharma
  13. Universitas PGRI Adi Buana
  14. Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka
  15. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Daftar Lengkap 10 Mata Kuliah yang Akan dirimu Jumpai di Jurusan PGSD

Setelah nanti dirimu diterima kuliah di jurusan PGSD di kampus idamanmu, dirimu akan menghadapi realitas sebagai mahasiswa PGSD yang sesungguhnya. dirimu akan menghadapi beragam mata kuliah selama kurang lebih 4 tahun atau 8 semester yang akan membekalimu dengan ilmu pendidikan Sekolah Dasar. Sebagai jurusan yang disebut “serba tahu” dirimu akan mempelajari begitu banyak mata kuliah dengan materi yang sangat beragam. Berikut ini adalah 10 mata kuliah yang mungkin akan dirimu jumpai saat kuliah di jurusan PGSD.

1. Bahasa Indonesia

unsplash.com

Mata kuliah pertama yang akan dirimu temui di jurusan PGSD adalah Bahasa Indonesia. Materi ini adalah salah satu mata pelajaran yang akan dirimu ajarkan kepada para siswa Sekolah Dasar. Sehingga, sangat besar kemungkinannya bagi dirimu untuk mempelajari mata kuliah ini saat kuliah.

2. Bahasa Inggris

unsplash.com

Saat ini, setiap Sekolah Dasar mengajarkan Bahasa Inggris kepada para siswanya. Maka dari itu, dirimu juga akan menemui mata kuliah Bahasa Inggris di jurusan PGSD. Dalam mata kuliah yang satu ini, dirimu akan dibekali dengan perbendaharaan kata Bahasa Inggris yang sangat lengkap. Materi yang dirimu terima nantinya akan dirimu terapkan ketika dirimu telah lulus dan menjadi guru SD nantinya.

3. Bahasa Daerah

unsplash.com

Salah satu mata pelajaran wajib yang selalu ada di jenjang Sekolah Dasar adalah Bahasa Daerah dan dirimu juga akan mempelajarinya di jurusan PGSD. Beberapa bahasa yang akan dirimu pelajari di mata kuliah Bahasa Daerah di antaranya bahasa Jawa, bahasa Sunda, dan beberapa bahasa lainnya.

4. Pendidikan Agama

unsplash.com

Selanjutnya adalah mata kuliah Pendidikan Agama yang juga akan dirimu jumpai jika kuliah di jurusan PGSD. Di perguruan tinggi manapun dirimu mengambil jurusan PGSD, dirimu pasti akan menjumpai mata kuliah yang satu ini. Materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini biasanya meliputi materi 5 agama yang disahkan di Indonesia.

5. Pendidikan Pancasila

medium.com

Sebagai ideologi bangsa Indonesia, materi tentang Pancasila juga akan dirimu ajarkan kepada siswa SD nantinya. Nah, di jurusan PGSD dirimu juga akan menemui satu mata kuliah bernama Pendidikan Pancasila. Materi yang dirimu dapatkan melalui mata kuliah ini nantinya akan dirimu turunkan kepada siswa SD ketika dirimu mengajar.

6. Pendidikan Anak

unsplash.com

Kalau dirimu ingin menjadi guru tetapi tidak tahu cara mengajar, dirimu tak perlu khawatir. Pasalnya, dirimu juga akan mempelajari mata kuliah Pendidikan Anak di jurusan PGSD. Melalui mata kuliah ini, dirimu akan mempelajari bagaimana caranya mengerti dan mengajari anak dengan baik. Tujuannya adalah agar dirimu tidak melakukan kesalahan dalam mendidik siswa nantinya.

7. Matematika SD

unsplash.com

Berkuliah di jurusan PGSD berarti dirimu harus siap menghadapi mata kuliah apapun, termasuk Matematika yang mungkin ingin dirimu hindari. Tenang saja, mata kuliah Matematika yang akan dirimu hadapi tidak sesulit itu. dirimu hanya akan mempelajari materi untuk mata pelajaran SD saja untuk mata kuliah ini.

8. Sains

unsplash.com

Nah, mata kuliah selanjutnya yang juga akan dirimu jumpai di jurusan PGSD adalah Sains atau Ilmu Pengetahuan Alam. Sudah pasti semua Sekolah Dasar mengadakan mata pelajaran Sains, sehingga dirimu juga pastinya akan menemui mata kuliah ini. Mata kuliah Sains menjadi penting karena nantinya akan membekali ilmu dasar untuk para siswa yang akan melanjutkan studi ke jurusan IPA di jenjang SMA nanti.

9. Strategi Pembelajaran

unsplash.com

Saat menjadi guru nanti, dirimu tidak boleh asal mengajari murid-muridmu. dirimu tentunya membutuhkan strategi agar pembelajaran bisa berlangsung secara efektif, efisien, dan siswa mampu memahami materi dengan baik. Untuk itu, dirimu akan mempelajarinya di mata kuliah Strategi Pembelajaran di jurusan PGSD.

10. Pembelajaran Seni SD

unsplash.com

dirimu ingin menjadi guru SD tetapi dirimu juga ingin menekuni dunia seni? Jika iya, maka keputusan tepat bagimu memilih berkuliah di jurusan PGSD. Pasalnya, dirimu juga akan mempelajari berbagai materi kesenian melalui mata kuliah Pembelajaran Seni SD. Beberapa jenis seni yang akan dirimu pelajari di antaranya adalah seni musik, seni tari, hingga seni rupa.

Demikian informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar beberapa mata kuliah yang bakal dirimu jumpai jika kuliah di jurusan PGSD. Selain mata kuliah di atas, dirimu masih akan menemukan beragam mata kuliah lainnya tergantung pada kurikulum kampus dirimu. Apapun mata kuliahnya, dirimu wajib mempelajarinya dengan sungguh-sungguh sebagai bekal dirimu saat menjadi guru nanti. Semoga bermanfaat! Untuk dirimu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, dirimu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close