10 Kampus Jurusan Pariwisata Terbaik di Indonesia

10 Kampus Jurusan Pariwisata Terbaik di Indonesia- Sektor pariwisata merupakan salah satu penyumbang pemasukan negara di Indonesia. Tak heran karena Indonesia memang memiliki banyak potensi wisata yang tersebar di seluruh penjuru daerah, mulai dari kekayaan alam hingga kanekaragaman budaya. Agar sektor ini kian berkembang, tentu diperlukan institusi pendidikan yang mampu menciptakan tenaga profesional di bidang pariwisata.

Perguruan Tinggi Pariwisata

stptrisakti.ac.id

Menjawab kebutuhan tenaga pengeloaaan pariwisata nasional, saat ini sudah ada beragam institusi pendidikan yang menawarkan beragam program pariwisata. Mulai dari sekolah tinggi hingga universitas, berikut 10 kampus yang memiliki program pariwisata terbaik di Indonesia.

1. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

travel.tempo.co

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) merupakan Perguruan Tinggi yang berada dalam naungan Kementerian Pariwisata. Perguruan tinggi ini memiliki dua program studi unggulan yang sama-sama berstatus terkareditasi A dari daftar BAN-PT. Program studi kepariwisataan di STPB yaitu Manajenem Destinasi Pariwisata dan Manajemen Bisnis Pariwisata.

Kedua program studi di STPB merupakan jenjang D4 sehingga gelar yang akan diterima oleh lulusannya adalah Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par.). Perkiraan rentang waktu yang dibutuhkan untuk berkuliah di kedua program studi pariwisata adalah selama 4-7 tahun dengan beban studi 155 SKS.

2. Universitas Udayana

radarbali.jawapos.com

Pulau Bali dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang namanya sudah terdengar hingga ke seluruh penjuru dunia. Maka, tidak heran apabila di pulau ini memiliki institusi pendidikan yang menyediakan jurusan pariwisata seperti Universitas Udayana. Meski merupakan universitas negeri yang menyediakan program studi dengan berbagai bidang ilmu, universitas ini memberi perhatian khusus pada bidang pariwisata dengan keberadaan Fakultas Pariwisata.

Tak tanggung-tanggung, Universitas Udayana memiliki empat jurusan pariwisata dengan berbagai jenjang pendidikan. Adapun program-program yang tersedia yaitu:

  1. Program Studi Pariwisata (D4)
  2. Program Studi Destinasi Pariwisata (S1)
  3. Program Studi Kajian Pariwisata (S2)
  4. Program Studi Pariwisata (S3)

Keempat program studi di atas pun telah menyandang status akreditasi A dari BAN-PT.

3. Politeknik Negeri Bali

pnb.ac.id

Selain Universitas Udayana, masih ada beberapa institusi pendidikan tinggi yang memiliki jurusan pariwisata di Bali. Salah satunya adalah Politeknik Negeri Bali dengan Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata. Program studi ini merupakan program studi vokasi atau Diploma 4.

4. Univeristas Airlangga

news.unair.ac.id

Salah satu universitas negeri yang berlokasi di kota Surabaya ini juga memiliki jurusan yang mempelajari kepariwisataan. Bernaung dalam lingkup Fakultas Vokasi, jurusan pariwisata di Universitas Airlangga secara lengkap disebut dengan Program Studi D3 Kepariwisataan. Program studi ini menyelenggaraakan rogram vokasi demi pengembangan keterampilan teknis dan kemampuan wirausaha mahasiswa di bidang pariwisata.

5. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

stptrisakti.ac.id

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti merupakan institusi pendidikan tinggi yang berlokasi di Jakarta. Memiliki Program Studi Sarjana Hospitaliti dan Pariwisata yang didirikan sejak tahun 2018, STP Trisakti sudah menyandang status akreditasi A dari BAN-PT. Program studi ini idealnya dapat diselesaikan dalam waktu 8 semester.

Lulusan dari Program Studi Sarjana Hospitaliti dan Pariwisata STP Trisakti diharapkan mampu memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu memahami konsep serta analisis terkait hospitaliti dan pariwisata. Mata kuliah di program studi ini terdiri dari 103 SKS untuk mata kuliah teori dan 44 SKS untuk mata kuliah praktik. Dengan demikian, total beban studi yang harus ditempuh adalah sebanyak 147 SKS.

6. Universitas Brawijaya

banjarmasin.tribunnews.com

Jurusan pariwisata di Universitas Brawijaya berada dalam naungan Fakultas Ilmu Administrasi. Berdiri sejak 2011, Program Studi S1 Pariwisata ini bertujuan menghasilkan sarjana pariwisata yang mampu merumuskan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan dan pengendalian, dan juga evaluasi prpgram pada level operasional di beragam jenis organisasi bisnis pariwisata. Lulusannya pun diharapkan akan turut berkontribusi dalam peningkatan kehidupan sosial sekaligus bersaing di industri pariwisata.

Program Studi Pariwisata di Universitas Brawijaya menerima lulusan SMA dan SMK dari berbagai macam peminatan. Jurusan ini pun bersedia menerima lulusan Paket C dari jurusan IPA, IPS, maupun Bahasa.

7. Universitas Gadjah Mada

ugm.ac.id

Serupa dengan Universitas Udayana, Universitas Gadjah Mada juga memiliki program pariwisata dengan jenjang pendidikan yang beragam. Berikut sebutan lengkap bagi program studi pariwisata di UGM.

  1. Pariwisata (D3)
  2. Pariwisata (S1)
  3. Magister Kajian Pariwisata (S2)
  4. Doktor Kajian Pariwisata (S3)

Untuk jenjang D3 Pariwisata, status akreditasi dari BAN-PT adalah B. Sementara untuk program studi S1, S2, dan S3 sudah memiliki peringkat akreditasi A.

Di UGM, program sarjana jurusan pariwisata merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Budaya. Pada semester akhir, mahasiswa akan diwajibkan untuk mengambil mata kuliah pemagangan. Selain itu, ada beragam mata kuliah pilihan seperti travel writing , pariwisata bahari, kajian pengelolaan makanan dan minuman, pengelolaan kapal pesiar, dan sebagainya.

8. Universitas Pancasila

pariwisata.univpancasila.ac.id

Berdasarkan situs resmi BAN-PT, jurusan pariwisata di Universitas Pancasila terdaftar dengan nama Program Studi Destinasi Pariwisata. Universitas Pancasila sendiri berlokasi di area Jakarta dan termasuk dalam Fakultas Pariwisata. Pada situs resmi Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila, disebutkan bahwa program pariwisata universitas ini berfokus pada pariwisata yang berbasis komunitas. Selain itu, mahasiswa juga akan berkesempatan untuk melakukan studi lapangan hingga ke luar negeri.

9. Universitas Indonesia

vokasi.ui.ac.id

Jurusan pariwisata di Universitas Indonesia merupakan bagian dari program vokasi UI dan berada pada jenjang D3. Demi mendukung pembelajaran mahasiswa, program studi ini turut bekerja sama dengan Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies  (ASITA) sebagai lembaga yang mewadahi pelaku usaha di bidang jasa perjalanan wisata di Indonesia.

Sebagai program pendidikan vokasi, pembelajaran di jurusan Pariwisata UI didominasi oleh kuliah praktik, tepatnya sebanyak 70%. Sementara 30% perkuliahan sisanya berupa teori. Lulusan program ini nantinya akan bergelar Ahli Madya Pariwisata (Amd.Par.).

10. Universitas Pendidikan Indonesia

mpp.upi.edu

Secara lengkap, program pariwisata yang ada di Universitas Pendidikan Indonesia disebut sebagai Program Studi Manajemen Pemasaran Pariwisata. Program studi ini resmi didirikan pada tahun 2010.

Yang menjadi kajian utama program studi ini adalah terkait pengelolaan pemasaran pariwisata, khususnya terkait analisis kingkungan pemasaran pariwisata. Lulusan dari Manajemen Pemasaran Pariwisata UPI nantinya akan bergelar Sarjana Pariwisata (S.Par.).

Demikian tadi informasi mengenai 10 kampus dengan jurusan pariwisata terbaik di Indonesia. Mana yang kira-kira paling dekat dengan kotamu? Mudah-mudahan bisa menjadi gambaran untuk anda yang tertarik untuk bekerja di bidang pariwisata.

Cari tahu juga beragam informasi penting terkait jurusan kuliah, pendidikan, kost-kostan, dan sebagainya dengan mengunjungi website Mamikos. anda juga bisa meng-install dan mendownload aplikasi Mamikos di ponsel pintar kesayangan anda.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close