10 Kampus Indonesia Terbaik Tahun 2021, Ada UI ITB

10 Kampus Indonesia Terbaik Tahun 2021, Ada UI ITB – Jika dirimu adalah siswa kelas dua belas di Sekolah Menengah Atas (SMA), pasti sebentar lagi akan menyambut kelulusan. Momen kelulusan ini sangat ditunggu-tunggu, karena menjadi akhir dari perjuangan di bangku sekolah. Tapi tunggu dulu, masih banyak jalan yang harus ditempuh setelah masa SMA. Beberapa lulusan SMA mungkin ingin bisa berkarya dan menghasilkan uang. Banyak juga yang setelah lulus ingin melanjutkan studi ke kampus terbaik di Indonesia. Namun menentukan pilihan ke depan bukanlah perkara mudah.

Cara Menentukan Pilihan Masa Depan

unsplash.com

Perasaan gundah untuk menentukan masa depan wajar dialami oleh remaja yang beranjak dewasa. Untuk memantapkan hati, perlu renungan yang mendalam. Apabila tidak kunjung menemukan jawaban, pastikan berkonsultasi dengan orang tua. Konsultasi tersebut bisa beragam. Misalnya mengenai pilihan akan cita-cita. Bisa juga diskusi terkait pilihan masuk di kampus terbaik di Indonesia.

Jika memilih untuk melanjutkan studi di jenjang Universitas, pastikan sudah memahami jalur-jalur pendaftarannya. Banyak sekali jalur masuk ke kampus terbaik di Indonesia. Jalur tersebut ialah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur mandiri dengan ketentuan ujian sesuai kampus yang dituju. Namun yang paling penting ialah sudah menetapkan hati dan memiliki pengetahuan cukup terkait pilihan kampus terbaik.

Memilih Kampus Terbaik

Memilih kampus terbaik di Indonesia ternyata bukan perkara mudah. Dilansir dari web resmi Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), di Indonesia terdapat 675 universitas, 2.472 sekolah tinggi, 274 institut, 847 akademi, dan 325 politeknik. Pasti bingung ya untuk menentukan mana kampus terbaik di Indonesia.

Cara mudah menentukan mana kampus terbaik di Indonesia adalah dengan melihat rangking kampus. Adapun lembaga atau laman resmi yang seringkali mengurutkan kampus terbaik di dunia dan di berbagai negara lain ialah Times Higher Education (THE). THE sudah merilis daftar kampus terbaik di Indonesia dan negara lain pada tahun 2021. Penentuan rangking kampus terbaik di 2021 dilakukan pada lebih dari 1.500 universitas di 93 negara dan wilayah. Penilaiannya berdasarkan 13 indikator kinerja yang dikalibrasi dengan cermat yang mengukur kinerja lembaga di empat bidang: pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional.

Untuk menentukan rangking kampus terbaik di Indonesia atau bahkan kampus terbaik di dunia, di tahun ini THE telah menganalisis lebih dari 80 juta opini atau tanggapan dari di lebih dari 13 juta publikasi penelitian dari berbagai universitas dan menganalisis tanggapan survei dari 22.000 sarjana di seluruh dunia. Detail terkait rangking universitas ini membuat THE dipercaya di seluruh dunia oleh siswa, guru, pemerintah, dan para pakar.

Kampus Terbaik di Indonesia

Kampus terbaik di Indonesia tersebar di banyak kota. Ada kampus terbaik di Jakarta, ada kampus terbaik di Jogja dan masih banyak kampus terbaik di lokasi lain. THE sudah merilis sembilan kampus terbaik di Indonesia. Namun selain rilisan THE, masih banyak kampus negeri atau swasta yang melahirkan lulusan terbaik. Berikut daftar kampus terbaik di Indonesia.

1. Universitas Indonesia (UI)

ui.ac.id

Universitas Indonesia atau yang biasa disebut dengan singkatan UI menempati urutan pertama kampus terbaik di Indonesia menurut THE. UI memiliki dua kampus utama yakni kampus yang terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat yakni di perbatasan antara Kota Depok dengan daerahJakarta Selatan serta kampus yang  terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat Kampus yang terkenal dengan sebutan Jaket Kuning ini sudah berdiri sejak tahun 1950. Alumninya ialah tokoh terkena seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, budayawan Prof. Dr. Koentjaraningrat, Wartawan Senior Najwa Shihab, Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro dan masih banyak lainnya.

Berikut rincian kualitas UI sehingga menjadi kampus terbaik di Indonesia dilansir dari THE:

  1. Nilai keseluruhan: 25.1-30.1
  2. Pengajaran: 37.6
  3. Penelitian: 20.7
  4. Kutipan (citations): 15.2
  5. Pendapatan industri: 84.5
  6. Pandangan internasional: 51.3
  7. Peringkat: 801-1.000

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

itb.ac.id

Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati urutan kedua kampus terbaik di Indonesia menurut THE. ITB merupakan kampus yang terletak di Bandung Jawa Barat. Kampus Ganesha ini telah berdiri sejak tahun 1959. ITB terkenal dengan jurusan tekniknya. ITB telah memiliki 27 program studi yang terakreditasi secara internasional. Banyak sekali alumni ITB yang menjadi orang berpengaruh. Mereka antara lain Presiden RI pertama Soekarno, Presiden ketiga RI BJ Habibie, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan masih banyak lainnya.

Berikut rincian kualitas ITB sehingga menjadi kampus terbaik di Indonesia dilansir dilansir dari THE:

  1. Nilai keseluruhan: 10.3-25.0
  2. Pengajaran: 22.9
  3. Penelitian: 16.5
  4. Kutipan (citations): 17.3
  5. Pendapatan industri: 89.7
  6. Pandangan internasional: 29.5
  7. Peringkat: 1.001+ 

3. Universitas Brawijaya (UB)

tirto.id

Universitas Brawijaya (UB) menempati urutan ketiga kampus terbaik di Indonesia menurut THE. UB telah berdiri sejak tahun 1963. Kampus UB terletak di pusat Kota Malang. UB merupakan kampus yang multidisipliner dengan 18 fakultas dan 221 program studi (prodi). Alumni dari Universitas Brawijaya juga banyak yang berpengaruh. Mereka antara lain aktivis Munir Said Thalib, mantan Gubernur DKI Jakarta masa jabatan 15 Juni hingga 17 Oktober 2017 Djarot Saiful Hidayat, Administrator sepak bola Indonesia yang juga menjabat sebagai ketua umum PSSI-KPSI periode 2012 hingga 2016 Ir. AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, dan masih banyak lainnya. 

Berikut rincian kualitas UB sehingga menjadi kampus terbaik di Indonesia dilansir dilansir dari THE:

  1. Nilai keseluruhan: 10.3-25.0
  2. Pengajaran: 16.9
  3. Penelitian: 8.7
  4. Kutipan (citations): 10.2
  5. Pendapatan industri: 36.3
  6. Pandangan internasional: 21.9
  7. Peringkat: 1.001+

4. Universitas Diponegoro (Undip)

undip.ac.id

Universitas Diponegoro (Undip) menempati urutan keempat kampus terbaik di Indonesia menurut THE. Undip berlokasi di KotaSemarang, Jawa Tengah. Undip memiliki dua kampus utama. Kampus pertama terletak di daerah Tembalang, dan kampus kedua terletak di daerah Pleburan.Kampus Undip sudah berdiri sejak tahun 1956. Saat ini Undip sudah memiliki 11 Fakultas dan 2 Sekolah Vokasi. Lulusan dari Undip ialah orang-orang yang berpengaruh. Mereka adalah Mantan Gubernur Jawa Timur (Jatim) H. Soekarwo, Pengusaha sekaligus pemilik perusahaan rokok Djarum Michael Bambang Hartono, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia Tjahjo Kumolo, dan masih banyak lainnya.

Berikut rincian kualitas Undip sehingga menjadi kampus terbaik di Indonesia dilansir dari THE:

  1. Nilai keseluruhan: 10.3-25.0
  2. Pengajaran: 21.1
  3. Penelitian: 10.5
  4. Kutipan (citations): 15.0
  5. Pendapatan industri: 43.2
  6. Pandangan internasional: 26.5
  7. Peringkat: 1.001+

5. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Tempo.co

Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati urutan kelima kampus terbaik di Indonesia menurut THE. UGM berdiri sejak tahun 1949. Kampus UGM berada di Yogyakarta.Ternyata UGM adalah Universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka. Saat ini UGM memiliki 18 Fakultas dan dua Sekolah yaitu Sekolah Vokasi dan Sekolah Pascasarjana (dulunya disebut Program Pascasarjana), serta lebih dari 100 Program Studi untuk S2, S3, dan Spesialis.

Lulusan UGM banyak sekali yang sukses dan berpengaruh. Mereka antara lain Presiden ke-7 Indonesia Joko Widodo, Penyair, dramawan, pemeran dan sutradara teater WS Rendra,  Raja Kasultanan Yogyakarta sejak tahun 1989 dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta sejak tahun 1998 Bendara Raden Mas Herjuno Darpito atau Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan masih banyak lainnya.

Berikut rincian kualitas Undip sehingga menjadi kampus terbaik di Indonesia dilansir dari THE:

  1. Nilai keseluruhan: 10.3-25.0
  2. Pengajaran: 25.0
  3. Penelitian: 12.3
  4. Kutipan (citations): 13.1
  5. Pendapatan industri: 56.7
  6. Pandangan internasional: 38.4
  7. Peringkat: 1.001+

6. Institut Pertanian Bogor (IPB)

ipb.ac.id

Institut Pertanian Bogor (IPB) menempati urutan keenam kampus terbaik di Indonesia menurut THE. IPB merupakan kampus yang berdiri sejak 1963 dan terletak di Kota Bogor. Saat ini memiliki  9 Fakultas, 1 Sekolah Pascasarjana, Sekolah Bisnis dan Program diploma. IPB merupakan kampus berkualitas sehingga tanggal 7 November 2017, BAN-PT memutuskan bahwa Institut Pertanian Bogor (IPB) memperoleh status terakreditasi dengan peringkat A (sangat baik).

IPB juga memiliki beberapa deret alumni ternama. Mereka antara lain Presiden Indonesia ke-6 yang menjabat sejak 20 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2014 Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Kabinet Kerja 2014 – 2019, Siti Nurbaya Bakar, Sastrawan Indonesia angkatan Balai Pustaka Marah Roesli, dan masih banyak lainnya. Mereka antara lain Presiden Indonesia ke-6 yang menjabat sejak 20 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2014 Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Kabinet Kerja 2014 – 2019, Siti Nurbaya Bakar, Sastrawan Indonesia angkatan Balai Pustaka Marah Roesli, dan masih banyak lainnya.

Berikut rincian kualitas Undip sehingga menjadi kampus terbaik di Indonesia dilansir dari THE:

  1. Nilai keseluruhan: 10.3-25.0
  2. Pengajaran: 22.5
  3. Penelitian: 10.1
  4. Kutipan (citations): 12.6
  5. Pendapatan industri: 58.1
  6. Pandangan internasional: 40.8
  7. Peringkat: 1.001+

7.   Universitas Padjadjaran (Unpad)

Tirto.id

Universitas Padjadjaran (Unpad) menempati urutan ketujuh kampus terbaik di Indonesia menurut THE. Unpad berdiri sejak 1957 dan terletak di Bandung, Jawa Barat. Unpad memiliki dua kampus utama yakni Kampus Iwa Koesoemasoemantri di Dipati Ukur, Bandung dan Kampus Jatinangor, Kabupaten Sumedang, serta memiliki dua Program Studi di luar Kampus Utama (PSDKU), yaitu Kampus PSDKU Pangandaran dan Kampus PSDKU Garut.

Unpad memiliki 16 fakultas dan Sekolah Pascasarjana yang menaungi berbagai program studi. Unpad menghasilkan berbagai alumni yang berpengaruh antara lain Mantan Menteri Perhubungan pada Kabinet Gotong Royong Agum Gumelar, Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional pada Kabinet Indonesia Bersatu II  Armida Salsiah Alisjahbana, Sekretaris Kabinet Indonesia sejak 12 Agustus 2015 Pramono Anung Wibowo, dan masih banyak lainnya.

Berikut rincian kualitas Undip sehingga menjadi kampus terbaik di Indonesia dilansir dari THE:

  1. Nilai keseluruhan: 10.3-25.0
  2. Pengajaran: 22.5
  3. Penelitian: 8.6
  4. Kutipan (citations): 14.5
  5. Pendapatan industri: 40.5
  6. Pandangan internasional: 22.0
  7. Peringkat: 1.001+

8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

JatimPos.id

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menempati urutan kedelapan kampus terbaik di Indonesia menurut THE. Kampus yang berlokasi di Surabaya Jawa Timur ini telah berdiri sejak tahun 1957. Ada beberapa lokasi kampus ITS yakni Kampus ITS Sukolilo, Kampus Manyar yang dipergunakan oleh Program D-3 dan D-4 Teknik Sipil dan  Kampus ITS Cokroaminoto yang dipergunakan untuk magister manajemen serta beberapa lembaga kerjasama.

Saat ini ITS memiliki 7 fakultas dengan 38 departemen. ITS juga menghasilkan alumni yang berkualitas. Mereka antara lain Wali Kota Surabaya yang menjabat sejak 17 Februari 2016  Tri Rismaharini, Menteri Pendidikan Nasional Indonesia sejak 22 Oktober 2009 hingga 20 Oktober 2014 Mohammad Nuh, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia periode 2015-2019 Agus Rahardjo, dan masih banyak lainnya.

Berikut rincian kualitas Undip sehingga menjadi kampus terbaik di Indonesia dilansir dari THE:

  1. Nilai keseluruhan: 10.3-25.0
  2. Pengajaran: 19.7
  3. Penelitian: 12.1
  4. Kutipan (citations): 17.5
  5. Pendapatan industri: 61.9
  6. Pandangan internasional: 38.2
  7. Peringkat: 1.001+

9. Telkom University

Tirto.id

Telkom University  menempati urutan kesembilan kampus terbaik di Indonesia menurut THE .Perguruan tinggi swasta ini mempunyai beberapa kampus utama, yakni Kampus utama Tel-U terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan kampus lainnya yang  berlokasi di daerah Gegerkalong Hilir, sebelah utara KotaBandung, di kompleks perkantoran PT. Telkom. Telkom University berdiri sejak tahun 2013.

Telkom University berada di bawah payung Yayasan Pendidikan Telkom(YPT). Saat ini Universitas Telkom tidak ada lagi jalur ikatan dinas, namun ada beasiswa penuh bagi mahasiswa baru lewat seleksi Jalur Prestasi Unggulan (JPU). Saat ini Telkom University memiliki 27 Program Studi yang dikelola oleh 7 Fakultas. Telkom University menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta yang masuk dalam pemeringkatan dunia ini. Di akhir tahun 2016 Telkom University meraih akreditasi A dari BAN PT, dengan SK BAN-PT 3125/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016.

Berikut rincian kualitas Undip sehingga menjadi kampus terbaik di Indonesia dilansir dari THE:

  1. Nilai keseluruhan: 10.3-25.0
  2. Pengajaran: 12.9
  3. Penelitian: 8.5
  4. Kutipan (citations): 22.2
  5. Pendapatan industri: 33.8
  6. Pandangan internasional: 15.5
  7. Peringkat: 1.001+

10.  Universitas Bina Nusantara (Binus)

Binus.ac.id

Universitas Bina Nusantara merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia. Meskipun tidak masuk ranking 10 universitas terbaik menurut THE, Binus masuk dalam daftar 10 besar kampus terbaik di Indonesia menurut webometrics. Situs ini menilai indikator kinerja global suatu universitas. Indikator ini memperhitungkan komitmen pengajaran, hasil penelitian, prestise internasional yang dirasakan, hubungan dengan masyarakat, termasuk sektor industri dan ekonomi, universitas.

Binus masuk daftar kampus terbaik di Indonesia karena kualitasnya di bidang akademis. Kampus yang terletak di Jakarta Barat ini sudah berdiri sejak tahun 1981. Kampus Binus Sendir memiliki delapan kampus utama, yakni Kampus Syahdan, Anggrek, Kijang, Alam Sutera, JWC, Summarecon Bekasi, Bandung, dan Malang.

Saat ini Binus memiliki tiga jenis program kuliah, yaitu program reguler, internasional, dan secara daring. Binus juga memiliki tiga fakultas dan 4 sekolah. Binus juga menghasilkan alumni yang sukses. Mereka antara lain Pendiri Tokopedia William Tanuwijaya, Politisi sekaligus penyanyi dan artis cilik Indonesia Agustina Hermanto atau lebih populer dengan nama Tina Toon, penyanyi Raisa Andriana, motivator termuda se-Asia Bong Chandra , dan masih banyak lainnya.

Dari banyak kampus terbaik di Indonesia, kira-kira mana yang menjadi incaranmu? Sebelum menentukan kampus pilihan, lebih baik simak detail kualitas dari kampus yang dituju, ya. Selain itu perlu sesuaikan dengan jurusan yang dirimu ambil. Pelajari detail keunggulan setiap kampus dengan cara membuka situs resmi dari masing-masing kampus. Lihat juga daftar mata kuliah yang mungkin ditawarkan ya. Mamikos selalu menyajikan informasi terkini di bidang pendidikan atau bidang lainnya. Untuk mendapat informasi seputar dunia kampus, terus tunggu update terbaru dari Mamikos, ya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close