10 Jurusan USU Sedikit Peminat di SBMPTN 2019

10 Jurusan USU Sedikit Peminat di SBMPTN 2019 — Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan sebuah kampus atau Universitas Negeri yang terkenal (PTN). USU juga merupakan salah satu kampus yang menjadi favorit bagi calon mahasiswa dari seluruh Indonesia, terutama dari calon mahasiswa di wilayah Sumatera. Kampus USU terletak di Medan, Sumatera Utara. Namun mahasiswa USU berasal dari banyak daerah di Indonesia, bukan hanya kota Medan saja.

Jurusan USU Sedikit Peminat di SBMPTN 2019

Jurusan USU Sedikit Peminat di SBMPTN 2019
https://www.usu.ac.id/

Di blog Mamikos ini anda bisa memperoleh sederet informasi bermanfaat untuk persiapan masuk kampus anda nanti. Diantaranya adalah daya tampung SNMPTN USU 2019, jurusan di USU yang sedikit peminatnya 2019, jurusan favorit di USU, jumlah pendaftar SNMPTN 2019 USU, jurusan di USU dan akreditasinya, peminat mandiri USU 2019, lintas jurusan di usu, sampai jurusan peternakan USU bisa anda peroleh jika anda mengikuti blog ini.

Mari langsung saja simak daftar jurusan USU sedikit peminat di SBMPTN 2019 yang sudah Mamikos rangkum sebagai berikut:

Daftar Jurusan USU Sepi Peminat di SBMPTN 2019

  1. Sastra Daerah Untuk Sastra Melayu
  2. Sastra Daerah Untuk Sastra Batak
  3. Etnomusikologi
  4. Fisika
  5. Kimia
  6. Sastra Jepang
  7. Sastra Arab
  8. Sastra Cina
  9. Antropologi Sosial
  10. Ilmu Sejarah

Daya Tampung SBMPTN USU SAINTEK

No NAMA  DAYA TAMPUNG 2019 
1 Agribisnis  66
2 Agroeteknologi  108
3 Arsitektur  69
4 Biologi  44
5 Farmasi  78
6 Fisika  44
7 Ilmu dan Teknologi Pangan  36
8 Ilmu Keperawatan  72
9 Ilmu Kesehatan Masyarakat 118
10 Ilmu Komputer  54
11 Kehutanan  82
12 Keteknikan Pertanian 36
13 Kimia  51
14 Manajemen Sumber Daya Perairan  36
15 Matematika  44
16 Pendidikan Dokter  82
17 Pendidikan Dokter Gigi 82
18 Peternakan  54
19 Teknik Elektro  69
20 Teknik Industri  69
21 Teknik Kimia  69
22 Teknik Lingkungan  18
23 Teknik Mesin  69
24 Teknik Sipil  51
25 Teknologi Informasi  54

Daya Tampung SBMPTN USU SOSHUM

NO NAMA  DAYA TAMPUNG 2019 
26 Akuntansi  90
27 Antropologi Sosial  36
28 Ekonomi Pembangunan 64
29 Etnomusikologi  36
30 Ilmu Administrasi Negara 72
31 Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis 44
32 Ilmu Hukum  216
33 Ilmu Kesejahteraan Sosial 44
34 Ilmu Komunikasi  45
35 Ilmu Perpustakaan  36
36 Ilmu Politik  36
37 Ilmu Sejarah  22
38 Manajemen  90
39 Psikologi  90
40 Sastra Arab 44
41 Sastra Cina  22
42 Sastra Daerah Untuk Sastra Batak 36
43 Sastra Daerah Untuk Sastra Melayu 36
44 Sastra Indonesia  42
45 Sastra Inggris  47
46 Sastra Jepang  36
47 Sosiologi 40

Apa Saja Keunggulan Kampus USU?

anda perlu tahu bahwa kampus USU telah mendapatkan peringkat A dari BAN PT. Namun selain itu anda juga perlu mengetahui sederet informasi mengenai fasilitas yang dimiliki dan disediakan oleh Universitas Sumatera Utara. Apa saja fasilitas yang ada di USU tersebut? Simak daftarnya sebagai berikut:

  1. Fasilitas kampus yang lengkap.
  2. Biaya kuliah yang sangat terjangkau.
  3. Kampus yang menjadi tempat berkumpulnya beragam suku, budaya, dan Agama dan keberagamaan lainnya.
  4. Banyak melahirkan mahasiswa dan dosen yang berprestasi dan membanggakan.

13 Daftar Jurusan Sepi Peminat di Tahun Ajaran 2019/2020

Mamikos akan memberikan anda informasi tambahan terkait jurusan sepi peminat di tahun ajaran 2019/2020 yang lalu. Apa saja jurusan sepi peminat di tahun ajaran 2019/2020 tersebut, Mamikos sudah buatkan daftarnya sebagai berikut:

1. Administrasi Negara

Jurusan USU Sedikit Peminat di SBMPTN 2019
https://www.pexels.com/

Dari daftar pertama jurusan sedikit peminat ternyata ada jurusan administrasi negara. Di jurusan ini, anda akan diajak untuk mempelajari tiga elemen dalam negara, yakni fungsi legislatif, yudikatif dan eksekutif. Di antara jurusan IPS yang lain, bisa dikatakan bahwa jurusan ini termasuk sedikit peminatnya.

Meskipun sepi peminat, tapi passing grade untuk bisa lolos jurusan ini ternyata tidak mudah juga. Mamikos pernah menyebutkan bahwa data di tahun 2017 agar bisa lolos di jurusan ini maka anda harus melewati passing grade 45,30% di Universitas Padjajaran dan 42,7% di Universitas Indonesia.

2. Sastra Rusia

https://i.ytimg.com/

Jurusan sepi peminat selanjutnya adalah jurusan Sastra Rusia. Jurusan satu ini memang terbilang sedikit peminatnya jika dibandingkan dengan sastra bahasa lainnya seperti Sastra Inggris bahkan Sastra Korea.
Padahal jika anda bisa menguasai bahasa Rusia yang terkenal sangat sulit diucapkan tersebut, anda bisa jadi orang yang banyak diminta jasa penerjemah di masa yang akan datang lho. Bayarannya? Tentu saja sangat lumayan.

3. Aktuaris

https://pixabay.com/

Mamikos sudah pernah membuat artikel terkait jurusan Aktuaria ini. Perlu anda tahu bahwa karena perkembangan bidang asuransi di Indonesia semakin baik, maka tidak heran jika akan banyak instansi yang membutuhkan orang yang ahli di bidang Aktuaria.

4. Filsafat

https://i.ytimg.com/

Ilmu Filsafat adalah ilmu di mana kita bisa menggunakan logika berpikir dan bahasa yang mendalam. Lulusan dari jurusan ini banyak juga yang berkecimpung di dunia ilmu pengetahuan. Atau bisa jadi penasehat dalam penelitian ataupun bagi penasehat negara. Meskipun sayangnya, jurusan satu ini ternyata sepi juga peminatnya.

5. Ilmu Perpustakaan

Jurusan USU Sedikit Peminat di SBMPTN 2019
https://www.pexels.com/

Jurusan sepi peminat selanjutnya adalah ilmu perpustakaan. Mungkin anda membayangkan jika masuk jurusan ini nantinya anda akan bekerja untuk merapikan buku-buku di perpustakaan. Padahal lulusan ini bisa membuat anda meniti karir lebih dari itu lho.

Sebab di jurusan ini, anda akan mempelajari tentang cara pengumpulan, pengorganisasian dan juga penyebarluasan sumber informasi yang ada di perpustakaan. Lulusan ini nantinya akan diarahkan menjadi tenaga ahli bagi semua jenis perpustakaan dan lembaga informasi, lembaga arsip, lembaga manajemen rekod, serta lembaga dokumentasi.

Setiap perusahaan pasti memiliki dokumen, dan itu jumlahnya bisa satu ruangan atau lebih. Jadi bagi anda yang lulusan ilmu perpustakaan pasti akan ahli di bidang ini. Bayangkan kalau semua perusahaan butuh tenaga kerja ini, maka peluang kerja yang akan anda dapatkan bisa semakin lebar. Sebab jurusan ini masih sedikit peminatnya.

6. Fisika

https://www.pexels.com/

Jurusan Fisika juga ternyata sepi juga peminatnya lho. Makanya mungkin anda bisa memilih beberapa peminatan dalam jurusan ini seperti Fisika Nuklir dan Partikel, Fisika Material, dan lain-lain. Lulusan jurusan ini juga banyak dibutuhkan di LIPI, BMKG, serta perusahaan minyak tambang dan telekomunikasi. Jadi untuk anda yang suka dengan pelajaran Fisika, tentu akan sangat cocok masuk ke jurusan ini bukan.

7. Kimia

https://www.pexels.com/

Jurusan sepi peminat selanjutnya adalah Kimia. Tapi jika anda ingin mendalami ilmu Kimia, maka pastinya jurusan ini pasti cocok banget untuk anda. Mahasiswanya juga disediakan beberapa peminatan yang dipilih diantaranya adalah Kimia Hayati, Kimia Non-Hayati dan Bioteknologi Industri.

8. Budidaya Perikanan

https://www.lalaukan.com/

Jurusan Budidaya Perikanan juga menjadi jurusan dengan peminat yang sedikit. Maka tidak heran jika lulusannya pun masih sedikit. Sementara potensi perikanan di dalam negeri sangat besar dan belum digarap dengan maksimal. Kalau anda mau mempertimbangkan jurusan ini, untuk prospek lulusan Budidaya Perikanan ini bagus lho untuk masa depan anda.

9. Geofisika

https://akugeofisika.blogspot.com/

Jurusan satu ini akan banyak membahas soal ilmu Fisika dan Matematika. Sayang sekali sebab jurusan ini belum memiliki peminat yang cukup banyak seperti jurusan-jurusan IPA lain. Kalau anda masuk ke jurusan ini, maka anda bakal mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan bumi dan lingkungan. Pasti menyenangkan.

10. Teknik Nuklir

https://ugm.ac.id/

Dibandingkan dengan negara lain, peminat Teknik Nuklir di Indonesia masih belum seberapa. Herannya peminat yang sedikit dibandingkan negara-negara maju lainnya tentu saja membuat Indonesia jadi ketinggalan berlangkah-langkah.

Padahal lulusan teknik nuklir juga bisa bekerja di sektor lain yang relevan seperti medis, pertanian, dan industri. Apalagi prospek kerjanya di masa depan akan membuat anda memiliki gaji juga cukup besar.

11. Teknik Biomedis

https://biomed.stei.itb.ac.id/

Jurusan medis memang melulu tentang kedokteran. Lulusan biomedis juga memiliki peran yang tidak kalah penting dari dokter. Sayangnya jurusan satu ini masih sepi peminat di Indonesia. Seorang teknobiomedik atau biomedical engineer akan sangat dibutuhkan untuk menangani teknik dan prosedur dunia kesehatan, seperti analisis, diagnosis, instrumen kesehatan, sampai rekayasa medis. Untuk prospek masa depan juga terbilang terjamin.

12. Oseanografi

https://idntimes.com/

Oseanografi merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari berbagai aspek kelautan, seperti organisme laut dan dinamika ekosistem, arus samudra, gelombang, geologi dasar laut, dan sebagainya. Indonesia saat ini sedang menguatkan sektor maritimnya, maka sangat jelas membutuhkan pekerjaan yang relevan untuk misi tersebut. Maka tidak kaget juga para lulusan Oseanografi akan sangat banyak dicari. Gajinya? Tentu saja tinggi.

13. Astronomi

Jurusan USU Sedikit Peminat di SBMPTN 2019
https://www.pexels.com/

Di jurusan ini anda akan belajar mengenai hal-hal yang terkait dengan antariksa. Hanya saja sayangnya jurusan ini masih sepi peminat. Sebab masih banyak yang beranggapan kalau jurusan Astronomi itu akan sangat sulit sebab harus belajar Fisika, Matematika, dan ilmu astronomi.

Padahal kenyataannya, banyak keseruan dari belajar di jurusan ini. Sebab anda bisa mengamati benda-benda langit hingga fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi. Lulusan jurusan nya juga punya prospek untuk bekerja di lembaga menjanjikan seperti LAPAN, BMKG, observatorium, NASA atau bahkan menjadi seorang astronot.

Demikianlah sudah ulasan yang bisa Mamikos berikan seputar jurusan USU sedikit peminat di SBMPTN 2019 ini. Semoga informasinya bermanfaat dan bisa memberikan anda sebuah motivasi baru. Terus akses aplikasi pencari kost Mamikos untuk pembaruan informasi bermanfaat lainnya seperti info hunian kost-kostan dan seputar dunia mahasiswa.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close