Mengenal Jurusan Psikologi, Syarat Masuk Hingga Prospek Kerjanya

Mengenal Jurusan Psikologi, Syarat Masuk Hingga Prospek Kerjanya -Bagi Anda yang ingin masuk ke dalam bangku perkuliahan dan sedang bingung untuk menentukan jurusan cobalah untuk mengenal jurusan psikologi. Sebab jurusan yang satu ini cukup banyak peminatnya sehingga boleh untuk dicoba. Kemudian masuk ke dalam jurusan atau ilmu psikologi memang cukup sulit sehingga harus memahami syaratnya. Selain itu, psikologi juga salah satu jurusan yang memiliki cukup banyak mata kuliah yang menarik. 

Kemudian tidak semua perguruan tinggi memiliki jurusan yang sama contohnya psikologi sehingga Anda harus mencari perguruan tinggi yang menawarkannya. Biasanya setiap jurusan memiliki syarat yang berbeda untuk bisa masuk sehingga bagi Anda yang ingin masuk ke jurusan yang satu ini harus perhatikan apa saja syaratnya. Ini dia penjelasan mengenai jurusan atau ilmu psikologi, syarat masuk dan juga prospek kerjanya. 

Penjelasan Mengenai Jurusan Psikologi 

unsplash.com

Secara umum jurusan atau ilmu psikologi termasuk disiplin yang biasanya berkaitan penelitian ilmiah mengenai perilaku mental. Kemudian ilmu psikologi tidak hanya mengenai apa yang kita lakukan akan tetapi meneliti dari alur pemikiran kita serta alasan dibalik suat tindakan yang kita lakukan. Nah, secara umum mulai dari bagaimana pengakuan kognitif, pemikiran persepsi dan juga hubungan interpesonal. 

Nah, kemudian kata psikologi diartikan sebagai ilmu mengenai jiwa dan juga bisanya akan memandang gangguan mental dengan cara menggali masalah secara mendalam. Disamping itu, nantinya dapat diselesaikan dengan beberapa cara namun yang paling umum adalah dengan melakukan terapi tanpa campur tangan dengan obat-obatan. 

Syarat Masuk Jurusan Psikologi 

Syarat-syarat masuk ke salah satu jurusan psikologi yang secara umum adalah :

1. Memahami ilmu biologi dan matematika 

Salah satu persyaratan yang harus Anda perhatikan jika ingin masuk ke dalam jurusan yang satu ini adalah harus cukup memahami atau menguasai ilmu biologi dan juga matematika. Sebab matematika psikologi juga akan mempelajari soal statistika dan juga akan berhubungan dengan pengolahan data mentak, grafik dan juga kurva. 

2. Punya keyakinan cukup kuat 

Nah, kemudian syarat yang kedua untuk dapat masuk ke jurusan atau ilmu psikologi adalah harus memiliki keyakinan dan juga kemantapan ingin masuk ke jurusan tersebut. Sehingga akan terlihat cukup tertarik dan juga memiliki semangat untuk mempelajari ilmu psikologi. Oleh sebab itu, jika Anda ingin diterima di jurusan yang satu ini memang harus memiliki keyakinan yang cukup kuat. 

3. Punya pikiran terbuka 

Syarat yang ketiga untuk dapat masuk ke dalam jurusan atau ilmu psikologi adalah harus punya pikiran yang terbuka. Sebab jika Anda memiliki pikiran yang terbuka nantinya akan dapat melihat suatu hal dari berbagai sudut. Pastinya dalam psikologi akan membutuhkan kemampuan tersebut sehingga mulai sekarang harus mulai belajar untuk memiliki pikiran yang jauh lebih terbuka. 

4. Punya kepercayaan diri 

Tidak kalah pentingnya juga dengan syarat yang keempat ini sebab Anda harus memiliki kepercayaan diri. Sehingga nantinya dapat berbaur dengan orang lain secara mudah sebab akan berdampak dengan proses pembelajaran nantinya selama kuliah. Itulah sebabnya jika Anda ingin masuk ke dalam jurusan yang satu ini memang harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

5. Memiliki kemampuan yang tepat 

Syarat kelima supaya bisa masuk ke jurusan psikologi adalah memiliki kemampuan baik secara finansial maupun non finansial. Sebab untuk kuliah di jurusan yang sat ini juga membutuhkan biaya dan juga Anda harus memiliki kemampuan intelektual supaya dapat kuliah dengan lancar. Biasanya jika minat ada berkaitan dengan ilmu psikologi tidak ada salahnya untuk mencobanya. 

6. Memperbanyak relasi 

Syarat keempat supaya Anda jauh lebih mudah masuk ke jurusan atau ilmu psikologi adalah dengan memperbanyak relasi. Nah, terutama adalah memper banyak relasi dengan sesama teman yang memiliki minat dan juga keinginan yang sama untuk belajar ilmu psikologi. Sehingga nantinya dapat belajar bersama dan juga saling bertukar pikiran satu dengan yang lainnya. 

7. Meminta dukungan orang tua 

Kemudian yang terakhir adalah dengan meminta dukungan orang tua atau orang-orang yang terdekat sehingga akan jauh lebih yakin dapat masuk ke jurusan yang diinginkan. Tentu saja dengan mendapatkan dukungan yang kuat dari orang terdekat dan juga sekitar Anda akan semakin memperkuat rasa percaya diri dapat masuk ke jurusan tersebut. 

Nah, jadi seperti itu beberapa syarat-syarat yang harus dipersiapkan dan juga dibutuhkan untuk bisa masuk ke dalam jurusan psikologi. Jangan khawatir setelah lulus nanti sebab jurusan yang satu ini memiliki prospek kerja yang cukup bagus dan juga menarik. 

Prospek Kerja Jurusan Psikologi 

Prospek kerja yang ditawarkan dari jurusan atau ilmu psikologi yang harus Anda tahu adalah :

1. Psikolog 

Salah satu prospek kerja khusus untuk lulusan psikologi pastinya adalah psikolog. Akan tetapi untuk bisa dapat gelar psikolog harus menempuh ke jenjang S2 psikologi dan biasanya juga wajib mengambil jurusan uji klinis. Kemudian biasanya psikolog dapat bekerja di rumah sakit yang akan menangani pasien yang memiliki masalah kejiwaan maupun perkembangan mental yang terhambat. 

2. Human Resources Development 

Kemudian prospek kerja lulusan psikologi yang berikutnya adalah cocok untuk menjadi HRD. Sebab pekerjaan yang satu ini banyak sekali dibutuhkan dari lulusan psikologi sehingga cukup bagus prospek kerjanya. Kemudian biasanya pekerjaan dari HRD ini akan berhubungan dengan sumber daya manusia di perusahaan tersebut dan menjadi bagian yang cukup penting. 

3. Ahli psikiater 

Nah, biasanya juga prospek kerja untuk lulusan psikologi juga dapat menjadi psikometri yang merupakan petugas yang tugasnya membuat alat tes psikologi. Secara umum psikometri juga cabang bagian psikologi umum serta eksperimen dengan tugas tersebut. Nah, biasanya akan dibutuhkan di banyak sekali lembaga mulai dari kepolisian, KPK dan yang lainnya. 

4. Guru bimbingan konseling 

Disamping itu, jurusan psikologi juga prospek kerjanya bisa menjadi guru bimbingan konseling. Dimana guru bimbingan konseling atau BK pada umumnya akan dibutuhkan setiap sekolah khususnya adalah SMP dan SMA. Nah, tugas dari guru bimbingan konseling adalah memberikan bimbingan kepada siswa yang mendapatkan masalah sehingga bisa diarahkan dengan baik. 

5. Dosen psikologi 

Selain itu, prospek lulusan psikologi juga bisa menjadi dosen psikologi sehingga cukup menarik. Apalagi menjadi salah satu jurusan yang selalu saja banyak peminatnya hampir di setiap perguruan tinggi. Sehingga banyak perguruan tinggi yang membutuhkan tenaga dosen untuk mengajar mahasiswa yang ingin mempelajari ilmu psikologi. 

6. Terapis untuk anak berkebutuhan khusus 

Nah, yang terakhir adalah prospek kerjanya bisa menjadi seorang terapis khusus untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus misalnya anak autis. Secara umum pekerjaan menjadi terapis dibutuhkan di sekolah anak berkebutuhan khusus. Kemudian tugasnya adalah mengamati perkembangan anak berkebutuhan khusus dan juga meningkatkan kemandirian mereka. 

Jadi, itulah penjelasan mengenai jurusan psikologi, syarat yang harus diperhatikan supaya bisa masuk dan juga prospek kerjanya setelah lulus nanti.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close