Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Kenali 5 Cara Ketahui Minat & Bakatmu

Photo by olia danilevich on Pexels

Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Kenali 5 Cara Ketahui Minat & Bakatmu – Tahu bagaimana cara memilih jurusan kuliah ketika sudah duduk di kelas 12 itu seperti punya jurus ninja terbaik. Iya nggak, sih? Bingung memilih jurusan kuliah memang masalah sejuta calon mahasiswa. Tapi sebenarnya dirimu tak harus mengalaminya, kok. Dengan lima cara mudah di bawah ini, dirimu bakal bisa menentukan pilihan saat harus menentukan jurusan kuliah. 

1. Ingat Lagi, Apa yang Konsisten dirimu Sukai Sejak Dulu sampai Sekarang

Coba ingat-ingat lagi apa yang dirimu suka lakukan dulu. Barangkali waktu kecil dirimu suka corat-coret dinding atau menggambar di kertas. Belakangan waktumu lebih banyak dihabiskan untuk main game, misalnya. Tapi ternyata dirimu lebih sibuk mengamati animasi game ketimbang naik level. dirimu juga tertarik ikutan kelas hobi menggambar dan buku-buku pelajaranmu penuh gambaran di sana sini.

Meniti benang merah seperti itu bisa menjadi cara menentukan jurusan kuliah, loh. Apakah serta-merta dirimu akan kuliah di Jurusan Seni Rupa? Belum tentu, bisa jadi dirimu lebih cocok untuk kuliah di Desain Komunikasi Visual, misalnya.

Untuk memastikannya, dirimu bisa menggunakan tes kecocokan jurusan kuliah online gratis yang paling mudah diakses. Sebuah tes penjurusan biasanya memuat soal psikologi untuk memilih jurusan kuliah yang lebih tepat bagi setiap individu yang berbeda.

2. Amati Hobimu, Adakah yang Bisa Dieksplor Lebih Jauh

Kita mengerjakan suatu hobi dengan hati senang, bukan? Kalau belajar sesuatu yang terkait dengan hobimu itu di universitas, bukankah kuliahmu nanti juga bakal menyenangkan?

Misalnya, dirimu hobi vlogging. dirimu suka ngomong, mengulas sesuatu, bercerita, khususnya melalui video. Bahkan vlog-mu dapat menambah uang saku. Dengan mengenali potensi diri seperti ini, dirimu sudah bisa menentukan pilihan jurusan kuliahmu, loh.

Ilmu Komunikasi bisa menjadi salah satu pilihan jurusan untuk mengembangkan keterampilan public speaking-mu. Dan jika ingin memperoleh lebih banyak rekomendasi pilihan jurusan kuliah yang masih terkait dengan hobi, dirimu bisa menggunakan tes minat bakat jurusan yang sudah banyak tersedia secara gratis.

3. Mengikuti Tes Minat Bakat dan Tes Kepribadian

Mengenali potensi diri sendiri itu tak mudah, apalagi buat kita yang masih sekolah. Karena itulah dirimu bisa menggunakan tes minat dan bakat maupun tes kepribadian agar tahu betul di mana potensi terbaikmu berada.

Misalnya, dirimu yang ekstrovert dan suka bertemu banyak orang kemungkinan besar bakal menikmati kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi, Psikologi, atau Manajemen. Sebaliknya, dirimu bakal cukup tersiksa jika kuliah di jurusan yang mengharuskan praktikum di laboratorium selama berjam-jam.

Nah, sudah tahu tipe kepribadianmu atau belum? Kalau masih penasaran dengan tipe kepribadianmu, dirimu bisa menggunakan Tes Kepribadian gratis. Jangan berpikir tes kepribadian itu bakal seperti ujianmu di sekolah. Soal-soal tes kepribadian biasanya hanya menanyakan tentang dirimu sendiri, jadi dirimu pasti asyik mengerjakannya.

4. Cek Lagi, Matpel Apa yang dirimu Sukai dan Nilainya Memuaskan

Salah satu cara memilih jurusan kuliah yang paling umum digunakan adalah dengan menggunakan nilai rapor. Kalau nilai Matematikamu bagus, misalnya, biasanya akan ada saja rekomendasi agar dirimu kuliah di Jurusan Matematika. 

Tapi muncul pertanyaan berikutnya, nih. Kalau nilai Matematikamu bagus, itu karena dirimu memang suka Matematika atau karena suka dengan cara guru Matematika mengajar? Ingat, saat kuliah nanti dosen-dosen yang akan dirimu temui takkan sama dengan guru Matematika favoritmu.

Kalau memang suka Matematika, sebenarnya pilihan jurusan kuliahmu tak hanya Matematika. Kuliah di Aktuaria atau Statistika, misalnya, juga bakal membuatmu belajar tentang bagaimana menerapkan ilmu Matematika di bidang-bidang lain. Kalau begitu, “Jurusan mana yang seharusnya saya ambil?” Nah, di sinilah kita perlu menggunakan Tes Jurusan Kuliah.

5. Amati dan Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Apakah dirimu kandidat terbaik untuk mengikuti Olimpiade Fisika? Apakah dirimu yang selalu punya ide kreatif untuk pentas seni di sekolah?

Kalau dirimu bisa melakukan sesuatu dengan lebih baik dan lebih mudah ketimbang orang lain, bisa jadi di situlah letak bakatmu. Bahkan kalau itu sesuatu yang baru, dirimu bisa mempelajarinya dengan lebih cepat daripada kebanyakan orang. Tentu saja, teknik temu bakat seperti ini bakal lebih akurat ketika divalidasi dengan hasil tes minat bakat.

Tes minat bakat juga dapat membantumu mengetahui apa perbedaan bakat dan minat yang dirimu miliki. Dengan mengetahui persamaan dan perbedaan keduanya, dirimu bisa menakar kemampuan terbaikmu untuk kemudian diasah di bangku kuliah. Tentunya, di jurusan yang terbaik, yang paling sesuai untukmu. 


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close