2 Universitas yang Ada Jurusan Administrasi Perkantoran

2 Universitas yang Ada Jurusan Administrasi Perkantoran -Ada incaran universitas bagi para calon mahasiswa yang populer yaitu Universitas yang ada jurusan Administrasi perkantoran. Jurusan ini ada baik itu pada Program D3 Vokasi maupun S1 Sarjana sangat diminati. 

Universitas yang Ada Jurusan Administrasi

unsplash.com

Arti Administrasi Perkantoran Dari Beberapa Ahli

Berdasarkan beberapa ahli, arti Administrasi Perkantoran bisa cukup berbeda. Berikut ini akan dijelaskan apa yang dimaksud Administrasi Perkantoran berdasarkan para ahli.

1. Moekijat

Penerapan berbagai fungsi-fungsi manajemen untuk kegiatan kantor, seperti perencanaan, penggerakan, pengorganisasian, dan pengawasan kantor. Sehingga tujuan kantor bisa tercapai serta pegawai-pegawai bisa merasa puas.

2. Suparjati, dkk

Suatu proses bekerja sama dalam kantor agar bisa mencapai tujuan dari kantor tersebut yang sudah ditetapkan sebelumnya menggunakan fungsi-fungsi manajemen.

3. Prajudi Atmosudirjo

Gabungan antara manajemen perusahaan dengan manajemen operasi. Perusahaan yang dimaksud yaitu kantor yang merupakan kesatuan gedung, personil, tanah, dan perlengkapannya. Sementara operasi yang dimaksud yaitu pekerjaan kantor.

Beberapa Tugas Administrasi Perkantoran

Kita yang ingin kuliah di Universitas yang ada jurusan Administrasi perkantoran juga harus tahu Administrasi Perkantoran mempunyai tugas apa saja. Tugas utamanya yaitu rekapitulasi data, menyimpan dan mengelola dokumen dengan terstruktur. Jika dilihat dari tugas utama tersebut, maka kita dapat menurunkan kembali beberapa macam tugas. 

  1. Menyiapkan jadwal pertemuan dan agenda lain, berdasarkan hasil komunikasi pihak-pihak terkait yang sudah dilakukan
  2. Berkomunikasi dengan menerima atau melakukan panggilan telepon
  3. Rekapitulasi atau entri data, misalnya data konsumen, data transaksi dengan setiap klien, dan data lain sebagainya.
  4. Verifikasi sampai menyusun laporan kegiatan, seperti misalnya pengiriman, produksi dan lainnya. 
  5. Bertugas menyediakan data informasi yang lengkap untuk setiap pihak yang membutuhkannya agar pekerjaan bisa terlaksana sesuai prosedur, standar dan tenggat waktu. 

Lingkup Pekerjaan Administrasi Perkantoran

Jika kita lihat dari berbagai macam tugas lulusan Universitas yang ada jurusan Administrasi perkantoran yang disebut di atas, maka kita bisa juga memperkirakan ruang lingkup atau cakupan Administrasi Perkantoran. Dengan tahu hal tersebut, maka kita dapat mempersiapkan diri untuk mempelajari kemampuan apa yang perlu dibutuhkan. Berikut ini ruang lingkup Administrasi Perkantoran. 

Sarana kerja di kantor termasuk bangunan/ gedung, interior, lokasi kantor, peralatan, dan mesin-mesin yang terdapat di kantor.

Kegiatan kantor mulai dari perencanaan (planning), pengarahan, pengorganisasian (organizing), pengawasan (controlling) dan lainnya.

Universitas Yang Ada Administrasi Perkantoran

Tentunya prospek pekerjaan yang beragam tidak lepas dari kemampuan atau skill yang dikuasai alumni Administrasi Perkantoran. Tidak hanya sekedar belajar Excel saja, ada banyak lagi yang perlu dipelajari untuk jurusan ini. Selain itu, perlu kita ketahui juga di mana kita bisa kuliah Administrasi Perkantoran. Administrasi Perkantoran tersedia untuk D3 dan juga S1, berikut ini penjelasan kampusnya yang terdapat Administrasi Perkantoran sebagai salah satu jurusannya.

1. Universitas Dengan Studi Administrasi Perkantoran D3 atau Vokasi

Untuk Vokasi atau D3, maka Universitas yang ada jurusan Administrasi perkantoran berakreditasi A BAN-PT bisa ditemukan di UI/ Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga. 

2. Universitas Dengan Studi Administrasi Perkantoran S1 atau Sarjana

Sementara untuk Program S1 atau Sarjana Administrasi Perkantoran berakreditasi A BAN-PT bisa ditemukan di beberapa Universitas Negeri. Ada di Malang, Medan, Makassar, Yogyakarta, Surabaya, dan juga USM atau “Universitas Sebelas Maret”.

Keahlian & Mata Kuliah Mahasiswa Administrasi Perkantoran

Berbagai hal yang dipelajari lewat Administrasi Perkantoran bisa membekali kita agar mampu menguasai beberapa bidang. Ada bidang manajerial, mengelola organisasi, komunikasi, berpikir strategis, matematika dan sebagainya. Mahasiswa Administrasi Perkantoran akan belajar beberapa mata kuliah misalnya Praktik Komputer, Stenografi, Praktik Mengetik, Simulasi Kantor, dan Manajemen Komplain. 

Tentunya masih ada lagi berbagai macam mata kuliah untuk Administrasi Perkantoran lainnya. Siswa SMK Administrasi Perkantoran biasanya juga mempelajari tentang sikap, keterampilan komunikasi via telepon, cara berpakaian, dan lain sebagainya. Lulusan SMK Administrasi Perkantoran biasanya banyak yang selain bekerja, melanjutkan juga kuliah di jenjang Program D3 atau S1.

Profesi Administrasi Perkantoran Setelah Lulus Kuliah

Dari SMK sampai lulusan kuliah Administrasi Perkantoran mempunyai prospek yang cerah dalam dunia kerja. Ada banyak perusahaan yang butuh lulusan SMK Administrasi Perkantoran. Tetapi alumni S1 dan D3 tentu berpeluang lebih luas meraih prospek pekerjaan. Berikut ini ada beberapa profesi yang umumnya dijalani alumni lulusan Administrasi Perkantoran.

1. Staff Administrasi

Staff administrasi mempunyai tugas seputar Administrasi Perkantoran dan dijalankan mencakup berbagai tugas-tugas umum administrasi kantor. Sehingga mereka bisa mendukung kegiatan operasional perusahaan supaya berjalan lancar.

2. Sekretaris

Ada tugas mengenai Administrasi Perkantoran pada seorang sekretaris yakni menyaring informasi mengenai bisnis untuk pimpinan. Sekretaris termasuk juga sebagai pihak yang merekam dan mengingat berbagai macam kegiatan pimpinan perusahaan.

3. Staff Personalia

Ada beberapa jobdesk staff personalia yaitu payroll, presensi, database, pinjaman, dan mencatat cuti karyawan. Jadi hal yang menjadi staff personalia akan seputar tenaga kerja dan calon karyawan.

4. Public Relations

Dikarenakan kecakapan dalam berkomunikasi, maka alumni Universitas yang ada jurusan Administrasi perkantoran berpeluang juga kerja pada bidang Humas. Caranya dengan menjembatani dunia luar dengan perusahaan.

5. Personal Assistant

Biasanya orang-orang penting yang sangat sibuk membutuhkan bantuan seorang personal assistant. Keterampilan personal assistant bisa mengikuti berbagai macam kegiatan lalu membantu segala macam keperluan atasannya.

6. Guru SMK

Kalau lulusan SMK melanjutkan kuliah mereka di Administrasi Perkantoran baik itu S1 atau D3, maka bisa memiliki bekal menjadi guru di SMK.

Penjelasan Lebih Jauh Mata Kuliah Administrasi Perkantoran

Di atas memang sudah dijelaskan beberapa mata kuliah untuk Administrasi Perkantoran, agar bisa sebagai gambaran lebih jauh, penjelasannya sebagai berikut. 

Pengetikan

Pada mata kuliah satu ini sebenarnya terdapat sub materi tertentu yang perlu dipelajari. Misalnya saja ada short key yang harus tepat digunakan sesuai dengan fungsinya. Ada juga autocorrect terhadap naskah sehingga tanpa adanya kesalahan. Ada juga mengetik naskah dokumen tanpa editing. 

Manajemen Kearsipan

Mahasiswa Administrasi Perkantoran akan diajarkan juga bagaimana menemukan arsip dengan tepat dan cepat. Termasuk juga menyusun isi dokumen surat, kualifikasi dalam surat menyurat tersebut dan juga mengurus serta mengendalikan penggunaan surat.

Manajemen Personalia

Mahasiswa Admin Perkantoran akan diberikan juga pengetahuan dan wawasan seputar personil yang ada pada lingkup kantor. Termasuk membahas kepemimpinan di dalam kantor, staf dan manajer.

Azas Manajemen

Pada mata kuliah satu ini, mahasiswa akan mempelajari seluruh kegiatan penataan dan berhubungan seputar pelaksanaan tata usaha organisasi, perkantoran atau perusahaan. Mulai itu dari kegiatan organisasi, merencanakan, mengarahkan, mengendalikan, menerbitkan dan mengoordinasikan ketatausahaan.

Manajemen Perkantoran

Jenis mata kuliah tersebut memberikan pengetahuan seputar fasilitas dan perlengkapan kantor. Termasuk juga mengenai tata ruangan kantor, dan mempelajari penentuan lokasi area gedung kantor dengan tepat.

Bahasa Inggris

Tidak lupa juga, untuk berkuliah pada Universitas yang ada jurusan Administrasi perkantoran, maka sangat diperlukan juga kemampuan berbahasa Inggris. Karena pada saat ini telah banyak organisasi perusahaan atau perkantoran bekerja sama dengan orang-orang atau pihak luar negeri. 


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close